11 Contoh Abstrak-Abstrak Terbaik dan Terlengkap

Posted on

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

Abstrak menjadi salah satu topik terpenting dalam pembuatan sebuah karya tulis ilmiah. Bahasan mengenai abstrak tak luput daripada isi pokok materi yang disampaikan dalam keseluruh penelitian atau laporan penelitian yang diungkapkan. Materi mengenai abstrak bisanya diperlukan dalam sejumlah karya tulis, baik itu skripsi, tesis, desertasi, makalah, artikel, tugas akhir,  ataupun jurnal. Pembuatan abstrak bisa dibilang susah akan tetapi juga bisa dibilang mudah. Asalkan kita mengetahui isi keseluruhan pokok bahasan yang diungkapkan maka dapat dipastikan abstrak yang baik akan kita keluarkan dalam penelisan tersebut. Oleh karena itulah tulisan ini akan membagikan berbagai contoh-contoh abstrak.

Abstrak

Pengertian abstrak secara umum dan khususnya mengindaksikan sebagai ringkasan dari sejumlah bahasan yang disampikan, ringkasan ini di atur tetap dalam bagian kata kunsi yang di munculkan. Untuk kata kunci dalam pembuatan abstrak yang baik haruslah terdiri dari 3, boleh lebih. Akan tetapi tetapi yang paling baik ialah 3 keyword dalam pembuatan abstrak yang dibutuhkan.

Seseorang yang membuat abstrak akan lebih mudah dala proses tata cara penulisan karya tulis ilmiah. Alasan hal ini diungkapkan lantaran dengan abstrak kita dapat mengetahui garis-garis besar terhadap materi yang akan disampaikan, barulah jika sudah fiks (selesai) abstrak bisa diperbaiki kembali.

Cara membuat abstrak seperti yang disebutkan di atas, sudah work dan terbukti ampuh, lanataran sudah banyak dipergunakan oleh para ahli di bidang kepenulisan ataupun penelitian. Adapun untuk format penulisan dalam abstrak antara lain.

Format Penulisan Abstrak

Format atau susuan yang diperlukan dalam proses pembuatan abstrak, diantaranya;

Judul Abstrak

Format yang diperlukan dalam tahap pertamakali pembuatan abstrak ialah judul tulisan, judul ini ini sendiri menyangkut tentang tulisan “Abstrak” itu sendiri dengan susunan yang benar, artinya tidak semuanya menggunakan huruf kapital, jika menggunakan dan haruspula dipergunakan ialah dengan huruf pertama dalam abstrak. Selengkapnya, baca; Contoh Halaman Judul Karya Tulis yang Baik

Nama Penulis

Format kedua dalam penulisan abstrak yang baik ialah dengan menyebutkan format penulis, format ini sendiri tidak wajib ada. Bahkan khusus untuk skprisi tidak diperlukan, sedangkan untuk lomba-lomba karya tulis sangat penting untuk dipergunakan.

Nama penulis disambungpula dengan judul penelitian, serta ada ungkapan atau penjelasan dari pihak mana dan jabatannya sebagai apa. Contoh-contoh pembuatan abstrak dengan format ini bersifat konvensional, bisa dilakukan bisa juga tidak.

Latar Belakang

Pembuatan abstrak yang paling mudah dikerjakan ialah dengan menyusun latar belakang, dari masalah-masalah yang dihadapi sampai dengan hal-hal yang akan terjadi. Susunan ini bisa dibentuk dengan ketentuan umum ke khusus, atau sebaliknya.

Metode Penelitian

Dalam format stau struktur kepenulisan abstrak haruspula disebutkan metode penelitian yang dipergunakan, selain itu juga pada bagian ini menyebutkan sumber data pengambilan materi, varable, serta bentuk smber data lain yang disebutkan.

Tujuan menyampaikan metode penelitian dalam abstrak ini ialah untuk memudahkan menganalisa latar belakang, selain itu meyakinkan pembaca bahwa apa yang kita sebarkan dalam tulisan benar-benar bersifat ilmiah serta dapat di pertanggung jawabkan.

Simpulan Abstrak

Ungkapan kesimpulan penting untuk kemudian disampaikan dalam abstrak, kesimpulan ini menyakup daripada hasil penelitian yang dituliskan. Meskipun begitu dalam kesimpulan abstrak tidak perlu di ungkapkan saran. Kadanglah seseorang salah menulis abstrak dengan menyampikan saran. Selengkapnya, baca; Contoh Kesimpulan Karya Tulis Ilmiah Beserta Cara Membuatnya

Kata Kunci

Bagian akhir dalam proses pembuatan abstrak diperlukan kata kunci, tujuan daripada abstrak ini sendrii mempermudah pembaca serta penulis sendiri dalam fokus penelitian yang akan disampaikan, proses pembautan kata kunci dalam abstrak haruslah sesuai secara kesluruh penelitian, baik latar belakang, isi, ataupun kesimpulannya.

