Pengertian Tuna Aksara dan Pemberantasan Tuna Aksara

Diposting pada

Pengertian Tuna Aksara dan Pemberantasan Tuna Aksara

pengertian tuna aksara

indonesiastudents.com– Tuna Aksara pada dasarnya menjadi istilah yang cukup kita kenal di Indonesia, istilah ini seringkali disematkan kepada seseorang yang tidak bisa membaca. Meskipun begitu perlu kita pahami bahwa istilah “Tuna Aksara” berasal dari dua kata, yaitu tuna dan aksara.

Tuna dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya kurang atau cacat. Sedangkan Aksara diartikan sebagai suatu sistim atau tanda grafis yang dipergunakan oleh manusia untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Sehingga apabila diberikan arti yang mendalam pengertian tuna aksara adalah sebagai berikut;

Pengertian Tuna Aksara


Tuna Aksara adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang tidak bisa membaca tulisan, istilah ini besinomin dengan buta huruf.

Adapun Menurut Muhsin (2006), pemberantasan tuna aksara (PAB) merupakan salah satu bentuk program pendidikan yang dilakukan pada jalur nonformal (bukan informal), program ini sedang dilaksanakan menjadi salah satu bagian integral dari upaya pemerintah pusat dan daerah untuk mengentaskan masyarakat dari segala bentuk kebodohan, keterbelakangan, kemiskinan, dan ketidakberdayaan.

Program pemberantasan tuna aksara bertujuan agar seseorang atau masyarakat yang penyandang buta aksara dapat memperoleh keterampilan dasar untuk bisa membaca, menulis, dan berhitung. Sehingga hal tersebaut dapat sbermakna bagi setiap kehidupannya yang dijalankan.