14 Alamat Redaksi yang Menerima Resensi Buku, Syarat Pengiriman dan Honornya

Diposting pada
Redaksi yang Menerima Resensi Buku
Redaksi yang Menerima Resensi Buku

Menulis barangkali menjadi pekerjaan yang sulit-sulit gampang. Sulitnya diwaktu belajar, seperti mengumpulkan ide, menyelesaikan naskah, dan lain sebaginya. Dan gampangnya ialah ketika sudah berhasil, bukan hanya ketika berhasil menulis seseorang mendapatkan bayaran, akan tetapi ia juga akan mendapatkan pengalaman lebih dibandingkan dengan manusia lainnya.

Salah satu pengalaman lebih yang bisa didapatkan oleh seorang penulis adalah meresensi buku. Menulis resensi buku menurut kebanyakan orang diumpamakan dengan istilah sekali dayung, dua-tiga pulau terlampui. Artinya bagimana?, artinya dengan merensensi buku seseorang penulis bukan hanya mendapatkan honor atau honarium dari media masa yang siap menerima resensinya akan tetapi penulis resensi juga berkesampatan mendapatkan bonus buku dari penerbit yang bukunya diseresensi.

Redaksi yang Menerima Resensi Buku

Bahkan tak jarang, seorang penulis resensi buku juga akan mendapatkan kesemapatan bertemu langsung dengan penulisnya. Oleh karena itulah penting bagi siapapun untuk belajar menulis resensi buku, sebelum buku atau karya tulis ilmiah kita diresensi oleh orang lain.

Adapun yang pastinya, peristilahan yang melakat pada pembuat resensi buku dinamakan resensator. Jika kalian berminat menjadi resensator (penulis resensi buku).

Daftar Alamat Redaksi Majalah atau Media Masa yang Menerima Resensi Buku

Berikut beberapa media masa online maupun offline yang siap menerima resensi buku, diantaranya;

  1. Suara Karya

Suara karya ialah salah satu media yang menerima resensi buku, adapun buku yang diresensi tersebut maksimanya tulisan berjumlah 5.000 karater. Tulisan resensi yang dikirim melalui email, dengan alamat radaksi@suara-karya-online.com atau redaksisk@yahoo.com . Honor yang diterima penulis yang meresensi buku dan diterbitkan oleh Suara Karya sebesar 150 Rb.

  1. Koran Sindo

Koran Sindo ialah salah satu media yang menerima resensi buku, media ini menerima tulisan resensi kurang lebih sebanyak 5.000 karakter. Tulisan dikirim melalui email dengan alamat redaksi@seputar-indonesia.com. Adapun honarim atau honor yang diterima penulis yang meresensi buku dan diterbitkan oleh Koran Sindo sebesar 250.000 Rb/Tulisan.

  1. Kompas.com

Kompas.com ialah media online yang juga dikenal memiliki berabagi cabang media yang lain, seperti Kompas TV dan lain sebagainya. Adapun media ini juga menerima naskah resensi yang dapat dikirim melalui email dengan alamat kompas@kompas.com atau redaksikcm@kompas.co.id atau bisa dikirim langsung ke redakturnya dengan alamat jodhi@kompas.com .

Tulisan resensi yang dipilih akan dimuat komas pada setiap hari atau bahkan setiap saat. Untuk honor atau bayaran yang diterima penulis resensi yang diterbitkan kompas tidak disediakan honor, sebab memang relatif mudah untuk dimuat di kompas.com. Adapun alamat ini tetap dibgaikan karena menerut hemat kami, sangat cocok untuk pijakan awal dalam meresensi sebuah buku.

  1. Jawa Pos

Jawa pos juga menerima resensi buku, adapun resensi buku yang diterima oleh Jwa Pos akan diberikan honarium sebesar 450.000/tulisan. Bagi siapapun naskah resensinya diterbitkan. Pengiriman tulisan resensi di Jawa Post dapat dikirim melalui emai dengan alamat editor@jawapost.co.id atau bisa juga dikirim dengan alamat email ttg@jawapost.co.id

  1. Media Indonesia

Media Indonesia juga menerima naskah resensi buku, nasakah resensi ini dapat dikirim dengan alamat email; miweekend@mediaindonesia.com tulisan resensi yang berhasil diterbitkan di Media Indonesia akan mendapatkan honarium sebesar 50rb/naskah.

