3 Pengertian Historiografi Menurut Para Ahli, 3 Jenis, dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Historiografi Tradisional Menurut Para Ahli
Pengertian Historiografi

Historiografi pada hakikatnya berasal dari dua istilah, yakni history (sejarah) dan graph (tulisan). Sehingga tentusaja dalam hal ini secara umumnya historiografi adalah bagian daripada serangkaian tulisan-tulisan sejarah, yang bersifat ilmiah ataupun tidak ilmiah.

Historiografi

Historiografi adalah langkah terakhir dari suatu proses penulisan dan penyusunan kisah masa lampau (sejarah) yang direkrontruksi berdasarkan pada fakta-fakta yang telah diberi penafsiran.

Oleh karena itulah sampai saat ini banyak ditemukan penafsiran-panafsiran bahwa peristiwa sejarah yang dikisahkan melalui subuah historiografi selalu saja pengaruhi oleh subyektifitas peneliti (penulis) dalam merekontruksi sejarah tersebut.

Pengertian Historiografi Menurut Para Ahli

Adapun definisi historiografi menurut para ahli, antara lain;

  1. Drs. Sugiyanto, M. Hum

Historiogarfi adalah bagian daripada pengulasan sejarah yang terdapat dalam puncak dari kegiatan penelitian sejarah setelah topik yang menarik untuk metode sejarah telah dipilih, sehingga bagian ini bersumber dalam serangkaian informasi yang terkandung di dalamnya ditafsirkan.

  1. Prof. Dr. Helius Sjamsudin M.A,

Pengertian historiografi adalah bagian daripada proses sintesis oleh para sejarawan dari semua hasil penelitian atau penemuannya dalam naskah lengkap.

  1. Soedjatmoko, dkk

Historiografi adalah proses penulisan sejarah dalam ilmu sejarah puncak dari kegiatan penelitian sejarawan. Dalam metodologi sejarah, historiografi adalah bagian terakhir. Langkah terakhir, tapi langkah itu merupakan langkah yang paling sulit.

Jenis Historiografi

Di indonesia sendiri sampai saat ini menurut data yang terbaru, Historiografi terdiri dari 3 macam, diantarnya adalah sebagai berikut;

  1. Historiografi Tradisional, pengartian pada Historiografi Tradisional pada dasarnya memiliki ciri yang menekankan unsur cerita, misalnya dalam masalah  kerajaan, raja sentris, dan historial ini berkembang sejak masuknya budaya Hindu sampai masuknya Budha
  2. Historiografi Kolonial, ada Historiografi yang menjelaskan tentang Eropa Sentris, Pandangan Kolonial
  3. Historiografi Nasional, Historiografi ini lebih banyak menjelaskan tentang pandangan Indonesia yang sesuai dengan suatu sejarah yang ada

Contoh Historiografi

Sebagai penjelas mengenai contoh historiografi, misalnya saja sajal

  1. Babad Demak

Untuk contoh Historiografi Tradisional kita seringkali mendengar kisah mengenai “Babad Demak”. Babad pada kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa ini menceritakan tentang awal mula lahirnya penyebaran Islam di Pulau Jawa, yang diceritakan dari bab satu ke bab yang lainnya.

Penceritaan tentang Babad Demak sebagai contoh Historiografi Tradisional ini menekankan pada awal hingga akhir, oleh karenannya contoh mengenai Historiografi Tradisional begitu panjang dan dibutuhkan penelitian yang mendalam bagi para ahli sejarawa.

Mulai dari Oral History, yakni Sejarah lisan adalah kisah sejarah yang berdasarkan pada ungkapan pengalaman pelaku yang terlibat secara langsung pada peristiwa tertentu dan tahap lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian historiografi menurut para ahli, jenis, dan contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi siapapun yang sedang sengan mendalami arti tentang “Histroriografi”. Trimakasih,

5/5 - (2 votes)