3 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli dan Contohnya [Lengkap]

Diposting pada

pengertian tradisi menurut para ahli

Negara Indonesia adalah negara yang sangat kaya, kekayaan itu tidaklah hanya terdapat dari alamnya saja tetapi, Negara Indonesia juga memiliki kekayaan lain yakni kekayaan akan tradisi. Arti tradisi merupakan satu kata yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah negara termasuk Indonesia yang merupakan negara majemuk dengan multikultural terbesar di dunia. Sebagai ulasan lebih dalam, tulisan ini akan menjelaskan tentang pengertian tradisi menurut para ahli dan contoh tradisi yang ada di Indonesia.

Pengertian Tradisi

Tradisi adalah segala perbuatan yang menyakut hidup manusia, yang diturunkan secara terus menerus dari generasi satu ke genrasi lainnya dalam bentuk yang sama (ajeg). Tradisi ini bisa menyangkut adat istiadat, budaya, ataupun bentuk yang lainnya.

Tradisi sebagai salah satu jenis sistem sosial tidak bisa terpisahkan dari berbagai bentuk kegiatan manusia, baik saat berkelompok ataupun saat hidup sendiri. Semua manusia memiliki tradisi yang diakui atau tidak tradisi ini kemudian akan memberikan pengeruh besar pada kehidupan manusia, dalam berhubungan sosial.

Artikel Terkait;

  1. 6 [Contoh] Kebudayaan di Indonesia
  2. Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli
  3. 11 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian tradisi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut;

Soerjono Soekamto (1990)

Ahli sosiologi dan ilmu antropologi ini mengemukakan jika pengertian tradisi adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang). Tradisi menjadi bagian budaya lantaran dilakukan secara bersama-sama.

WJS Poerwadaminto (1976)

Pengertian tradisi adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang kehidupan manusia di dalam bermasyarakat yang dilakukan secara terus menerus, seperti adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan). Tradisi ini tergolong sebagai tindakan sosial yang dilakuka dalam sistem kebudayaan.

Dari pengertian tradisi menurut para ahli tersebut, dapatlah dikatakan jika tradisi di Negara Indonesia sangatlah banya, mengingat Indonesia sendiri merupakan satu di antara negara multikultural terbesar di dunia, hal ini dapat dilihat dari kondisi sosio-kultural, agama, maupun geografis yang begitu beragam dan luas.

Saat ini saja, jumlah pulau yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekitar 13.000 pulau besar dan kecil. Populasi penduduknya berjumlah lebih dari 200 juta jiwa, terdiri dari 300 suku yang menggunakan hampir 200 bahasa yang berbeda.

Tradisi adalah satu diantara aset penting bagi sebuah negara berkembang. Tradisi tersebut berpotensi untuk sarana pendekatan sosial, simbol karya daerah, aset khas daerah dengan menjadikannya tempat wisata, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kekayaan bangsa berupa tradisi harus dilestarikan dan dikembangkan.

Contoh Tradisi

Sebagai penjelasan lebih dalam, untuk contoh tradisi yang bisa diberikan adalah Tradisi Pasola dari Nusa Tenggara Timur. Dari asal kata “Pasola” memiliki definisi permainan (game) mengenai ketangkasan dalam melempar tombak tumpul atau lebing dari atas hewan kuda ke arah para lawan dalam serangkaian upacara tradisional. Tradisi Pasola ini seringakli atau di identikan diselenggarkan di Sumba, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Waktu pelaksanaannya jatuh sekitar bulan Februari hingga Maret setiap tahunnya, tergantung dari penanggalan tradisional Sumba, untuk menyampaikan doa kepada Tuhan, agar panen mereka pada tahun itu bisa berhasil. Sebelum Pasola dimulai biasanya diawali dengan pelaksanaan adat Nyale. Adat Nyale adalah upacara yang memanjatkan rasa syukur atas anugerah yang didapatkan, yang ditandai dengan datangnya musim panen dan cacing laut yang melimpah di pinggir pantai.

Perayaan puncak mulai 6 (enam) sampai 8 (delapan) hari setelah bulan purnama. Para penganut kepercayaan marapu dalm tradisi ini meyakini bahwa setiap tetes darah yang ditumpahkan (korban binatang atau terluka bahkan mati di lapangan pasola) dianggap sebagai tanda kemakmuran yang akan datang.

Demikianlah peembahasan tentang Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli dan Contohnya semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan makna atas pengetahuan pembaca dalam memahami “Apa itu tradisi?”. Trimakasih,