4 Pengertian Model Pembelajaran CIRC Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Model Pembelajaran CIRC– Metode Cooperative Integrated Reading and Compotition atau yang lebih dikenal dengan CIRC merupakan salah satu bagikan daripada model pembelajaran kooperatif. Yang artinya pada aktifitas pembelajarannya peserta didik mengikuti urutan instruksi yang diberikan oleh tenaga pendidik, instruksi atau perintah berupa latihan tim, asesmen awal tim, dan juga kuis.

Baca: 10 Pengertian Model Pembelajaran Inkuiri Lengkap

Disini terlihat bahwa seorang peserta didik atau siswa tidak hanya diberikan kuis selama timnya tersebut belum mengatakan bahwa mereka siap. Adapun bisanya penghargaan yang diberikan kepada tenaga pendidik kepada tim berupa sertifikat yang diberikan oleh tenaga pendidik kepada tim berdasarkan kinerja rata-rata dari semua anggota tim, bukan penliain individu.

Sebagai uraian lebih lanjut mengenai model pembelajaran CIRC, indonesiastudents.com akan memberikan ulasan mengenai pengertian model pembelajaran CIRC menurut para ahli yang berkompenten dalam disiplin ilmu pendidikan.

Pengertian Model Pembelajaran CIRC Menurut Para Ahli


Ada beberap ahli yang mencoba mengertinakn arti model pembelajaran CIRC, berikut pengertian model pembelajaran CIRC.

Muhammad Nur (2005)
Memberikan pengertian bahwa model pembelajaran CIRC dilakukan dengan melihat kontribusi speserta didik kepada timnya yang didasarkan pada kuis. Siswa dan tim biasanya membuat karya tulis sebagai bentuk akhir mandiri.

Steven (dalam Nur, 2000)
Meenurutnya CIRC model pembelajaran CIRC adalah salah satu bentuk model pembelajaran cooperative learning yang awal mulanya dilakukan dengan pengajaran kooperatif terpadu , seperti membaca dan menulis.

Farnish
Menurutnya pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah model pembelajaran kooperatif yang berusaha mengintegrasikan suatu tugas bacaan secara menyeluruh yang kemudian guru menginstruksikan untuk mendeskripsikan bagian-bagian yang penting dari materi yang diberikan.

Slavin (1995)
Menurutnya pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah model pembelajaran yang dapat membantu para peserta didik untuk mengembangkan kemampuan serta kapasitasnya. Sebab dalam model pembelajaran ini peserta didik akan mampu menggambarkan dasar pemikiran, pengembangan, dan evaluasi dari materi yang telah disampiakan.

Dari pengetian model pembelajaran CIRC menurut para ahli di atas dapat disimpulka bahwa model pembelajaran ini meggunakan suatu program komprehensif dalm pengajaran yang diberikan oleh tenaga pendidik (guru) melalui instruksi membaca dan menulis secara tim atau berkelompok. Biasanya pula model pembelajaan ini dilakukan di kelas-kelas tinggi, seperti kelas 6 SD (Sekolah Dasar) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Demikianlah ulasan mengenai pengertian model pembelajaran CIRC atau Cooperative Integrated Reading and Compotition semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi siapapun yang sedang mendalami meodel atau jenis model pembelajaran. Trimakasih, baca juga artikel lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *