6 Pengertian Potensi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Potensi

indonesiastudents.comPotensi adalah serangkaian kekayaan yang sudah seharusnya dikembangkan olehsemua pihak. Alasan al ini diungkapkan karena potensimampu memberikan stimulasi kemajuan dari berbagai sisi, baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, pariwisata, dan lain sebaginya. Meskipun begitu tak masih seringkali masyarakat Indonesia kebingungan mengenai definisi atau pengertian potensi. Oleh karenannya pada pembahasan kali ini, akan mengulas pengertian potensi secara umum atau menurut para ahli.

Potensi

Potensi adalah kekayaan yang dimiliki oleh setiap inividu, kelompok, atau Negara dalam mendorong kemajuan bagi dirinya sendiri ataupun masyarakat dilingkungannya. Potensi ini sangat diperlukan dalam menentukan kebijakan serta melakukan pembangunan.

Pada dasarnya banyak potensi dan jenisnya, akan tetapi yang dapat dipastikan potensi ialah bentuk keunggulan suatu wilayah dalam memajukan dirinya untuk bersaing serta melakukan nilai tawar yang tinggi di hadapan masyarakat lain.

Pengertian Potensi Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian para ahli mengenai potensi adalah sebagai berikut;

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI potensi diartikan sebagai suatu kemampuan yang mempunyai berbagai kemungkinan atau harapan untuk dikembangkan lebih lanjut, baik itu berupa kekuatan, daya, ataupun kesanggupan yang diperoleh masyarakat secara langsung ataupun melalui proses yang panjang.

Majdi (2007)

Potensi adalah serangkaian kemampuan, kesanggupan, kekuatan, ataupun daya yang memunyai kemungkinan untuk bisa dikembangkan lagi menjadi bentuk yang lebih besar. Bentuk ini biasanya diperoleh melalui pembangunan untuk kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat.

Myles Munroe

Definisi potensi adalah bentuk sumber daya atau kemampuan yang cukup besar, namun kemampuan tersebut belum tersingkap dan belum diaktifkan. Arti lainnya dalam pengertian ini bahwa potensi adalah kekuatan terpendam yang belum dimanfaatkan, bakat tersembunyi, atau keberhasilan yang belum diraih pada hal kita memunyai kekuatan untuk mencapai hal tersebut.

Wikipedia

Poetensi diri menurut Wikipedia adalah suatu kemampuan mengenai berbagai bentuk kekuatan, baik yang belum terwujud atau yang suda terwujud, sehingga dalam arti ini potensi pertu untuk dikelola secara maksimal oleh individu/masyarakat.

Hafi Anshari (1986)

Potensi menurutnya lekat dengan sifat terhadap bakat terpendam, atau mengenai kekuatan –kekuatan dalam bertindak di masa mendatang. Kekuatan ini dinilai penting lantaran dengan kekuatan yang baik setiap seseorang yang memiliki potensi akan bisa berjuang sekuat tenaganya.

Beirut (2002)

Menurutnya, pengertian potensi adalah serangkaian kemampuan mendasar bagi setiap manusia  untuk    mampu dikembangkan  dan dioptimalkan dengan sebaik mungkin. Pengotimalan ini dilakukan atau dilaksanakan melalui pekerjaan, usaha, dan pembangunan.

Dari pengertian potensi menurut para ahli diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa potensi adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang terhadap dirinya sendiri, sehingga perlu untuk dioptimalkan sebagik mungkin. Pengertian ini tentunya juga merujuk pada klarifikasi dari pontensi.

Klarifikasi Potensi Secara Umum

Klarifikasi potensi secara umum, antara lain sebagai berikut;

Kemampuan Dasar

Kemampuan dasar ialah potensi mengenai logika yang di intelegensikan oleh setiap orang. Hal ini ditentukan sebagai tana kelahiran yang diperoleh masyarakat. Oleh karenanya kemampuan dasar ini menjaid nilai yang lebih penting dan harus dijaga setiap manusia.

Etos Kerja

Etos kerja adalah potensi tentang ketekunan, ketelitian, dan efisiensi kerja yang dimiliki oleh setiap orang. Etos kerja ini berhubungan erat dengan kekuatan yang tidak dapat diperjualbelikan, oleh karenanua banyak perusahaan yang mengembangkan serta memerlukan potensi ini.

Kepribadian

Kepribadian adalah salah satu jenis potensi dalam arti ini, yaitu suatu pola yang menyeluruh terhadap semua kemampuan yang ada sehingga bisa menjadi ciri khas yang berbeda-beda, misalnya saja tentang sikap sabar menjadi salah satu kepribadian yang penting untuk dimiliki seseorang.

Contoh Potensi

Contoh potensi misalnya saja dalam kasus seseorang yang sedang melamar pekerjaan, ia selalu ditanya mengenai keunggulan tentang dirinya. Sifat keunggulan ini misalnya sabar, dengan penyabar seseorang memiliki potensi yang lebih besar untuk diterima dalam pekerjaanya. Dengan sikap ini biasanya lingkungan kerja suatu perusahaan akan menerima ia bekerja disana dengan mudah.

Artikel Terkait;

  1. Potensi Fisik Desa dan Potensi Non Fisiknya
  2. Pengertian Kota Menurut Para Ahli, Ciri dan Potensinya
  3. Pengertian Daya Saing Perusahaan dan Konsepnya

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian potensi menurut para ahli. Semoga dengan adanya pembahasan potensi ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari arti tentang potensi. Trimakasih,