Dari sejumlah bahasan penting mengenai pengertian dan format pembuatan abstrak dapat disimpukab bahwa sistematisasi pembuatan abstrak tidak boleh terbolak-nalik antara satu dengan lainnya. Ketentuan mutlak untuk dilakukan bagi siapapun yang memperlukan serta menginginkan pembuatan abstrak, oleh karena itulah beberapa contoh abstrak di bawah ini bisa menjadi rujuan mengenai tata cara penulisan abstrak.

Contoh Abstrak

Kegunaan contoh abstrak yang bisa kami berikan ini tujuannya tak lain ialah membantu para pembaca untuk memahaminya secara penuh, lantaran dengan adanya contoh terbaik dari beberapa abstrak skripsi, tesis, desertasi, jurnal, arti, makalah, ataupun karya tulis sendiri dapat bisa menjadi landasarn atau gambaran awal dalam proses pembuatan abstrak.

Contoh Abstrak Karya Tulis

Contoh-contoh abstrak karya tulis ilmiah atau dikenal dengan LKTI ini sendiri meliouti bagian awal sampai akhir dalam sejumlah penelitian dilakukan. Contoh abstrak mengungkap secara jelas mengenai strutur atau format yang disampaikan dalam abstrak. Selain itujuga bagi yang merasa kurang mengenai contoh abstrak karya tulis kalian bisa membacanya dalam artikel lainnya, yaitu; 8 Contoh Abstrak Karya Tulis Imiah

Abstrak Karya Tulis

Modal Sosial dalam Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Timur Ria Simanjutak, Ester Oktaviani Harefa & Bonar Situmorang Departemen Sosiologi Fakultass Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Medan

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, dibutuhkan modal sosial (social capital) seluruh pemangku kepentingan. Modal sosial ini diharapkan akan meningkatkan rasa saling percaya (mutual trust) baik secara internal sesama pemangku kepentingan sektor wisata maupun secara eksternal terhadap turis yang datang.

Modal sosial merupakan sumberdaya sosial yang dipandang sebagai investasi untuk mendapatkan sumberdaya baru dalam masyarakat. Modal sosial diyakini sebagai salah satu komponen utama dalam mengembangan pariwisata karena dalam modal sosial terkandung nilai-nilai kebersamaan, mobilitas ide, saling kepercayaan dan saling menguntungkan untuk mencapai kemajuan bersama.

Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneltian kualitatif memperhatikan proses, peristiwa, dan otentisitas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer merupakan data yang didapat secara langsung dari sumber-sumber pertama. Unit analisisnya adalah masyarakat Kota Parapat dan Kabupaten Samosir dan masyarakat pelaku pariwisata (yang bekerja pada sektor pariwisata).

Informan merupakan subjek yang memahami permasalahan penelitian sebagai pelaku maupun orang yang memahami permasalahan penelitian. Peneliti menggunakan teknik purposive dalam pemilihan informan. Adapun kriteria yang menjadi adalah masyarakat asli di sekitar Danau Toba, pedagang Pemilik/pegawai hotel atau tempat penginapan yang ada di sekitar objek wisata, pemilik warung/rumah makan/cafe/restoran yang ada di Kota Parapat dan Kabupaten Samosir dan wisatawan.

Teknik pengumpulan data yaitu wawancara terstruktur, observasi partisipatif. Dimensi yang hendak diobservasi adalah interaksi dan pelayanan wisata di Danau Toba. Dokumentasi dengan menghimpun, menganalisis dokomen-dokumen baik dokumen tertulis, gambar maupun elektronik. Langkah-langkah analisis data yang diperoleh di lapangan dicatat atau direkam dalam bentuk naratif. Kemudian reduksi data, proses pemilihan dan pemusatan perhatian. Langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Dibutuhkan modal sosial dalam pengembangan pariwisata di Kota Parapat dan Kabupaten Toba Samosir, Sigale-gale sebagai nilai budaya dalam pengembangan pariwisata, jaringan antar pedagang souvenir dalam pengembangan pariwisata, kelompok marga atau komunitas pendukung pariwisata, jaringan pedagang souvenir dengan pemerintah dan jaringan antar pemilik hotel menjadi aspek pengembangan pariwisata di Danau Toba.

Kata kunci: modal sosial, pariwisata, Danau Toba dan kualitatif

Contoh Abstrak Paper

Contoh selanjutnya, ialah contoh abstrak dalam proses pembuatan paper. Contoh ini tak ada bedanya dengan contoh sebelumnya, hanya saja dalam tulisan dan trukturnya bisa dibilang lebih ringkas. Lantaran abstrak yang baik adalah jenis abstrak yang ringkas dan mengndung unsur-unsur keseluruhan penelitian.

