3 Macam Struktur Penulisan Teks Berita dan Contohnya

Diposting pada

Secara sederhana pengertian teks berita adalah sebagai uraian atas oenjelasan berupa tulisan yang berisi tentang segala yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, dan diunggah di situs berbasis internet.

Yang pastinya, dalam membuat suatu teks berita harus memperhatikan struktur teks berita sebab struktur penulisan teks berita ini menjadi unsur berita yang disampaikan itu baik atau tidak. Adapun sebagai penjelasan lebih lanjut tentang macam struktur teks berita dan contohnya.

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita secara runtut ada 3 yakni terdiri dari orientasi, peristiwa, dan sumber berita. Hal ini kemudian dianggap mempermudah dalam cara dan teknik membaca teks berita yang benar, lantaran ketiganya saling berkaitan satu sama lainnya.

Macam Struktur Penulisan Teks Berita

Berikut sebagai penjelasan lebih lanjut;

  1. Orientasi

Orientasi adalah bagian daripada pembukan tentang hal yang akan diberitakan. Biasanya orientasi ini sendiri senantisa berisi mengenai berita tentang suatu kalimat pembuka yang berisi hal-hal yang menarik pembaca. Kondisi ini biasa dikemukakan pada awal bagian berita untuk mempermudah pembaca dalam memahami maksud serta tujuan daripada berita di sampaikan.

  1. Peristiwa

Struktur teks berita selanjutnya adalah pembahasan terhadap peristiwa dalam berita, bagian ini sendiri merupakan tahapan inti dari berita, peristiwa yang dirangkai berbentuk  narasi yang menyajikan fakta-fakta yang ada dan ditemukan di lapangan. Oleh karena itulah peristiwa sebagai gambaran daripada arti ide pokok.

  1. Sumber Berita

Sumber berita bisa diartikan sebagai sumber untuk teks berita yang berasal dari wawancara yang dilakukan kepada narasumber maupun sumber tertulis lainnya, baik primer ataupun sumber berita yang bersifat skunder. Dimana bagian daripad sumber berita tidak mesti di akhir berita, posisinya bisa terdapat dalam berita, ditengah ataupun di akhir daripada sebuah berita yang baik.

Bagan Struktur Teks Berita

Penjelasan lebih lanjut tentang tulisan tersebut, apabila di buat bentuk bagan dari struktur teks berita di atas adalah;

struktur teks berita
Struktur Penulisan Teks Berita

Struktur teks berita pada bagan di atas menunjukan sistemasisasi dalam pembuatan berita yang harus memberikan informasi secara struktural agar berita yang diberikan sesuai dengan harapan serta kebutuhan pembaca yang memberlukan berita.

Contoh Struktur Teks Berita

Adapun agar memperjelasanya. Berikut ini contoh sistematika dalam kepenulisan beserta penjelasan atas struktur teks beritanya. Yaitu;

Judul: Menyambut satu abad NU, PMII Unila Gelar Bedah Buku Sejarah & Pertumbuhan NU di Lampung

Bagian Orientasi

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kom Unila akan menggelar acara bedah buku “Sejarah dan Pertumbuhan NU di Lampung” pada Sabtu, 12 Februari 2022 di Lamban Pergerakan PMII Universitas Lampung.

Buku yang ditulis oleh Ila Fadilasari ini mengungkap ikhwal berdirinya Jam’iyyah NU di Lampung, bagaimana proses dan dinamikanya, siapa saja tokoh yang diberi mandat dan aktor yang berperan dalam pertumbuhan NU dan PWNU secara kelembagaan dari masa ke masa.

Bagian Peristiwa

Acara ini menghadirkan Ila Fadilasari sebagai penulis buku Sejarah & Pertumbuhan NU di Lampung dan ketua Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Lampung, Drs. Aryanto Munawar (Sekretaris PWNU Lampung) dan Ichwan Adji Wibowo (Ketua PCNU Bandar Lampung) serta akan dimoderatori oleh Nur Sazaro Tudhur (Ketua IPPNU Lampung).

Bagian Sumber Berita

Ketua PMII Unila, Muhammad Irfan Arrafii mengatakan, tujuan acara bedah buku ini untuk mengkaji sejarah dan pertumbuhan NU di Provinsi Lampung.

“Penting bagi generasi muda NU khususnya kader PMII Lampung untuk mengetahui dan merefleksikan sejarah pertumbuhan NU di bumi Ruwai Jurai ini,” ujar Irfan.

“Dengan mengkaji sejarah dan pertumbuhan NU, kita tidak akan kepaten obor dan melupakan sejarah & pertumbuhan NU di Lampung” Imbuhnya.

Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa suatu berita yang yang baik harus terdapat struktur teks berita yang sistematis. Diantaranya orientasi, peristiwa, dan sumber dari berita yang di informasikan. Hal ini dilakukan agar teks berita yang dibuat sesuai dengan kaidah yang berlaku. Terutama menyangkut tentang unsur berita, yang dikenal dengan unsur 5W 1H.

Demikianlah ulasan mengenai struktur penulisan teks berita dan contohnya. Meski sederhana semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan dan wawasan, bagi siapapun yang sedang atau akan meliput suatu berita.

Rate this post