3 Pengertian Padi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

pengertian padi menurut para ahli

Pengertian Pandi Menurut Para Ahli Lengkap


indonesiastudents.com– Indonesia adalah negeri dengan sejuta potensi sumber daya alamnya. Salah satunya adalah potensi kesuburan tanahnya, hampir semua jenis tumbuhan dapat hidup di Indonesia, sehingga mata pencaharian nenek moyang Indonesia dahulu adalah bercocok tanam.

Baca: 4 Pengertian Beras Menurut Para Ahli [Lengkap]

Salah satu hasil bumi yang berlimpah ruah adalah padi. Padi adalah makanan pokok bangsa Indonesia. Hampir sebagian besar mata pencaharian penduduk Indonesia adalah petani karena melihat potensi alam Indonesia yang sangat melimpah.

Pengertian Padi Menurut Para Ahli


Purnamawati & Purwono, 2002 dalam Aulia (2008)

Menurutnya sejarah padi tergolong tanaman pertanian kuno yang berasal dari dua benua, yaitu Asia dan Afrika Barat. Bukti sejarah menunjukkan bahwa penanaman padi di Zheziang (China) sudah dimulai pada 3000 tahun SM. Fosil butir padi dan gabahditemukan di Hastinapur Uttar Pradesa (India) sekitar 100 sampai dengan 800 SM.

AKK (1980).

Menurutnya, padi adalah salah satu jenis bahan makanan yang mana makanantersebut mengandung gizi dan juga mampu menjadi penguat yang cukup bagi tubuh manusia, sebab di dalam padi sendiri terkandung bahan-bahan yangmudah diubah menjadi energi.

Oleh karena itu padi disebut juga makanan energi.Nilai gizi yang diperlukan oleh setiap orang dewasa adalah 1.821 kalori. Apabila kebutuhan tersebut disetarakan dengan dengan beras, maka setiap hari diperlukan beras sebanyak 0,88 kg

Dari penjelasan diatas, data dikatakan bahwa tanaman padi memiliki ciri khusus pada bagian tubuhnya. Batang padiberbuku dan berongga, dari buku batang ini tumbuh anakan dan daun, bunga ataumalai muncul dari buku terakhir pada tiap anakan.

Permasalah Tanaman Padi di Indonesia

Tapi pada kenyataanya taraf hidup petani di Indonesia masih jauh dari sejahtera, bahkan banyak dari petani Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan. penyebabnya sangat beragam, mulai dari biaya tanam padi yang tinggi, gagal panen akibat hama maupun bencana alam dan masih banyak penyebab yang lainya.

Sesudah diresmikanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bangsa Indonesia dituntut untuk dapat bersaing, Salah satunya dalam bidang pertanian, akan tetapi hingga saat ini  pertanian belum bisa berkembang dan bersaing, sebagai buktinya, indonesia masih mengimpor padi, buah-buahan dan bahan pokok yang lainya dari luar negri.

Demikianlah pembahasan atau penjelasan mengenai Pengertian Padi Menurut Para Ahli Lengkap. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan manfaat kepada setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang padi. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. Pengertian Fertigasi dan Penjelasannya [Lengkap]
  2. Tanaman Singkong [Pengertian, Kandugan, Klarifikasi, dan Ciri] Lengkap
  3. 14 Pengertian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Para Ahli
  4. Pengertian Harta dalam Islam [Lengkap]