Abstrak Paper

Meningkatkan Efisiensi Bank Sampah Dengan Aplikasi Mobile

Veby Regina Milano, Novenia Meglim, Haekal, Institut Teknologi Bandung

Indonesia kini sedang dilanda masalah darurat sampah. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup yang dirilis pada tahun 2015, sampah di Indonesia setiap tahunnya bertambah sekitar 200 ribu ton per hari, atau sekitar 73 juta ton per tahun. Dari 73 juta ton sampah tersebut paling banyak dihasilkan dari rumah tangga, yakni sebesar 48 persen, diikuti oleh pasar tradisional dengan 24 persen, kawasan komersial dengan 9 persen, dan sisanya dari fasilitas publik, sekolah, kantor, jalan, dan lain-lain.

Diperkirakan pada tahun 2019, Negara Indonesia akan menghasilkan sampah sekitar 77 juta ton per tahun jika tidak ditangani secara serius dan komprehensif. Penanganan sampah terkini lebih populer dengan menggunakan sistem bank sampah. Penggunaan bank sampah yang efektif dapat memudahkan pengelolaan sampah menjadi lebih teratur sebesar 2-2,5 ton sampah per bulannya. Sistem ini memungkinkan masyarakat untuk menabung tanpa menggunakan uang, tetapi menggunakan sampah yang sudah dipisahkan berdasarkan jenisnya. Aplikasi bank sampah pada smartphone dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengelola sampah miliknya dengan berbagai fitur yang disediakan.

Fitur tersebut seperti akses informasi mengenai jenis sampah dan cara daur ulang, kalkulator estimasi biaya sampah, akses lokasi bank sampah terdekat, layanan penjemputan sampah, pendaftaran sukarelawan untuk daur ulang sampah, dan lapak untuk menjual hasil daur ulang. Pengguna juga dapat melihat tabungan sampahnya melalui aplikasi ini.

Pengukuran terhadap peningkatan efisiensi bank sampah dengan menggunakan aplikasi mobile perlu kajian lebih dalam. Perlu adanya studi ke lapangan untuk melihat keadaan nyata dari pengelola bank sampah. Diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan efektivitas dari bank sampah sehingga dapat mengurangi masalah sampah dengan nilai yang lebih signifikan.

Kata Kunci: sampah, bank sampah, aplikasi, efektif

Contoh Abstrak Tugas Akhir

Contoh ketiga mengenai tulisan abstrak yang akan disampaikan adalah contoh abstrak untuk keperluan tugas akhir. Contoh ini sendiri banyak di dapatkan dari sumber internat lainnya, akan tetapi yang pasti untuk yang ada disini adalah contoh-contoh yang berkulitas dan bisa kalian jadiakan rujukan yang mendalam.

Abstrak Tugas Akhir

Pariwisata memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian di wilayah Malang Raya terutama di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Wilayah Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu memiliki banyak destinasi wisata. Namun, sebagian besar destinasi wisatanya belum diketahui oleh wisatawan asing sehingga mengakibatkan sektor pariwisata kurang berkontribusi dalam perekonomian wilayah Malang Raya.

Sosialisasi yang kurang serta informasi yang dangkal terkait wisata di wilayah Malang Raya menjadi penyebab dalam masalah ini. Hadirnya media internet menjadi perantara informasi yang mudah diakses dan juga praktis penggunaannya sehingga membantu penggunanya untuk menggali informasi terkait wisata yang ada di wilayah Malang Raya secara detail dan terperinci.

Oleh karena itu, pembuatan aplikasi berbasis android yang dinamakan TtM (Trip to Malang) dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini. Pembuatan aplikasi ini berbasis pemrograman android yang terdiri dari bahasa XML dan JAVA. XML berfungsi untuk mendesain layout sedangkan JAVA berfungsi untuk pemrosesan. Semua proses di dalam aplikasi android diambil alih sepenuhnya oleh bahasa pemrograman JAVA. JAVA adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur seperti rute menuju lokasi, info mengenai titik-titik rawan, dan info lain mengenai destinasi wisata yang akan dituju. Aplikasi ini juga di desain sedemikian rupa sehingga menarik saat dilihat dan mudah diakses untuk berbagai kalangan usia. Bahasa tampilan yang digunakan dalam aplikasi ini tentunya bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris agar wisatawan asing memahami setiap informasi yang didapat serta Bahasa Indonesia sebagai bahasa induk Negara Indonesia.

Hasil dari pembuatan aplikasi ini dapat membantu pengguna aplikasi dalam berwisata yang aman dan nyaman, serta memperkenalkan pariwisata yang ada di wilayah Malang Raya secara Internasional.

Kata Kunci : Wilayah Malang Raya, wisata, android, Sistem Informasi

Contoh Abstrak Skripsi

Contoh lainnya ialah beberapa contoh dalam abstrak untuk keperluan skripsi. Contoh ini sendiri bisa dengan mudah juga kalian baca dalam artikel “7 Contoh Abstrak Skripsi” dari mulai kesehatan lingkungan, teknik, pendidikan, hukum, sosial, dan ilmu ekskata ada artikel terbut.