  1. Majalah Tempo

Tempo menjadi salah satu media yang menyediakan cetakan majalah. Adapun dalam majalah tersebut tempo  menerima resensi buku dengan jumlah maksimal tulisan sebanyak 4.000 karakter. Tulisan dikirim via email red@tempo.co.id

Tulisan resensi akan jika terpilih akan terbit pada Hari Senin, dan penulis juga akan mendapatkan honor sebesar 500.000 Rb/Naskah Resensi.

  1. Suara Pembaharuan

Suara pembaharuan juga menerima resensi buku, tulisan resensi buku dikirim via email dengan alamat emailnya koransp@suarapembaharuan.com atau bisa juga dikirim dengan alamat email opinisp@suarapembaharuan.com

Honor yang diterima penulis sebesar 200.000 sampai 300.000 dengan tulisan maksimal sebanyak 5.000 karakter.

  1. Harian Jogja

Media lokal “Harian Jogja” juga menerima resensi buku dengan tulisan resensi sebanyak 4.000 karekter. Apabila diterbitkan oleh Harian Jogja maka penulis akan mendapatkan honor atau honarium sebesar 300 Rb/Naskah resensi. Tulisan resensi dikirim via email dengan alamat redaksi@harianjogja.com

  1. Lampung Post

Media lokal yang ada di Lampung ini juga menerima resensi buku yang terbut setiap Hari Minggu, tulisan resensi minimal ialah 4.000 karakter/buku yang diresensi. Honor yang diterima penulis resensi sebesar 200.00. Tulisan resensi dikirim via email, dengan alamat lampostminggu@yahoo.com atau redaksilampost@yahoo.com

  1. Majalah Bakti

Majalah bakti juga menerima resensi buku, majalah bakti ini adalah Majalah milik Kanwil Kemenag Prov.DIY. Tulisan resensi yang baik akan diterbitkan setiap bulan sekali dan penulis juga layak mendapatkan uang sebesar 60 Rb/Naskah Resensi. Tulisan resensi dikirim via email dengan alamat majalah_bakti@yahoo.com atau majalah_bakti@kemenag.co.id

  1. Koran Merapi

Koran merai juga menerima resensi buku, buku yang diresensi dapat dikirim via email dengan alamat koranmerapi_jogja@yahoo.com atau ismentok@gmail.com dengan panjang nakah maksimal 350.000/Kata. Adapun honor yang diberikan apabila diterbitkan oleh pihak Koran Merapi penulis layak mendaoatkan 50 Rb/Naskah.

  1. Radar Surabaya

Radar Surabaya ialah salah satu koran yang ada di Kota Surabaya, koran ini menerima resensi buku dengan maksimal panjangnya 5.000 karakter. Tulisan resensi dapat dikirim via email dengan alamat redarsurabaya@yahoo.com. Honor yang didapatkan apabila terpilih tulisan resensinya maka penulis berhak mendapatkan 200 Rb/Naskah.

  1. Harian Fajar

Harian Fajar yang beralamatkan di Gedung Graha Pena Lt.4 Jl. Urip Sumarjo No.21 Makasar ini juga menerima resensi buku dengan panjang maksmialnya 3.500 karakter/resensi. Tulisan dapat dikirim via email dengan alamat fajar@fajar.co.id . Tulisan yang dimuat pada hari minggu penulis berhak mendapatkan honor sebesar 200 Rb.

  1. The Jakarta Post

The Jakarta Post ialah salah satu koran besar yang ada di DKI Jakarta, koran ini menerima review buku baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Jika dalam tulisan dalam Bahasa Indonesia penulis berhak mendapatkan uang sebesar 400 Rb/Review akan tetapi jika tulisan dalam bentuk Bahasa Inggris penulis berhak mendapatkan honarium sebesar 600 Rb/Naskah. Tulisan resensi dapat dikirim via email, dengan alamat emailnya editorial@thejakartapost.com

Demikianlah beberapa media cetak atau online yang menerima resensi buku. Dari ulasan tersebut terihat jikalau resensi buku diberlakukan dengan jumlah kata 3.500/kata sampai 5.000/kata. Semoga alamat redaksi yang menerima resensi buku beserta syarat pengiriman dan honornya lengkap ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi tentang “Media Yang Menerima Tulisan Resensi”.

4/5 - (5 votes)