Pengertian Teks Berita dan 4 Syaratnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Teks Berita– Istilah berita barangkali menjadi istilah yang seringkali kita dengar, sebab istilah ini melekat dalam fikiran seseorang ketika membaca atau mencari informasi. Begitupula dengan pelajaran yang mengulas seluk beluk tentang berita, seperti pelajaran dalam Bahasa Indonesia selalu tidak ketinggalan disetiap jenjang seseorang, baik SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Kata berita selalu muncul.

Baca: Pengertian Kalimat Berita dan Contohnya

Adapun berita secara etimologi atau asal usul katanya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu, vrit yang memiliki arti “terjadi’ dan vritta ‘kejadian’. Jadi, berita mempunyai arti sesuatu yang terjadi atau kejadian (peristiwa). Jikalau dalam bahasa Inggris berita=news yang artinya informasi yang di dalamnya terdapat kata new ‘baru’. Hal ini menyatakan bahwa berita itu adalah peristiwa baru yang dipublikasikan melalui media cetak atau elektronik.

Sebagai upaya penjelasan lebih lanjut, pada kesempatan kali ini, indonesiastudents.com kan mencoba memberikan ulasan tentang berita yang mencangkup pengertian teks berita dan 4 syarat teks berita.

Pengertian Teks Berita


Teks berita adalah informasi yang sedang hangat atau baru tentang segala hal yang terjadi dan dilaporkan atau disampaikan baik secara lisan maupun tulisan kepada orang ketiga atau khalayak ramai.

Penyampaian berita secara lisan dapat dilakukan dari mulut ke mulut atau melalui media elektronik seperti siaran radio dan televisi, sedangkan secara tulisan melalui media cetak, yakni surat kabar, majalah, tabloid, dan selebaran pengumuman. Dengan perkembangan teknologi saat ini, berita dapat dilaporkan baik secara lisan maupun tulisan di media online atau internet.

Ulasan mengenai pengertian teks berita di atas di dapatkan dari pengertian berita menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang pada intinya terdapat tiga arti berita, diantranya;

  • Cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat, disebut juga kabar.
  • Laporan.
  • Pemberitahuan atau pengumuman.

Adapun pengertian lain tentang teks berita adalah gambaran sebuah teks informasi yang memiliki struktur yang jelas. Sturktur yang jelas tersebut masudnya sebuah teks berita harus asil (original), mengandung kabar informasi, dan ada sumbernya.


Setelah kita mencoba memberikan pengertian teks berita, selanjutnya tulisan ini akan mengulas terhadap syarat berita yang wajib di laporkan kepada publik.

Syarat Berita


Menurut Ahli, salah satunya Eric C. Hepwood mengatakan bahwa berita adalah laporan pertama dari peristiwa penting yang dapat menarik perhatian umum. Dari pernyataan Hepwood tersebut maka dapatlah diketahui bahwa syarat sebuah berita yang akan dilaporkan ke publik ada empat, yakni aktual, faktual, penting, dan dapat menarik perhatian publik.

Penjelasan Syarat Berita


Aktual
Suatu berita haruslah peristiwa yang hangat, terbaru, terkini atau tidak ketinggalan zaman (up to date). Hal yang baru (novelty) lebih memiliki nilai berita daripada peristiwa lama (sudah basi).

Faktual
Di dalam berita terdapat fakta yang benar-benar terjadi, objektif, sumber berita jelas, dan dapat dibuktikan.

Penting
Syarat suatu berita yang dilaporkan adalah kejadian penting bukan biasa. Jika peristiwa biasa atau hal yang sudah umum tidak menarik untuk dijadikan berita. Misalnya: berita seorang ibu warga Depok melahirkan anak kembar.

Menarik Perhatian Publik
Peristiwa-peristiwa yang dapat menarik perhatian public harus peristiwa yang memiliki unsur-unsur khusus yang dijelaskan sebagai berikut.

Demikianlah ulasan mengenai teks berita, yang memuat tentang pengertian teks berita atau defenisi teks berita, dam juga syarat berita. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang sedang mendalami sebuah berita. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;