Artikel Terkait;

  1. Contoh Daftar Isi Karya Tulis Ilmiah Yang Baik (Skrispi+Esai+Makalah)
  2. Contoh Kata Pengantar Karya Tulis Terbaik (Skripsi+Makalah+Esai)

Abstrak Skripsi

Pada 2014 jumlah penduduk miskin Kota Kendari adalah 18.820 jiwa atau 5.56 % dari jumlah total penduduk Kota Kendari, pada 2015 jumlah penduduk miskin di kota ini meningkat sekitar 5.59 % atau dengan kata lain selama satu tahun penduduk kota Kendari meningkat 0.03 %.

Peningkatan seperti ini menimbulkan berbagai masalah sosial, ekonomi dan lingkungan. dari jumlah penduduk Kota Kendari, dan banyaknya jumlah limbah yang dihasilkan oleh berbagai aktifitas di Kota Kendari tercatat pada tahun 2015 limbah yang dihasilkan berkisar 4500-5000 ton/hari, salah satu limbah yang ternasuk dalam pentacatan adalah limbah yang dihasilkan oleh hotel dan restoran, hal inilah yang menginspirasi kami sebagai mahasiswa Universitas Halu Oleo untuk membuat karya ilmiah ini yang berjudul Food Bank Kendari, judul ini memiliki tingkat urgensi yang sangat tinggi, karena orientasi judul ini memuat mengenai kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar seperti anak jalanan dan pengangguran, selain itu orientasi judul ini juga memiliki kepedulian terhadap lingkungan yaitu mengurangi limbah sisa makanan yang dihasilkan oleh hotel dan restoran.

Food bank merupakan salah satu program kreatif dan inovatif dari mahasiswa Universitas Halu Oleo sebagai salah satu upaya mengurangi limbah yang dihasilkan hotel dan restoran, serta mengurangi kesenjangan sosial antar masyarakat. Selain itu, dengan program food bank maka dapat merangsang timbulnya kepedulian sosial terhadap masyarakat yang kurang mampu, untuk membangun negara yang maju pemerintah harus mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran, food bank merupakan salah satu upaya dalam mengurangi kelaparan pada masyarakat khusunya anak jalanan, pengamen dan lain-lain.

Tim Food bank mengumpulkan sisa makanan dari hotel dan restoran dari hasil kegiatan seperti pernikahan, rapat, ataupun kegiatan sosial yang lain. Sisa makanan yang dimaksud adalah makanan yang masih ada di tempat makanan, bukan sisa makanan yang bersumber dari piring tamu. Setelah kegiatan selesai, sisa makanan tersebut dikumpulkan, kemudian dibawa ke tempat khusus untuk dipilah, dilabel, dan dimasukan kedalam food countainer, yang kemudian dibagikan kepada keluarga miskin secara gratis.

Selain itu, Tim Food bank juga akan bersinergi dengan program “Kendari Mengajar” untuk memfasilitasi kegitana pendidikan alternatif bagi anak jalanan. Adapun materinya lebih kami tekankan pada agama dan percakapan hidup praktis.

Kata Kunci: Food Bank, Limbah, Inovatif, Kretaif, Sosial

Contoh Abstrak Makalah

Makalah menjadi salah satu topik bahasan penting di dalam proses pembuatan karya tulis ilmiah, makalah ini sendiri juga tergolong seringkali dijadikan sebagau tugas. Baik untuk  tugas sekolah, tugas mahasiswa, ataupun tugas pendidikan lainnya.

Artikel Terkait;

  1. 16 Pedoman Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar
  2. 6 Pengertian Makalah, Ciri-ciri Makalah, dan Jenisnya Menurut Ahli
  3. Cara Membuat Saran dalam Makalah Bererta Contohnya

Abstrak Makalah

“SMART AGRO VILLAGE SYSTEM” Inovasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly Melalui Usaha Modern Agro-Complex

Sulthan Alfathir, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Trisa Oktavianti, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya

Kesenjangan sosial menjadi salah satu masalah yang mulai mencuat di era modern perkotaan yang berpotensi memicu pengaruh negatif lingkungan dan tindak kriminal. Dalam mengatasi hal tersebut Pemerintah daerah mengambil kebijakan preventif untuk menertibkan tempat-tempat negatif dan non-kondusif yang berpotensi memicu tindak kriminal dan citra buruk daerah.

Pemerintah Kota Surabaya adalah salah satu pelopor tindakan tertib dan positif dalam bermasyarakat dan bernegara, melalui penutupan kawasan eks lokalisasi Dolly. Dolly yang merupakan tempat prostitusi terbesar se-Asia Tenggara semenjak ditutup 19 Juni 2014 ternyata masih belum bisa menyelesaikan permasalahan masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Berdasarkan data dari Dinas Sosial Surabaya tercatat sekitar 1.400 WTS, 311 Mucikari, puluhan tukang parkir, pedagang, pengelolah penginapan, cleaning service, tukang becak, dan pekerja lainnya yang menggantungkan pekerjaan di kawasan Dolly kehilangan mata pencaharian mereka dan merasa kesulitan akibat penutupan Dolly.

