14 Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Negara

Negara menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan manusia. Istilah Negara ini hakekatnya dipergunakan untuk  memberikan pemahaman kepada suatu wilayah yang berdaulat. Setidaknya wilayah yang berdaulat di dunia ini berjumlah 206 negara, dengan 193 negara diantaranya tergabung menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan 13 negara lainnya masih diperdebatkan kedaulatannya. Sebagai penjelasan lebih lanjut mengenai Negara, pada artikel ini akan memberikan berbagai definisi atau pengertian negara menurut para ahli;

Pengertian Negara

Negara adalah bentuk kedaulatan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, sebab hal tersebut beraspek pada sebuah cita-cita untuk mempertahankan dan mewujudkan kesejahtaraan. Oleh karenanya setiap negara di dunia ini mempunyai sistem pemerintahan yang berdaulat dan diakui.

Terbentuknya negara berdasarkan pada teori terbentuknya negara menurut para ahli diakui atau tidak ada peran serta atau hubungan yang terjadi antara masyarakat dan penguasa. Keinginan memberikan kesejahteraan yang lebih mendorong suatu masyarajat untuk merdeka dengan membentuk suatau negara.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Adapun pengertian negara menurut para ahli, diantaranya;

Thomas  Hobbes

Menurutnya, Negara adalah suatu tubuh yang dibentuk oleh banyak orang dalam suatu perjanjian sehingga mampu menjadi alat untuk pelindungan dan keamanan.

Plato

Definisi Negara menurut plato adalah suatu kesatuan yang dituntut maju, berevolusi sehingga setiap masyarakat mampu memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya melalui kerjasama dalam kepentingan.

George  Jellinek

Negara adalah suatu bentuk organisasi  kekuasaan  dari  sejumlah kelompok  manusia yang berdiam di wilayah tertentu secara bersamaan.

Wikipedia

Pengertian Negara adalah sekumpulan manusia yang menempati suatu wilayah tertentu terorganisasi oleh pemerintah dengan kedaulatan dari rakyatnya.

Aristoteles

Menurut beliau negara merupakan suatu persekutuan dari sebuah keluarga dan suatu desa untuk mencapai kehidupan yang layak dan sebaik-baiknya.

Max Weber

Menurut max, Negara adalah kumpulan orang yang memonopoli segala penggunaannya dengan kekerasan fisik yang sah dalam suatu wilayah tertentu.

Roger H. Soltau

Negara adalah suatu wewenang yang mampu mengendalikan dan mengatur persoalan secara bersama atas masyarakat.

Harold J. Laski

Negara adalah kelompok masyarakat yang mampu dipersatukan karena memiliki sejarah, wewenang, dan keinginan untuk hidup bersama. Pengertian Negara ini secara tidak langsung menjukan bahwa Negara bersifat memaksa demi tercapainya kehidupan bersama.

Mac Iver

Negara adalah penarikan dari sekumpulan orang untuk bertindak melalui hukum yang kemudian direalisasikan dengan bentuk pemerintah.

Ibnu Chaldun

Negara menurut tokoh islam ini adalah kewibawaan dan kekuasaan.

Logeman

Negara adalah organisasi masyarakat yang mampu berkuasa dalam mengatur dan mengurus seluruh masyarakatnya.

Bellefroid

Negara adalah persekutuan hukum dari masyakat yang menempati wilayah tertentu, sehingga seluruh masyarakat berhak berkuasa atau mewakili kekuasannya kepada pemerintah secara resmi.

Krannenburg

Negara adalah organisasi masyarakat yang muncul karena keinginan atau cita-cita untuk berbangsa dan bernegara.

J. Rousseau

Negara adalah perserikatan masyarakat untuk hidup bersama dalam melindungi dan juga mempertahankan secara bebas merdeka.

Dari 14 pengertian negara menurut para ahli diatas, dapat dikatakan jika Negara adalah sekumpulan masyarakat yang hidup bersama dalam wilayah tertentu sehingga mampu saling melindungi dan mewujudkan cita-citanya.

Pengertian para ahli tersebut juga menunjukan bahwa Negara diakui kedaulannya jika terdapat unsur-unsur Negara, yakni, rakyat, pemerintah, wilayah, dan pengakuan Negara lain. Adapun dalam perkembangannya suatu Negara terbagi menjadi dua, yakni Negara berkembang dan Negara maju.

Dalam indikator mengkur Negara berkembang dan maju, ada beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut;

Indikator kategorisasi negara maju dan berkembang

  • Pendapatan per kapita nasional/ Gross National Product (GNP)
  • Struktur mata pencaharian dari angkatan kerja
  • Produktivitas per tenaga kerja
  • Penggunaan energi per orang
  • Fasilitas transportasi dan komunikasi per orang
  • Penggunaan logam yang telah diolah
  • Lain-lain: tingkat melek huruf, tingkat penggunaan kalori per orang, presentase pendapatan keluarga yang digunakan untuk konsumsi, jumlah tabungan per kapita

Demikianlah pembahasan mengenai 14 pengertian negara menurut para ahli yang disertai dengan unsur-unsur negara dan indikator untuk mengukur negara maju dan negara berkembang. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Negara”. Trimakasih,

14 Pengertian Negara Menurut Para Ahli Lengkap
1 (20%) 1 vote