6 Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli dan Tekniknya

Diposting pada
Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli
Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli

Permintaan konsumen terhadap kemasan saat ini adalah kemasan yang ramah lingkungan, produk yang terbuat dari bahan alami, dan tanpa menggunkan bahan pengawet. Sehingga berbagai industri pengolahan pangan atau produk di Indonesia dan dunia berusaha membuat kemasan yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Pada dasarnya, kemasan disebut sebagai active packaging jika kemasan tersebut tidak hanya berfungsi untuk mempertahankan bahan pangan atau pruduk terhadap pengaruh luar, tetapi juga kemasan tersebut juga mampu mengendalikan kondisi isi yang ada di dalam kemasan. Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini, memberikan definisi atau pengertian kemasan.

Kemasan

Kemasan adalah wadah atau suatu tempat yang digunakan untuk pelindung produk baik makanan atau yang lainnya, disamping berfungsi melindungi dari berabagai bahaya pencemaran lingkungan kemasan juga bisa berfungsi sebagai pengawat makanan.

Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli

Berikut definisi kemasan menurut para ahli, antara lain;

  1. Kotler dan Amstrong (2012)

Menurutnya, kemasan adalah suatu bentuk kegiatan yang melibatkan desain serta produks, sehingga kemasan ini dapat berfungsi  agar produk di dalamnya dapat terlindungi.

  1. Titik Wijayanti (2012)

Pengertian kemasan adalah upaya yang dilakukan oleh prusahaan untuk memberikan informasi kepada setiap  konsumennya tentang produk yang ada di dalamnya.

  1. Kotler dan Keller  (2012)

Menurutnya, kemasan adalah usaha yang dibagun oleh seseorang untuk menjaga ekuitas merek sehingga dapat mendongkrak penjualan.

  1. Cahyorini dan Rusfian (2011)

Menurutnya, kemasan adalah kegiatan yang dilakukan oleh prusahaan yang terdiri dari desain grafis, informasi produk, serta struktur desan.

  1. Rodriguez (2008)

Menurtnya, untuk pengertian kemasan atau pengemas aktif adalah kemasan yang dapat merubah kondisi dari bahan pangan dengan penambahan senyawa aktif sehingga mampu memperpanjang umur simpan dari bahan pangan yang dikemas dan juga meningkatkan keamanan serta tetap mempertahankan kualitas

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam KBBI kemasan adalah bungkus pelindung dalam suatu barang dagangan yang dihasilkan dari kegiatan mengemas.

Macam Teknik Kemasan

Teknik kemasan pangan atau produk yang modern pada saat ini ada tiga jenis, yaitu sebagai berikut;

  1. Kemasan atmosfir termodifikasi (Modified Atmosfer Packaging/MAP),
  2. Kemasan aktif (Active Packaging)
  3. Smart Packaging.

Ketiga teknik kemasan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan mutu bahan yang dikemas seperti bahan alaminya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat dikatakan jika kemasan adalah kegiatan pengemasan yang dilakukan oleh perusahaan untuk melindungi suatu produk agar terhindari dari pencemaran lingkungan serta bertujuan untuk mengawatkan dagangan.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian kemasan menurut para ahli yang disertakan pula dengan teknik kemasan yang dapat dilakukan pada saat ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari literasi mengenai “Pengertian dan Teknik Kemasan”.

Rate this post