Dari pengalaman lapang dan kondisi yang ada kami sebagai mahasiswa merasa bertanggung jawab untuk memberikan solusi nyata melalui program “Smart Agro Village System”. Sebuah Program pemberdayaan mantan penghuni eks lokalisasi Dolly dalam melakukan kreativitas usaha ke arah yang lebih positif dan progressive melalui usaha pengelolaan modern agro-complex yang berorientasi pada system zero waste dan high profit.

Bidang agrokompleks yang akan kami angkat adalah inovasi budidaya jamur tiram, budidaya cacing, belut, dan pengolahan pupuk organik yang menjadi bagian terkait dan tidak terpisahkan. “Smart Agro Village System” memiliki prinsip low cost high productivity, kami melakukan penerapan teknologi proses dalam setiap unit pelaksanaan program dan mengaplikasikan sistem zero waste.

Program ini sangat baik dalam pelaksanaannya nanti, karena dalam aktivitasnya diterapkan pendampingan melalui buku panduan (Standart Operational Procedure), sistem pelatihan teknologi proses, dan crisis centre sebagai tempat konsultasi.

Program ini ditujukan untuk menciptakan inovasi pemberdayaan pada masyarakat eks lokalisasi Dolly, untuk mengetahui dampak dan kesesuaian penerapan “Smart Agro Village System” terhadap masyarakat eks lokalisasi Dolly, untuk mengetahui penerapan usaha modern agro-complex, serta penggunaan teknologi proses pada pemberdayaan masyarakat eks lokalisasi Dolly sehingga dapat bermanfaat dalam meningkatkan daya saing dan ekonomi masyarakat, kesejahteraan masyarakat sasaran program dan nantinya mampu menjadikan hasil Desa binaan ini sebagai program percontohan wilayah lain di Indonesia.

Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, literatur, serta dokumentasi. Sementara itu, pengambilan sumber data x menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari data yang dibuat, “Smart Agro Village System” dapat menjadi inovasi dan solusi nyata yang sesuai dalam memberdayakan masyarakat eks lokalisasi Dolly melalui penerapan usaha modern agro-complex yang dilengkapi penggunaan teknologi proses berdasarkan pertimbangan lokasi (analisis ruang), SDM, analisa pasar, serta interaksi antara sistem yang berkaitan. Selain itu, diperlukan kerja sama pemerintah dan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat eks lokalisasi Dolly Surabaya mengenai program “Smart Agro Village System” agar dapat terlibat secara aktif.

Kata kunci : Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly, Modern Agro-complex, Smart Agro Village System, Teknologi Proses

Contoh Abstrak Proposal Penelitian

Contoh abstrak proposal penelitian biasanya diperlukan sebagai salah syarat pengajuan dana penelitian ataupun izin dalam untuk melakukan sebuah penelitian. Proposal penelitian ini menjadi penting bagi siapapun yang akan melakukan penelitian.

Artikel Terkait;

  1. Pengertian Laporan Penelitian Menurut Para Ahli dan Syarat Penulisannya
  2. Cara Menentukan Topik Penelitian dan Merumuskan Pertanyaanya
  3. Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya Menurut Ahli

Proposal Penelitian

“Casing Handphone Berbahan Limbah Plastik dengan Ukiran Topeng Malangan Timbul sebagai Upaya Produk Lokal go Internasional dan Mengurangi Penumpukan Limbah Plastik di Kota Malang”

Disusun Oleh : Sinta Puspitasari, Khaula, Isma Farikha LN Universitas Brawijaya

Permasalahan limbah plastik merupakan permasalahan klasik yang sampai saat ini pemerintah-pun terus menerus menggalakkan berbagai program untuk mengurangi jumlah limbah plastik tersebut. Sifat plastik yang kuat dan baru bisa terurai dalam waktu 500 tahun ke depan menjadi permasalahan lain yang menyulitkan untuk dimusnahkan.

Selain itu, jumlah plastik yang terus menerus bertambah tidak sebanding dengan pengurangan jumlah limbah pastik itu sendiri. Sehingga keberadaan plastik akan menumpuk dan menyababkan berbagai macam permasalahan lain seperti pencemaran lingkungan yang meliputi udara, tanah, peraian, menimbulkan sumber penyakit dan lain sebagainya. Di sisi lain, dengan kehadiran MEA di awal tahun 2016 menuntut Indonesia untuk bersaing secara global dan mendunia dikarenakan terbukanya kemudahan arus perdagangan antara Indonesai dengan Negara ASEAN lainnya.

