13 Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Supervisi Pendidikan– Istilah supervisi barangkali tidak terasa asing lagi bagi seseorang yang mendalami ilmu pendidikan atau lebih tepatnya adalah supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan sejatinya berasal dari saduran Bahasa Inggris dari kata “Supervision” yang memiliki makna dasar pengawasan. Sehingga secara kasat mata pengertian supervisi pendidikan adalah kepengawasan di bidang pendidikan.

Adapun untuk seseorang yang melakukan kegiatan supervisi pendidikan disebut “Supervisor” yang tujuannya adalah memimbing, mengawasi, dan mengevaluasi peran serta pendidikan yang ada di Indonesia.

Pengertian Supervisi Pendidikan


Supervisi dalam seuatu pendidikan dapat diartikan sebagai serangkaian atau proses kegiatan untuk membantu mengembangkan, mengawasi, dan mengelola proses pendidikan demi tercapainya tujuan lembaga pendidikan yang ada.

Baca: Pengertian Kode Etik Jurnalistik

Sebagai upaya memperkuat defenisi supervisi pendidikan diatas perlu setidaknya kita mengtahui tentang pengertian supervisi pendidikan menurut para ahli.

Pengertian Supervisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijabarkan tentang pengertian supervisi pendidikan menurut para ahli, semoga dapat menambah wawasan pembaca yang khusunya sedang mencari arti supervisi pendidikan.

P Adam dan Frank G Dickey
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu program yang terencana dalam upaya memperbaiki mata pelajaran pelajaran.

Kerney, dalam W. Mantja
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah prosedur pengarahan dan pemberian evaluasi kritis terhadap proses Intruksional pendidikan. Sasaran akhir dari supervisi pendidikan ialah menyediakan bentuk pelayanan pendidikan yang lebih baik kepada semua siswa yang ada.

Boardman, Douhglass dan Bent
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah usaha mendorong, mengkoordinasikan, dan membimbing perkembangan seorang guru. Baik usaha tersebut secara perseorangan atau kelompok yang sehingga guru mendapatkan pengertian yang lebih baik dan efektif.

Haris dan Benssent
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu tindakan administratif agar dapat dengan mudah mempengaruhi tercapainya tujuan-tujuan pengajaran sekolah.

Kimball Wiles
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan ialah kegiatan supervisor dalam kaitanya dengan hubungan antar manusia dan manusia lain, yang bekerja dengan semua orang dalam lingkungan pendidikan yang ada.

Sergiovanni dan Starret
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah kegiatan yang bertanggungjawab terhadap perbaikan pengajaran. Sehingga semua tujuan umum sekolah atau pendidikan dapat dengan mudah dicapai oleh lembaga pendidikan.

ASCD
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah semua orang yang bertanggungjawab membantu anggota staf lainya meningkatkan kemampuan lembaga pendidikan.

Alfonso, Firt dan Neville
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu organisisasi yang kompleks yang mempunyai suatu implikasi konsekuensi terkait pendidikan dalam supervisi pengajaran.

Mosher dan Purpel
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu fungsi kepemimpinan  yang memberikan bimbingan professional dalam memformulasikan kembali pendidikian, lebih spesifik lagi memformulasikan kurikulum pendidikan, system dan bentuk-bentuk pendidikan untuk lembaga pendidikan tersebut.

Kerney
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu prosedur pemberian pengarahan dan evaluasi kritis terhadap proses instruksional sehingga mampu menyediakan pelayanan pendidikan yang lebih baik daripada siswa.

Boardman, Douglass dan Bent
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu usaha dalam mendorong, mengkoordinasikan, dan membimbing perkembangan guru di lembaga pendidikan secara baik sehingga guru mendapatkan efektif untuk dapat melaksanakan semua fungsi mengajaran disekolah.

Mantja
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan adalah suatu pengajaran atau pembelajaran dilakukan dalam mengawasi kegiatan sekolah sehingga proses pendidikan berjalan dengan baik.

Neagly dan Evans
Memberikan pengertian bahwa supervisi pendidikan proses penekanan kepada aspek pemberhasilan proses belajar mengajar, sehingga ada ahli yang membagi supervisi menjadi supervisi umum yang menunjang kelancaran PBM.

Dari defenisi supervisi pendidikan atau pengertian supervisi pendidikan diatas dapat disimpulkan bahwa esensi supervisi tidak untuk menilai unjuk kerja konselor dalam mengelola proses bimbingan, melainkan membantu konselor mengembangkan kemampuan profesionalismenya secara baik dan benar sehingga tujuan pendidikan akan terarah dengan semestinya.

Demikialahn untuk ulasan mengenai pengertian supervisi pendidikan, semoga mampu menambah wawasan bagi para pembaca sekalian. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *