7 Kebutuhan Peserta Didik di Sekolah Lengkap

Posted on

indonesiastudents.com– Peserta didik atau murid memang memiliki peran yang sangar vital bagi kemajuan bangsa dan Negara. Mereka bukan hanya sebagai generasi penerus bangsa, akan tetapi menjadi harapan seluruh elemen bangsa di masa mendatang.

Sampai saat ini atau bahkan di masa mendatang pendidikan yang ada di Indonesia pada dasarnya tergolong menjadi dua, yaitu pendidikan formal seperti sekolah dan pendidikan non formal seperti pendok pesatren Islam, pelatihan dan lain sebaginya.

Sebagai upaya mengoptimalkan hasil pendidikan yang ada, sudah seharusnya peserta didik terpenuhi kebutuhan yang ia inginkan dan harapkan. Berikut ini indonesiastudents.com akan di ulas lebih mendalam tentang apa saja kebutuhan peserta didik.

Kebutuhan Peserta didik


Ada 7 kebutuhan yang harus diperoleh peserta didik, 7 kebutuhan peserta didik ini saling berkiatan dan tidak boleh terlupakan. Berikut kebutuhan peserta didik akan dijelaskan lebih lanjut;

Kebutuhan Agama
Kebutuhan agama sebenarnya sudah ditanamkan oleh seseorang sejak lahir, sebab secara langsung ataupun tidak langsung seorang manusia telah membutuhkan agama. Yang dimaksud agama di sini adalah iman, dimana defenisi iman adalah diyakini dalam hatia, diresapkan dalam perasaan dan dilaksanakan dengan amal perbuatan.

Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan dasar manusia termasuk peserta didik yang bersifat instink, tidak dapat dipengaruhi oleh lingkungan dan pendidikan. Kebutuhan jasmani misalnya adalah kesehatan.

Kebutuhan Rasa Aman
Rasa aman juga menjadi kebutuhan bagi peserta didik. Rasa aman menjadi kebutuhan yang akhirnya mampu mendorong individu untuk kemudian memperoleh ketentraman, kepastian dan juga keteraturan dari lingkungan dimana dia berasal.

Kebutuhan Kasih Sayang
Kasih sayang juga menjadi kebutuhan bagi peserta didik, kasih sayang dianggap sebagai kebutuhan yang mampu mendorong seorang manusia untuk mengendalikan ikatan emosional dengan orang lain ataupun orang tua. Kasih sayang umumnya diaktualisasikan dalam bentuk kebutuhan memiliki dan dimiliki, mencintai dan dicintai, menyayangi dan disayangi dan sebagainya.

Kebutuhan Akan Penghargaan
Penghargaan juga menjadi kebutuhan yang harus diperoleh peserta didik. Penghargaan merupakan kebutuhan setiap orang untuk merasa dihargai atau berharga dalam hidupnya. Penghargaan kepada peserta didik di sekolah misanya adalah peringkatan juara, meskipun tidak memperoleh hadiah atau hadihanya kecil tetapi hal ini sangat penting dilakukan, karena mampu menjadi pendorong peserta didik untuk lebih optimal dalam belajar.

Kebutuhan Rasa Bebas
Rasa bebas juga menjadi suatu kebutuhan bagi peserta didik. Kebutuhan ini diperlukan untuk merasa bebas dari kungkungan-kungkungan yang mengikat. Rasa bebas bukan berarti peserta didik tidak terkontrol, namun tetapi memiliki batasan-batasan yang menjadi prioritas utamanya. Misalnya kebutuhan rasa bebas ketika peserta didik memilih jurusan di perguruan tinggi atau lain sebaginya.

Kebutuhan Rasa Sukses
Pada umunya seorang inividu atau peserta didik sangat menginginkan segala iktiarnya dalam menempuh pendidikan baik di SD, SMP, ataupun SMA dapat berhasil dengan baik, terutama secara akademik. Oleh karena itulah rasa sukses menjadi priortas akhir tapi utama dalam memahami kebutuhan peserta didik.


Demikianlah ulasan mengenai 7 kebutuhan peserta didik di sekolah yang harus dipenuhi, jika ada salah satu kebutuhan peserta didik yang tidak terpenuhi,  maka dapat dipastikan bahwa peserta didik tersebut akan  menuntut kebutuhan atau menyalahkan kebutuhan yang tidak diperoleh. Hingga pada akhirnya peserta didik akan manja, atau bahkan bisa jadi berbuat kriminal supaya di anggap ada oleh orang sekitarnya. Trimakasih

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *