5 Pengertian Multikulturalisme Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

5 Pengertian Multikulturalisme Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Multikulturalisme Menurut Para Ahli

indonesiastudents.com– Multikulturalisme menjadi salah satu istilah yang harus dipahami, bagi mereka yang mendalami berbagai ilmu sosial, baik sosiologi, PPKN, Sejarah, Hukum, atau yang lainnya. Multikulturalisme pada dasarnya adalah suatu pandangan yang dianut berdasarkan asal keanekarangan yang membaur menjadi kesatauan.

Banyak contoh negara yang memiliki asas dan mengedepankan multikulturalisme. Misalnya saja Indonesia, yang terdiri dari berbagai suku bangsa dari sabang sampai meroke, dan akhirnya menjadi satu wadah yang tak terpisahkan, dengan menunjukan semangat kebersamaaan.

Baca: 8 Pengertian Pluralisme Menurut Para Ahli Lengkap

Adapun pengertian lebih lanjut mengenai multikulturalisme, berikut indonesiastudents.com akan menjabarkannya

Pengertian Multikulturalisme


Multikulturalisme adalah suatu bentuk pandangan yang mengedepankan asas kebersamaan. Pandangan ini umumnya dipengaruhii atau dilatarbelakangi dari relitas sejarah dan kondisi berbagai perbedaan yang ada dalam realitas sebenarnya

Adapun pengertian multikulturalisme menurut para ahli, adalah sebagai berikut;

Pengertian multikulturalisme menurut para ahli


Azyumardi Azra (2007)

Multikulturalisme adalah pandangan hidup yang mengedepankan kebersamaan atas asas berbedaan, baik perbedaan agama, politik, sampai dengan perbedaan suku bangsa.

Parekh (1997)

Pengertian multikulturalisme adalah kesepakatan yang diabagun atas dasar perbedaan, baik secara komunitas budaya, sejarah, kebiasaan, serta adat,

Lawrence Blum

Multikulturalisme adalah pemahaman atas suatu idiologi yang menerima perbedaan dengan dasar kesedaran, baik secara individual ataupun kelompok.

Rifai Harahap (dalam M. Atho’ Muzhar, 2007)

Multikulturalisme adalah gagasan yang dibagun atas dasar cara pandang mengenai perbedaan dan mengeutamakan kebersamaan.

Wikipedia

Definisi multikulturalisme menurutnya, adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan persamaan atas dasar ragam perbedaan yang ada di dalam kehidupan.

Dari 5 pengertian multikulturalisme menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa multikulturalisme secara tidak langsung sudah kita terpakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja sejak menempuh pendidikan, perkenalan terhadap semboyan “Bhineka Tunggal Ika” seolah menjadi gambaran bahwa Indonesia adalah Negara yang mengedepankan semangat multikulturalisme.

Demikianlah pengertian multikulturalisme menurut para ahli lengkap. Semoga dengan adanya pemahaman ini dapat memberikan pengetahuan tentang “Multikulturalisme”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 11 Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli Lengkap
  2. 7 Pengertian Pengendalian Sosial Menurut Para Ahli dan Cara Mengendalikannya Lengkap
  3. 11 Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli Beserta Bentuk, Sifat, Jenis, dan Contohnya Lengkap
  4. 8 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli dan Teorinya Lengkap