Pengertian Pramuka, Sejarah, Tujuan, Tugas, dan Fungsingnya

Diposting pada

Pengertian Pramuka

Pramuka diakui ataupun tidak, sejatinya menjadi istilah yang tak lagi asing bagi pendidikan di dunia, bahkan  berlaku juga di Indonesia. Pramuka sebagai bagian organisasi pendidikan selalu tumbuh subur dan juga di warisakan dari generasi ke genarasi, baik di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas sampai Tingkat Perguruan Tinggi.

Disisi lainnya, adanya gerakan pramuka Indonesia bertumbuh dengan baik karena pramuka ini memiliki tujuan yang mulia, diantara tujuan mulia tersebut salah satunya ialah melatih kepedulian kepada sesama dan juga melaitih kesetiakawanan.

Pramuka

Dalam history legency peristilah pramuka ini di dalam dunia internasional dikenal dengan “Kepanduan” yang pertama kali di cetuskan oleh Lord Robert Baden Powell Of Gilwel atau sering dikenal dengan Baden Powell. Meskipun dalam perkembangannya sendiri terdapat beragam istilah gerakan dalam kegiatan pramuka. Yaknik istilah pramuka mengacu pada orangnya, artinya mengacu kepada peserta didik, pembina dan lain sebagainya.

Bahasan tentang kepramukaan mengacu pada nama kegiatan yang dilakukan oleh anak pramuka, diantaranya yaitu jambore dan lain sebagainya. Sedangkan gerakan pramuka mengacu pada organisasi dalam Kepanduan Pramuka, seperti gugus depan dan lain sebagainya.

Pengertian Pramuka

Praja muda karana atau disingkat menjadi Pramuka adalah bagian daripada adanya suatu bentuk gerakan kepanduan yang berfugsi mengajarkan serata menanamkan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur kepada para pelajar kaum muda di indonesia.

Pengertian Pramuka Menurut Para Ahli

Adapun definisi pramuka menurut para ahli, antara lain;

  1. Joko Mursitho

Pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan

Sejarah Pramuka

Sejarah pramuka pertama kali oleh Baden Powell. Boden Powell ialah seorang warga negara Inggris yang dalam biografi kehiudpannya pernah menjadi tentara. Baden Powell dikenal sebagai seorang anak yang mencintai kegiatan luar ruangan termasuk melakukan kegiatan kemah.

Kemah pramuka pertama yang pada saat ini dinkenal dengan kemah kepanduan yang langsung dipimpin Baden Powell, terjadi pada tanggal 1 Agustus 1907 sebab itulah samapi saat ini setiap tanggal 1 Agustus pun ditetapkan sebagai Hari Kepanduan Dunia.

Sejarah pramuka di Indonesia takan bisa lepas dari peran serta KH Agus Salim yang merupakan Bapak Pandu Indonesia. KH Agus Salim lahir di 8 Oktober 1884 di Kota Gadang, Agam, Sumatra Barat, Hindia Belanda.

KH Agus Salim ialah pendiri pramuka di Indonesia sebab berkat peran beliau menurut Keputusan Kwartir Nasional dan perundang-undangan lainya di pramuka mendefinisikan bahkan sejarh gerakan pramuka di Indonesia di mulai dari pemikirian beliau.

Tujuan Gerakan Pramuka

Gerakan pramuka didirikan di Indonesia tentunya memiliki tujuan, adapun tujuan gerakan pramuka tersebut antara lain;

  1. Pramuka bertujuan membentu kepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur agar memiliki iman dan bertaqwa kepada TuhanYang Maha Esa, selain itu tujuan pramuka ialah membentuk kuat mental dan tinggi moral serta kecerdasan dan mutu keterampilan pada masing-masing tingkatan pramuka.
  2. Pramuka bertujuan menjadikan Warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa pancasila, artinya pramuka bertujuan untuk membentuk sikap setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI) serta berguna dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri.

Tugas gerakan Pramuka ada 4, diantranya tugas gerakan pramuka tersebut ialah sebagai berikut;

  1. Membentuk setiap kader bangsa khususnya generasi muda untuk menjadi kader pembangunan yang beriman, bertaqwa, dan berwawasan ilmu pengetahuan serta memiliki kemampuan memadai dalam perkembangan teknologi
  2. Pramukan bertujuan untuk ,embentuk sikap dan perilaku yang positif, menguasai keterampilan, memiliki kecakapan serta kecerdasan emosional yang memadai sehingga sanggup dan mampu diandalakan bagi membangun dirinya sendiri serta masyarakat, bangsa dan negara
  3. Tugas pendidikan Kepramukaan yang diselenggarakan selalu berpegang teguh kepada keadaan, kemampuan, kebutuhan dan minat peserta didik serta sesuai dengan kemampuan, adat istiadat dan harapan masyarakat termasuk harapan wali (orangtua).
  4. Pelaksanaan kegiatan Gerakan Pramuka menggunakan PDK dan MK, Sistem Among dan berbagai metode penyajian pramuka lainnya.

Fungsi Gerakan Pramuka

Gerakan pramuka di Indonesia memiliki berberapa fungsi utama, diantaranya;

  1. Pramuka diharapkan menjadi kegiatan menarik

Maksudkan fungsi kegiatan pramuka dijalankan dengan situasi yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Oleh karena itulah setiap materi pelajaran dalam pramuka di biasanya dijalankan dengan kegiatan ektrakulikuler, seperti di perguruan tinggi selalu ada UKM Pramuka.

  1. Pengabdian bagi orang dewasa

Gerakan pramuka bagi orang dewasa bukan lagi lagi dimaknai sebagai kegiatan, melainkan pramuka memiliki suatu tugas atau fungsi yang diperlukan keikhlasan, kerelaan, dan juga diperlukan suatu pengabdian. Oleh karena itulah orang dewasa mempunyai kewajiban untuk sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi kepramukaan.

  1. Alat bagi masyarakat dan organisasi

Gerakan kepramukaan merupakan suatu alat bagi masyarakat atau organisasi untuk memenuhi kebutuhanmasyarakat yang diperukan. Sehingga kegiatan kepramukaan yang diberikan oleh masyarakat dan oragnaisasi sebagai latihan berkala dalam kegiatan pramuka itu sebatas alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Demikianlah ulasan mengenai pramuka yang mencangkup tentang pengertian pramuka, sejarah, tujuan, tugas beserta fungsingnya lengkap. Semoga bermanfaat, bagi siapapun yang sedang atau akan mencari defenisi atau arti mengenai kepramukaan. Trimakasih, baca juga artikel pramuka lainnya, dikategori “Pramuka

Rate this post