Pengertian Teks Genre Makro, Jenis-jenis, dan Kelarifikasinya Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Genre Makro, Contoh Teks Genre Makro

Teks Genre Makro– Memahami serta mengerti tentang genre makro pada dasarnya menjadi suatu hal yang harus dilakukan bagi setiap orang, terutam di dunia pendidikan. Sebab materi tentang genre makro ini menjadi materi yang wajib untuk diketahui dan dimengerti bagi siapapun yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia. Sebagai upaya pemahaman bersama, pada kesempatan kali ini akan mengulas lebih dalam tentang teks genre makro, yang mencangkup pengertian genre makro, jenis-jenis genre makro, serta kalarifikasi genre makro. Berikut penjelasan tersebut.

Pengertian Genre Makro


Genre sama artinya dengan ragam. Genre adalah pembagian suatu bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai dengan bentuk tersebut. Sedangkan makro artinya besar atau luas, sehingga dari ulasan tersebut secara singkat pengertian teks genre makro adalah ragam besar atau kompleks yang di dalamnya terdapat  bermacam jenis teks genre mikro.

Jenis-Jenis Teks Genre Makro


Berikut beberapa jenis teks genre makro;

Genre Wawancara

Wawancara merupakan salah satu sepek penting dalam narasi teks, hal ini sebagian fungsional daripada panduan seseorang untuk mengambil data dari orang lain (pihak yang di ingginkan), dalam proses wawancara diperlukan informasi yang mendalam, sehingga agar tidak lupa dalam agenda apa saja pertanyaan yang harus dispakan maka wawanacara dibuat skejual yang baik, salah satunya ialah dengan memanfaatkan teks.

Genre Berita

Berita ialah bagian daripada teks genre makro yang ditulis berdaarkan ciri kebahasaan berita. Selain itupula dalam berita setidaknya mengandung unsur-unsur berita 5 W 1H, oleh karena itulah setiap orang yang menuliskan berita bisa disebut dengan mengaplikasikan terhadap teks genre makro. Selengkapnya, baca; Pengertian Teks Berita dan 4 Syaratnya

Genre Artikel Jurnal

Jenis lainnya, dari teks genre makro adalah artikel jurnal. Artikel ini bagian daripada karangan ilmiah yang bisa dilakukan dengan penelitian atau studi literatur. Ada banyak perbedaan artikel dan opini, salah satunya jika artikel ada klimaks kaliamat yang di dadapatkan sedangkan untuk opini hanya sebatas pada gagasa. Selengkapnya, baca; Pengertian Artikel, Jenis, Syarat dan Langkah Penulisannya

Genre Surat Pembaca

Surat pembaca adalah salah satu teks genre makro yang memberikan penjelasan dan pembahasan mengenai bentuk surat resmi ataupun tidak. Dalam cangkupannya pengertian surat ini ialah karya tulis yang memiliki fungsi dan tujuan yang diinginkan. Si penulis itu sendiri.

Genre Percakapan Telepon

Percakapan telphon adalah salah satu jenis teks genre makro yang memberikan panduan dalam melakukan proses interaksi sosial dalam masyarakat. Genre percakapan dalam telphon ini bisa menjadi salah satu bentuk panduan bagi masyarakat atau seseorang ketika menghubungi seseorang.

Klarifikasi Teks Genre Makro

Sedangkan klarifikasi dari pada genre antra lain sebagai berikut;

Genre Sastra

Genre sastra adalah jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya, yakni  genre prosa dan genre puisi. Genre prosa adalah genre sastra yang meliputi novel, roman, cerpen, dan sebagainya. Genre puisi adalah genre yang meliputi pantun, syair, soneta, sajak, dan sebaginya. (KBBI).

Genre Retorika

Genre retorika adalah retorika deskripsi, narasi, eksposisi, dan argumentasi dalam penulisannya. Retorika adalah bagian daripada basa basi dalam kepenulisan, banyak cara yang harus dipahami antara ketiganya, akan tetapi yang pasti ketiga hal ini salaing berkaitan satu sama lainnya.

Genre Linguistik

Genre linguistik, yaitu genre untuk menunjukkan karya sastra, kategori retorika, dan  konteks budaya sebagai latar belakang munculnya teks-teks lain, seperti wawancara, percakapan telepon, layanan jual beli, surat pembaca, surat lamaran pekerjaan, berita, editorial, artikel, dan sebaginya.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Komprehensi Teks
  2. Contoh Artikel Ekonomi
  3. Pengertian Morfologi Bahasa Indonesia

Demikianlah ulasan megenai genre makro yang mencangkup pengertian genre makro, jenis-jenis genre makro, dan klarifikasi genre. Semoga dapa bermanfaat, bagi siapapun yang ingin atau sedang memabahas mengenai genre makro. Trimakasih,

Pengertian Teks Genre Makro, Jenis-jenis, dan Kelarifikasinya Lengkap
2 (40%) 1 vote[s]