5 Pengertian Modal Sosial dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Modal Sosial dan Contoh Modal Sosial

pengertian modal sosial dan contoh modal sosial

indonesiastudents.comModal sosial sampai saat ini merupakan sumberdaya sosial yang dipandang sebagai investasi untuk mendapatkan sumberdaya baru yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, modal sosial diyakini sebagai salah satu komponen utama dalam mengembangan berbagai pembangunan yang dicanangkan. Dalam modal sosial sendiri pada dasarnya terkandung nilai-nilai kebersamaan, mobilitas ide, saling kepercayaan dan saling menguntungkan untuk mencapai kemajuan bersama.

Baca: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kaidah sosial (Susila+Kesopanan+Agama+Hukum)

Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai “Modal Sosial” berikut, indonesiastudents.com akan mengulas tentang pengertian modal sosial dan contohnya.

Pengertian Modal Sosial


Modal sosial adalah sumberdaya sosial yang tidak terlihat secara dzohir namun berpengaruh besar dalam kesuksesan pembangunan, modal sosial menurut  light (dalam Masik, 2005) merupakan merupakan salah satu dari lima modal yang ada dalam masyarakat disamping  financial capital, physical capital, human capital, cultural capital.

Pelengkap arti modal sosial berikut indonesiastudents.com akan memaparkan pengertian modal sosial menurut ahli;

Pengertian Modal Sosial Menurut Para Ahli


Bourdieu (Damsar, 2013)

Menurutnya, arti modal sosial adalah sumber daya aktual dan potensial yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari jaringan sosial yang terlembaga serta berlangsung secara terus menerus dalam bentuk pengakuan dan perkenalan timbal balik yang memberikan kepada anggotanya berbagai benuk dukungan kolektif.

Mariana (2006)

Menurutnya, definisi modal sosial selalu mengarah pada terbentuknya tiga level modal sosial, yakni pada level nilai, institusi, dan mekanisme.

Francis Fukuyama (2002)

Modal sosial adalah serangkaian ari nilai dan norma informal yang dimiliki bersama di antara para anggota suatu kelompok yang memungkinkan terjalinnya kerja sama di antara mereka. Apabila anggota kelompok mengharapkan anggota-anggotanya berperilaku jujur dan terpercaya.

Damsar (2013)

Menurutnya, arti modal sosial adalah segala unsur-unsur jaringan, nilai dan kepercayaan

James Coleman

Menurutnya, modal sosial adalah segala sesuatu yang memiliki dua ciri, yaitu merupakan aspek dari struktur sosial serta memfasilitasi tindakan individu dalam struktur sosial tersebut. Dalam pengertian yang dikemukakan oleh James ini tentunya mengidentifikasikan bahwa bentuk modal sosial berupa kewajiban, harapan, potensi informasi, norma, sanksi yang efektif, hubungan otoritas, yang bisa digunakan secara tepat dan melahirkan kontrak sosial.

Dari beberapa pengertian modal sosial menurut para ahli diatas dapat, untuk lebih mempertajamnya. Berikut contoh modal sosial yang bisa diterpakan.

Contoh Modal Sosial


Contoh modal sosial ialah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, yang secara sosiologis dibutuhkan modal sosial (social capital) seluruh pemangku kepentingan. Modal sosial ini diharapkan akan meningkatkan rasa saling percaya (mutual trust) baik secara internal sesama pemangku kepentingan sektor wisata maupun secara eksternal terhadap turis yang datang. Bila turis memiliki rasa saling percaya dengan pemangku kepentingan pengelola wisata di kawasan ini, maka para wisatawan akan merasa nyaman dalam menghabiskan masa libur mereka.

Pentingnya modal sosial dalam pariwisata telah memunculkan paradigm baru dalam pengembangan pariwisata yakni paradigma berkualitas, berkelanjutan dan berkerakyatan yang di dalamnya menuntut adanya modal sosial. Berangkat dari pendapat bahwa modal sosial memiliki peran penting dalam pengembangan pariwisata maka penelitian ini mencoba melihat bagaimana pemanfaatan modal sosial dalam pengembangan pariwisata.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian modal sosial dan contohnya lengkap. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari refrensi mengenai modal sosial. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;