2 Pengertian Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diposting pada

Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli

Tujuan penelitian diakui ataupun tidak, pada dasarnya selalu tuliskan bagi siapapun yang ingin membuat karya tulis ilmiah, baik untuk lomba, membuat jurnal, ataupun untuk menyelesaikan studinya.

Tujuan penelitian dalam hal ini pada dasarnya menginformasikan kepada para pembaca agar mengetahui tentang apa yang akan kita teliti, dan kemudian mengetahui tentang apa saja yang akan kita peroleh dari penelitian yang ingin dilakukan.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian menjadi bagian daripada upaya untuk mengambarkan pengumuman kepada para pembaca karya tulis yang kita buat, bahwa akan ada unit-unit yang seharusnya diobservasi, apa yang harus di observasi dan bagaimana prosesnya.

Pengertian Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah bagian yang ada dalam sebuah pernyataan atau rumusan kalimat yang menunjukkan adanya sesuatu yang akan diperoleh setelah penelitian selesai dilakukan. Oleh karena itu dalam membuat tujuan penelitian harus sejalan dan konsisten dengan rumusan masalah penelitian.

Pengertian Tujuan Penelitian Menurut Para Ahli

Adapun definisi tujuan penelitian menurut para ahli, antara lain;

  1. Rina Hayati (2021), Tujuan penelitian adalah bagian daripada adanya bentuk pernyataan terkait mengapa riset dijalankan. Sehingga dalam penulisan untuk tujuan penelitian ini sangatlah mungkin dalam mengidentifikasi konsep gna menjelaskan atau memprediksi situasi atau solusi untuk situasi yang menunjukkan jenis studi yang akan dilakukan.
  2. Creswell (2016), Pengertian tujuan penelitian adalah terdapatnya penunjukkan pertanyaan tentang mengapa seseorang ingin melakukan penelitian dan apa yang ingin dicapainya.

Ciri Tujuan Penelitian

Adapun untuk karakteristik tujuan penelitian, antara lain;

  1. Selalu jabarkan dengan menggunakan kata kerja pembuka. Seperti menemukan, menjelaskan, menganalisis, menguraikan, menilai, menguji, membandingkan, menemukan hubungan antara memperoleh data atau pengetahuan atau keterangan, dan meneliti pengaruh atau efek.

Contoh Tujuan Penelitian

Sistematika yang bisa disebutkan dalam proses penulisan untuk bagian tujuan penelitian. Misalnya saja;

Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah;

  1. Mengetahui bahwa air limbah laundry dapat menjadi sumber energi listrik dengan abu gosok sebagai bahan aktifnya.
  2. Mengetahui pengaruh dari perlakuan terhadap energi listrik yang dihasilkan dan mengetahui formulasinya yang tepat.
  3. Menyebarluaskan ide dan manfaat agar mendukung kebutuhan energi listrik
    nasional

Demikianlah untuk penjelasan mengenai pengertian tujuan penelitian menurut para ahli dan karakteristik tujuan penelitian. Semoga tulisan sederhana ini dapat membantu bagi siapapun yang ingin atau akan melakukan penelitian.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.