Berbagai produk Negara ASEAN akan mudah memasuki pasar Indonesia tanpa peraturan ketat seperti sebelumnya dikarenakan tujuan awal MEA adalah untuk meningkatkan arus perdangangan secara bebas di kawasan Asia Tenggara. Melihat kondisi tersebut, maka produk lokal Indonesia memiliki potensi tersendiri untuk mendukung perekonomian nasional dalam persaingan produk lokal Indonesia secara mendunia.

Melalui berbagai permasalahan tersebut maka penulis berinisiatif untuk membuat produk lokal berbahan limbah plastik untuk meningkatkan kualitas produk lokal agar bisa bersaing secara internasional, khususnya di Kota Malang.

Adapun produk tersebut adalah casing handphone berbahan limbah plastik disertai ukiran timbul topeng Malangan. Pemanfaatan menjadi casing handphone dilatarbelakangi oleh pengguna gadget dan smartphone yang besar serta penggunaan casing handphone yang berbanding lurus dengan pengguna gadget dan smartphnone tersebut.

Pemilihan penggunaan ukiran topeng Malangan dimaksudkan sebagai langkah inovasi produk yang membedakan dengan produk lain. Selain itu topeng Malangan juga merupakan icon Kota Malang, sehingga casing handphone ini dapat berciri khas budaya yang dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen casing handphone.

Adapun penulisan karya tulis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjabarkan dengan detail permasalahan terkait serta menggunakan study pustaka untuk mendapatkan bahan yang relevan dan berkaitan di jurnal ilmiah maupun buku-buku.

Teknik pengumpulan data menggunakan study observasi dengan mengamati secara langsung masyarakat Kota Malang untuk mendapatkan data terkait ukiran Topeng Malangan dan pemanfaatan sampah plastik di Kota Malang sendiri. Melalui pemanfaatan limbah plastik ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan penumpukan limbah plastik di Kota Malang, membuat produk casing hp yang berciri khas Topeng Malangan timbul yang dapat menembus kancah internasional, di samping itu juga dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat Kota Malang karena dapat membuka peluang pekerjaan dengan meminimalkan bahan baku sekecil-kecilnya dan dengan hasil semaksimal mungkin.

Kata Kunci : Plastik, Casing handphone, Internasional, Topeng Malangan, Ekonomi

Contoh Abstrak Tesis

Contoh lainnya, berkaiatan dengan karya tulis ilmiah ialah tesis. Tesis sendiri disusun sebagai prasyarat mahasiswa megister. Dalam semua jenjang pendidikan yang diambil. Megister sendiri ialah nama lain adaripada S2 atau Pascasarjana.

Abstrak Tesis

Di era persaingan saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa dunia pendidikan Indonesia masih terfokus pada sistem pembelajaran yang umum sehingga hanya dapat digunakan oleh pelajarumum biasanya, tetapipengajar program studi Manajemen Pemasaran / Anak Berkebutuhan Khusus di Politeknik Negeri Jakarta merumuskan metode pembelajaran Individualized Educational Program (IEP) yang dapat diterapkan kepada Mahasiswa yang mempunyai keterbatasan dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran Individualized Educational Program (IEP) bagi Mahasiswa berkebutuhan khusus berbasis FunAct (Syafie’i, 2005) : (i) Fun, (ii) Active, (iii)C reative.

Adapun rumusan masalah penelitian adalah seperti apakah metode pembelajaran Individualized Educational Program (IEP) bagi mahasiswa berkebutuhan khusus berbasis FunAct? Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian pengembangan.

Data dikumpulkan dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan para pengajar program studi Manajemen Pemasaran/ Anak Berkebutuhan Khusus dan Psikolog. Data yang telah terkumpul selanjutnya di analisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitiannya adalah metode pembelajaran Individualized Educational Program (IEP) bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus berbasis FunAct : (i) Membangun keceriaan agar materi mudah dipelajari, (ii) memberikan material atau benda yang dapat merangsang keaktifan, (iii) mengarahkan keaktifannya pada potensi yang ingin diasah.

Ujicoba metode pembelajaran pada mahasiswa berkebutuhan khusus Politeknik Negeri Jakarta periode Mei -Juni 2016 menunjukkan bahwa metode pembelajaran FunAct mampu meningkatkan semangat dan menciptakan keterampilan yang mampu bersaing di kancah Internasional baik berupa produk maupun jasa.

Kata Kunci : FunAct, Individuaized Educational Program (IEP), Mahasiswa berkebutuhan khusus, Metode pembelajaran.

Contoh Abstrak Desertasi

Contoh lainnya berkaiatan dengan abstrak adalah desertasi. Deseertasi ini menjadi bagian syarat lulus seseorang yang mengambil jurusan S3 atau program pendidikan doktor di Kampus-Kampus seluruh Indonesia.

Abstrak Desertasi

Negara Kepulauan Indonesia memiliki potensi alam yang sangat beragam. Dengan 5 pulau besar yang terbentang dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua, berjajar pula sekitar 17.000 pulau pulau kecil dengan segala keanekaragaman flora, fauna maupun budaya lokal yang khas.

Selain itu, Indoenesia juga memiliki kekayaan maritim dengan luas laut dan perairan yang mencapai 2/3 wilayah Indonesia, yakni sebesar 5,8 juta km2 dan panjang pantai sekitar 97 ribu km yang sangat menjanjikan untuk dikembangan dalam segi pariwisatanya.

Salah satu Provinsi di Indonesia yang memliki potensi pariwisata dengan daerah pesisir yang cukup luas adalah Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Selatan. Lampung Selatan memiliki pantai-pantai yang indah dan tempat wisatalainya. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam membina daerahnya sangat diperlukan guna tercapainya Desa yang mandiri.

Salah satunya adalah membangun kesadaran masyarakt desa mengenai pentingnya kesadaran hukum. untuk pengembangan potensi wisata agar masyarakat bisa melestarikan kearifan lokal. Pemuda sebagai suatu identitas yang idealis dan inovaif dapat menjadi motor penggerak dalam mengkampayekan kesadaran pariwisata berbasis lingkungan.

Salah satu komunitas pemuda yang bergerak di bidang inovasi yang saat ini sedang menaruh konsentrasinya pada pembangunan desa wisata adalah komunitas ini berbasis volunteer, tidak ada dukungan dari pihak manapun melainkan bergerak atas dasar solidaritasme dan kesedaran masing masing anggotanya untuk membangun Lampung dengan tetap menjaga bumi tempat mereka tinggal agar tetap lestari.

Saat ini pemuda Janis sedang mengembangkan desa wisata nya yang bernama Desa Kunjir di Kalianda, Lampung Selatan. Inovasi-Inovasi yang dilakukan pemuda janis menghasilkan beberapa produk yaitu eco-brick, eco-trashbin, eco-sign, pemasaran kerajinan tangan khas desa dengan cara mempromosikannya ke media sosial hingga ikut andil di desa.

Pemerintah sebagai pengayom, pelindung dan pengawas dapat melakukan inovasi dengan mengambil kebijakan-kebijakan hijau seperti memberikan peraturan daerah yang dapat menjadi pedoman masyarakat dalam mengambil tindakan-tindakan dimasa depan. Pemuda sebagai motor penggerak dapat memberikan contoh kepada masyarakat demi menjaga keseimbangan pengembangan pariwisata dan pelestarian lingkungan.

Kata Kunci: Pemuda, Pengelolaan Ekowisata Desa, Berbasis Inovasi, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Contoh Abstrak Artikel Ilmiah

Selain daripada contoh abstrak di atas, tulisan ini juga akan menyajikan contoh abstrak artikel ilmiah. Yang bisa dengan mudah kami contoh dari gaya kepenulisan serta intisari pembahasan yang dilakukan, beberapa contoh ini sangatlah penting sebagai pedoman pembuatan artikel.

Baca juga;

  1. Contoh Artikel Ekonomi
  2. Pengertian Artikel, Jenis, Syarat dan Langkah Penulisannya
  3. Perbedaan Artikel dan Opini

Abstrak Artikel

“Zone Dovelopment KaurBeef” Sebagai Usaha engembaPngan KomoditasTernakBerbasis Sumber Daya Lokal dan EkonomiKerakyatanDi Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu

Roni Saeful Anwar, Arifin Marzuki, Icuk Rahmadani Universitas Bengkulu

Dewasa ini kebutuhan daging sapi indonesia sebagai salah satu sumberprotein hewani semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kebutuhan giji yang seimbang. Hal ini selaras dengan data PPSKI (Perhimpunan Peternakan Sapi dan Kerbau Indonesia) 2016, saat ini kebutuhan danging sapi secara nasional mencapai 3000.000 ton/tahun.

Pemenuhan kebutuhan daging di indonesia dapat berasal dari beberapa jenis ternak penghasil daging seperti sapi,kerbau kambing,domba dan berbagai jenis unggas. Namun sampai saat ini masih terdapat kesenjangan yang cukup signifikan antara konsumsi masyarakat dengan ketersedian daging. Oleh karena ituindonesia masih melakuan impor daging baik merupakan daging beku maupun bakalansapi yang pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan daging di inonesia. Hal inisesuai dengan PPSKI (Perhimpunan Peternakan Sapi dan Kerbau Indonesia) yang menyatakan negeri ini masih membutuhkan 600.000 ekor sapi impormenyusul tingginya konsumsi daging di dalam negeri.

Hal ini menjadikan indonesia menjadi ketergantunga nimpor daging. Impo ini juga berakibat pada ketidak mandirian indonesia dalam menyediakan pemenuhan kebutuhan daging. Indonesia memerlukan suatu tindakan top-down dari pemerintah selakupemegang kekuasaa maupun masyarakat selaku culture social yang dapat meminimalisir ketergantungan impor daging. Zone Dovelopment Kaur Beef merupakan tawaran gagasan yang sangat aplikatif untuk diterapkan dalam mengatas ketergantungan impor daging melalui Pengembangan Komoditas Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal dan Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Zone Dovelopment Kaur Beef merupakan sebuah area atau kawasan pengembangan sapi kaur yang dilakukan secara intensif oleh sekolompok masyarakatdi Kabupaten kaur Provinsi Bengkulu guna menunjang perekonomian masyarakat.

Sapi kaur yang dikembangkan merupakan kekayaan sumberdaya local Kabupaten kaur yang perlu dilestarikan dan dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhandaging. Metode penulisan yang digunakan yaitu dengan metode pengumpulandata, pustaka yang dapat dipertangungjawabkan sehingga dapat menjadi acuanbaru dikemudian hari. Terlealisasinya gagasan ini akan menjadi solusiterhadap permasalahan ketergantungan impor dan akan menjadi penyokong kebutuhan danging.

Kata Kunci :Zone Dovelopment Kaur Beef, Sumberdaya Lokal,Provinsi Bengkulu

Contoh Abstrak Essay

Essay menjadi salah satu bagian karya tulis ilmiah, yang juga penting untuk memberikan pengulasannya berupa abstrak. Ringkasan mengenai abstrak dalam contoh ini sendiri bisa kamu ambil intisari dan selanjutnya bisa dengan mudah kamu pelajari.

Baca juga;

  1. Pengertian Esai, Ciri-Ciri, Bagian dan Contohnya
  2. Jenis-Jenis Esai Beserta Penjelasannya
  3. Pengertian Esai Sastra dan Contohnya

Abstrak Essay

Pemberdayaan pengangguran Berketerampilan (Friksional) Melalui Platform Ekonomi, Ladang-Jasa

Puspita Ghaniy Anggraini, Nur Hayatiningsih Akuntansi, Universitas Gadjah Mada

Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia menyebabkan pengangguran terus menjadi fokus pemerintah hingga saat ini. Data terakhir pada Februari 2016 menujukkan bahwa jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,02 juta orang.

Salah satu jenis pengangguran, yaitu pengangguran friksional, terjadi akibat ketidaksesuaian antara keterampilan yang dimiliki oleh angkatan kerja dengan kebutuhan penyedia kerja. Walaupun demikian, keterampilan yang dimiliki oleh pengangguran friksional tersebut sebenarnya masih dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu.

Akan tetapi, belum ada sarana yang dapat mempertemukan antara keduanya. Selain itu, keterampilan yang dimiliki oleh angkatan kerja ini merupakan sebuah potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan kerja baru secara mandiri dan mendukung tumbuhnya perekonomian dengan peningkatan partisipasi kerja.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah sarana yang mampu mewadahi keterampilan yang dimiliki oleh pengangguran friksional sehingga dapat menawarkan keterampilannya dalam bentuk jasa kepada pihak yang membutuhkan.

Essay ini akan membahas mengenai platform ekonomi Ladang-Jasa yang merupakan sebuah sarana untuk menampung keterampilan serta potensi-potensi lainnya yang dimiliki oleh pengangguran friksional. Dengan konsep pasar digital dan outsourcing tenaga kerja, platform Ladang-Jasa ini memberikan ruang bagi para penganggur friksional untuk dapat menawarkan keterampilannya dalam bentuk jasa bagi pihak yang membutuhkan. Melalui platform ini, pengangguran friksional hanya perlu menyediakan keterampilan dan modal tetap pendukung untuk dapat memulai pekerjaanya.

Selebihnya, modal lancar akan dipenuhi oleh pihak yang membutuhkan jasa keterampilan sesuai dengan kebutuhan jasanya melalui mekanisme perjanjian tertentu maupun uang muka. Platform Ladang-Jasa diharapkan mampu mendukung peningkatan penghasilan pengangguran friksional yang berdampak pada peningkatan PDB daerah serta nasional dalam jangka pendek dan penyediaan modal usaha bagi pengangguran friksional tersebut dalam jangka panjang.

Kata kunci: platform, jasa, keterampilan, pengangguran, friksional.

Dari sejumlah kumpulan contoh-contoh abstrak terbaik yang dapat kami bagian di atas, pada dasarnya manfaat serta fungsi abstrak ialah sebagai pengambaran secara ringkat materi dari hasil peneliian yang di utarakan, dalam abstrak haruslah memuat unsur-unsur sepertu judul tertutama juga memuat adanya kyeword atau kata kunci yang menjadi pokok bahasan dalam penelitian berupa karya tulisan ilmiah yang disampaikan.

Demikianlah tulisan serta penjelasan mengenai beberapa kumpulan contoh abstrak-abstrak terbaik dan terlengkap. Semoga dengan adanya tulisan kali ini banyak membantu para pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang “Contoh Abstrak”. Trimakasih,

11 Contoh Abstrak-Abstrak Terbaik dan Terlengkap
1 (20%) 1 vote