8 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli, dan Jenisnya [Lengkap]

Posted on

8 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli, dan Jenisnya [Lengkap]

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli, dan Jenisnya

indonesiastudents.comLingkungan kerja menjadi salah satu unsur terpenting dalam dunia kerja, hal ini lantaran dengan adanya lingkungan kerja yang kondusif perusahaan atau lembaga pemerintahan akan mendapatkan hadil yang maksimal dari rencana-rencana yang telah dilakukan.

Adapun pengertian lingkungan kerja secara lengkap dapat kita peroleh dari pendapat dan pemahaman para pakar, oleh karena itulah ulasan kali ini indonesiastudents.com akan mencoba memberi arti atau pengertian lingkungan kerja.

Baca: Surat Lamaran Kerja dan Panduan Membuatnya Lengkap

Pengertian Lingkungan Kerja


Lingkungan kerja adalah kondisi yang mencangkup keadaan pekerja, baik secara pergaulan atau tingkah laku yang dapat membuat rencana menjadi lancar ataupun gagal. Lingkungan kerja ini juga erat kaitannya dengan produkifas karyawan atau lembaga tertentu dalam menghasilkan karya, hal ini lantaran lingkangan kerja dapat menjadi pengaruh pada produktifitas pekerjaan.

Sedangkan pengertian lingkungan kerja menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli


Sihombing (2004)

Menurutnya, pengertian lingkungan kerja adalah faktor-faktor di luar manusia baik fisik maupun non fisik dalam suatu organisasi. Dimana dalam lingkungan atau faktor fisik dalam lingkungan kerja mencakup peralatan kerja, suhu di tempat kerja, kesesakan dan kepadatan, kebisingan, luas ruang kerja sedangkan non fisik mencakup hubungan kerja.

Sarwono (1992)

Pengertian lingkungan kerja fisik adalah segala hal yang bisa menjadikan pengaruhi pada seseorang pekerja. kadang-kadang peningkatan suhu menghasilkan kenaikan prestasi kerja tetapi kadang-kadang malah menurunkan. Kenaikan suhu pada batas tertentu menimbulkan arousal yang merangsang prestasi kerja tetapi setelah melewati ambang batas tertentu kanaikan suhu ini sudah mulai mengganggu suhu tubuh yang mengakibatkan terganggunya pula prestasi kerja.

Herman  Sofyandi (2008)

Menurutnya, definisi lingkungan  kerja adalah suatu bentuk sususnan atau rangkaian  faktor  yang menjadi pengaruhi kinerja, yang bisa dilihat dari fungsi, aktivitas manajemen dalam organisasi.

Danang Sunyoto (2012)

Lingkungan kerja adalah segala hal yang ada disekitar para pekerja yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas, misalnya  untuk hal ini ialah kebersihan,  penerangan, music, dan  lain-lain

Anwar Prabu Mangkunegara   (2005) 

Penjelasan atau pengertian lingkungan kerja menurutnya, adalah uraian mengenai jabatan  yang  jelas, baik target kerja , komunikasi, iklim dalam pekerjaan, dan fasilitasnya.

Alex  S.  Nitisemito  (1992)

Menurutnya, definisi lingkungan  kerja  adalah segala hal yang ada pada pekerja dan  hal tersebut secara langsung atau apun tidak langsung dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas dan fungsi-fungsinya.

Sedarmayati  (2009)

Lingkungan  kerja  menuruntya adalah keseluruhan atau segala sesuatu yang dilakukan oleh para pekerja dalam meningkatkan atau melemahkan hasil kerja yang dilakukan.

Sedarmayanti  (2009) 

Pemaparan yang dilaukan oleh para ahli ini, mengemukakan bahwa dalam lingkungan kerja secara umum terdiri dari dua jenis, pertama adalah lingkungan kerja fisik dan kedua adalah nonfisik.

Jenis Lingkungan Kerja


Lingkungan  Kerja  Fisik

Lingkungan kerja jenis ini diartikan sebagai lingkungan kerja yang dapat mempengaruhi para pekerja (karyawan} secara langsung dan tidak langsung.

Lingkungan  Kerja  Nonfisik

Lingkungan kerja non fisik dapat diartikan sebagai kondisi yang hubungan seseorang dalam dunia kerja, baik hubungan dengan atasan, bawahan atau hubungan dengan sesame teman dalam dunia kerja.

Demikianlan penjelasan mengenai 8 Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli, dan Jenisnya [Lengkap]. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Lingkungan Kerja”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Baterai dan Prinsip Kerja [Lengkap]
  2. Pengertian Baterai dan Prinsip Kerja [Lengkap]
  3. Pengertian Perpustakaan Sekolah, Manfaat, Fungsi, dan Program Kerja
  4. “Bonus Demografi Indonesia” Tenaga Kerja, Syarat, dan Kesiapannya [Lengkap)