{Tabel Penjelasan} Perbedaan Bimbingan dan Konseling Disertai Persamaannya

Diposting pada

perbedaan bimbingan dan konseling

Bimbingan dan konseling pada dasarnya memang selalu terintegral satu sama lain, mekipun begitu dua kata ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Untuk perbedaan bimbingan dan konseling perlu setidaknya kita ulas lebih mendalam. Tujuannya agar para pembaca sekalian, yang mengambil jurusan bimbingan konseling (BK) di perkuliahan atau yang sudah mahir dengan bimbingan konseling dapat memahami lebih dalam, prihal dua kata ini, yaitu bimbingan dan konseling.

Perbedaan Bimbingan dan Konseling


Perbedaan bimbingan dan konseling jika bimbingan adalah pertolongan yang dilakukan dengan bantuan apasaja kepada seseorang yang membutuhkan, sedangkan konseling si penolong harus memahami disiplin ilmu tertentu sehingga pertolongannya bisa memberikan rekomendasi kepada orang yang ditolong untuk kemudian mengambil keputusan yang terbaik.

Hal ini sebgaimana yang dikemukakan oleh para ahli, mengenai strategi bimbingan konseling di sekolah;

Perbedaan Bimbingan dan Konseling Menurut Para Ahli

Berikut inilah pendapat yang dikemukakan oleh para ahli;

Bimo Walgito

Dalam bukunya mencoba memberikan pemahaman bahwa pengertian bimbingan adalah bantuan atau pertolongan kepada orang lain yang membutuhkan. Sedangkan jika konseling beliau melihat adanya hubungan antara si penolong yang terlatih atau ahli dan seseorang yang yang ditolong benar-benar sedang mencari pertolongan.

Daniel Mc

Tentang bimbingan konseling, mengatakan bahwa perbedaan bimbingan dan konseling yaitu, jika bimbingan diadakan dalam rangka membantu setiap orang untuk mengenali berbagai informasi terhadap dirinya sendiri. Sedangkan konseling dilakukan harus adanya bentuk pertemuan langsung dengan orang yang ditujukan.

Jadi jikalau dilihat dari kesemuanya, perbedaan bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Setelah memahami perbedaan antara bimbingan dan konseling selanjutnya kita akan melihat persamaan antra bimbingan dan konseling, berikut persamaan bimbingan dan konseling.

Persamaan Bimbingan dan Konseling

Persamaan yang terlihat dari bimbingan dan konseling adalah tujuannya, yaitu adanya perubahan yang dianggap bisa lebih baik dari sebelumnya. Selain itu bimbingan dan konselingpun sama-sama dilakukan agar seseorang peka dan taat kepada norma-norma yang dijalankan di masyarakat.

Agar lebih mahami tentang perbedaan bimbingan dan konseling serta persamaan bimbingan dan konseling tulisan ini akan menyertakan tabel, semoga dapat memberikan pemahaman yang lebih luas kepada para pembaca, sedang mencari perbedaannya.

Perbedaan Persamaan
Segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan. Bertujuan sama-sama memberikan perubahan yang dianggap bisa lebih baik dari sebelumnya

Artikel Terkait;

  1. Latar Belakang Bimbingan Konseling di Sekolah
  2. 4 Bidang Bimbingan Konseling
  3. Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Ahli

Demikialan untuk ulasan mengenai perbedaan bimbingan dan konseling serta persamaan bimbingan dan konseling, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi siapapun yang sedang mencari referensi “Bimbingan Konseling”. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *