11 Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian pembangunan berkelanjutan– Akhir-akhir ini seringkali kita mendengar istilah pembangunan berkelanjutan. Istilah tersebut banyak digunakan oleh pemerintah, baik pusat ataupun daerah. Meskipun begitu tak jarang diantara kita banyak belum mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan pembangunan berkelanjutan.
Oleh karenanya, pada artikel ini indonesiastudents.com akan mencoba mengartikan secara luas defenisi atau arti dari pembangunan berkelanjutan.

Akan tetapi sebelum mengartikan pembangunan berkelanjutan, alangkah baiknya jika tulisan ini mengulas terlebih dahulu asal muasal kata “pembangunan berkelanjutan”.

Baca: 9 Pengertian Pembangunan Menurut Para Ahli

Pembangunan berkelanjutan terdiri dari dua kata, yakni pembangunan dan berkelanjutan. Pembangunan berasal dari Bahasa Inggis, yaitu sustainable atau lebih dikenal dengan capable of being sustained sedangkan pembangunan berasal dari development. Jika digabungkan secara sederhannya arti kedua kata ini memiliki makna, kemampuan untuk tetap melakukan pembangunan yang sesuai dan berkelanjutan. Untuk analisa lebih lanjut berikut pengertian secara pengertian pembangunan berkelanjutan adalah sebagai berikut:

Pengertian Pembagunan Berkelanjutan


Pembangunan berkelanjutan dapat diartikan sebagai pembagunan yang terus menerus dilakukan dengan tetep menjaga kualitas hidup masyarakat dengan pertimbangkan lingkungan, sumber daya alam, untuk kemudian dilakukan bagimana pembangunan tersebut tidak mengancam kebutuhan hidup generasi mendatang.

Terlihat dari pengertian sederhana pembangunan berkelanjutan disini, konsentrasi pembangunannya mempertimbangkan kehidupan untuk gerenasi mendatang. Sehingga pembangunan berkelanjutan adalah pembagunan yang dilakukan secara optimal tapi tidak merusak bahkan mengancam kehidupan generasi yang akan datang.

Untuk memperjelas defenisi pembangunan berkelanjutan atau pengertian pembangunan berkelanjutan diatas, tulisan indonesiastudents.com juga akan mengemukakan pengertian pembangunan berkelanjutan menurut para ahli, dengan demikian apa yang dikemukakan akan menjadi ulasan yang lebih jelas dalam mencari pengertian pembangunan berkelanjutan.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan Menurut Para Ahli

Sudharta P. Hadi
Memberikan pengertian pembangunan berkelanjutan adalah konsep pembangunan yang menyelaraskan antara kepentingan pembangunan dengan pengelolaan yang ada di dilingkungan.

Budiharjo dan Sudjarto
Memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah suatu pembangunan yang tidak mengabaikan atau mengancam generasi yang akan mendatang. Sehingga selain mampu memenuhi kebutuhan masyarakat juga mampu untuk mempertahankan keserasian lingkungan. Baik vitalitas sosial, budaya, politik, dan pertahanan keamanan

Brutland Report
Memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasidi masa yang akan datang.

Stockholm United Nation Conference on Human Enviromental
Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memanfaatkan sumber daya alam secara optimal tetapi berkewajiban untuk menjaga kelestaraian alam dengan mempertimbangkan kepentingan generasi masa depan melalui perencanaan atau manajemen yang baik.

World Commission On Enviromental Development (WCED)
Memberikan pengertian pengertian pembangunan berkelanjutan adalah suatu yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa mengurangi kemampuan dan mengorbankan kebutuhan generasi mendatang .
Konferensi Tingkat Tinggi Pembangunan Berkelanjutan

Dalam konferensi ini memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang mempersiapkan masyaratakat untuk melakukan perdagangan bebas multilateral dengan syarat terciptanya tata pemerintahan yang baik (good goverment).

Probabilitas
Mengartikan pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan yang berprinsip memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengancam kebutuhan generasi masa depan.

Robert W. Kates
Mengartikan pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang menekankan kepada nilai-nilai keamanan dan kesejahteraan nasional negara, daerah, dan institusi-institusi dari adanya modal sosial dari masyarakat itu sendiri.

Wibawa
Memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah transformasi progresif terhadap struktur sosial, ekonomi dan politik untuk meningkatkan kehidupan masyarakat tanpa mengorbankan kemampuan para generasi yang akan datang.

Ignas Kleden
Memberikan pengertian bahwa pembangunan berkelanjutan adalah suatu pembangunan yang mengacu pada pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia dan tetap berkewajiban untuk memelihara keseimbangannya.

Emil Salim
Mengartikan bahwa pembangunan berkelanjutan adalah pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan memperhatikan batasan-batasn agar tidak mengancam kehidupan dimasa mendatang.

Dari berbagai defenisi tentang pengertian pembangunan berkelanjutan atau defenisi pembangunan berkelanjutan diatas dapat disimpulkan bahwa pembengunan berkelanjutan sejatinya upaya memperbaiki kehidupan masyarakat melalui pemanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan mempertimbangkan batasan-batasan, sehingga tidak mengancam kehidupan generasi yang akan datang.

Demikialah untuk ulasan atas penjelasan pengertian pembangunan, baik pengertian pembangunan berkelanjutan menurut para ahli atapun pengertian pembangunan berkelanjutan yang didefenisikan bersama. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yangin atau mengulas materi “Pembangunan Berkelanjutan”

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *