6 Pengertian Makalah, Ciri-ciri Makalah, dan Jenisnya Menurut Ahli

Posted on

pengertian makalah

Makalah adalah istilah yang melekat pada dunia pendidikan di Indonesia, hampir setip menempuh jenjang pendidikan, baik SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi sekalipun kita selalu bertemu dengan istilah ini. Meskipun sudah melekat tetapi untuk sebagian diantara kita kurang memahami pengertian makalah. Oleh karena itulah pada artikel ini akan mengulas secara tuntas pengertian makalah, ciri-ciri makalah, dan jenis makalah.

Pengertian Makalah

Pengertian makalah adalah karya tulis yang bersifat ilmiah dengan melalui sistem pembahasan yang diangkat dengan permasalahan, kemudian dilakukan dengan analisa kajian teori/kajian lapangan, dan dilakukan penutupan dengan kesimpulan dan saran. Selengkapnya, baca; Pengertian Karya Tulis Ilmiah, Kriteria, Contoh, dan Manfaatnya Menurut Ahli

Makalah ini banyak dipergunakan dalam dunia pendidikan, seperti dalam menyampaikan gagasan, informasi, serta wawasan. Makalah akan dibuat dengan sebaik mungkin dan pelu analisa yang tajam agar hasil yang disampaikan sesuai dengan harapan dan keinginan.

Pengertian Makalah Menurut Ahli

Pendapat para ahli, mengenai pengertian makalah serta makna makalah ini antara lain adalah sebagai berikut;

Tanjung dan Ardial

Mengartikan makalah sebagai karya tulis yang berisi tentang permasalahan dan cara menuntaskan permasalahan yang ditulis dengan sistematis melalui sebuah analisis yang logis serta obyektif. Makalah ini dibuat dengan landasan teori yang padat sehingga hasil yang disampaikan dapat dipertanggung jawabkan.

Surakhmad

Memberikan pengertian makalah sebagai karya tulis yang diperlukan untuk tugas kuliah yang disesuaikan sebagai hasil dari pembahasan buku (studi leteratur) serta pembahasan masalah-masalah tertentu secara tuntas dan singkat tanpa mengurangi hasil yang disampaikan.

W.J.S Poerwadarminta

Memberikan pengartian makalah sebagai tulis yang membahas masalah tertentu yang dikemukakan untuk mendapat pembahasan yang lebih mendalam. Pembahasan yang dalam ini disampaikan melalui kajian secara ilmiah ataupun non ilmiah. Selengkapnya, baca; Perbedaan Ilmiah dan Non Ilmiah

Panuti Sudjiman

Mengartikan makalah sebagai karangan ilmiah yang bukan cerita rekaan yang membicarakan pokok-pokok permasalahan tertentu dengan teori serta kajian yang dihasilkan. Definisi ini terasa lebih luas lantaran ada sub pokok bahasan yang disampaikan dalam pedoman cara pembauatan makalan yang baik dan benar.

E. Zaenal Arifin

Mendefinisikan makalah sebagai karya tulis yang harus menyajikan masalah serta pembahasannya yang sesuai dengan data di lapangan dan bersifat empiris-objektif. Sifat dalam makalan inilah yang akhirnya menjadi landasan utama dalam penelitian ilmiah. Selengkapnya, baca; Pengertian Penelitian, Kegunaan, Syarat, Cara Berfikir, dan Sikapnya

Prof. Komarudin

Memberikan pengertian bahwa makalah adalah karya tulis yang dipergunakan seseorang untuk publikasi jurnal atau periodikal atau lisan. Dari arti ini secara khusus makalah dan jurnal mengindikasikan sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Dari berbagai pengertian makalah diatas dapat disimpulkan bahwa makalah adalah salah satu bagian karya tulis yang dibuat oleh seseorang secara sistematis dan logis sebagai upaya ikut memberikan sumbangan pemikiran atas masalah dan solusi yang ditawarkan.

Ciri-ciri Makalah

Setelah kita memberikan pengertian makalah ada baiknya jika tulisan ini akan memberikan beberapa ciri-ciri makalah yang baik. Sebab tak jarang diantara kita kurang begitu memahami bagimana makalah yang diangap berketeria baik.

Validitas dan Analisi

Kriteria ciri daripada makalah yang baik adalah makalah yang mempunyai validitas yang tinggi dan disertai dengan analisis yang mumpuni. Analisa yang mumpuni ini mengindkasikan bahwasanya wawasan serta pengetahuan yang didapatkan sesuai dengan isi dalam makalah.

Kejujuruan Ilmiah

Ciri selanjutnya dari makalah  yang baik harus mampu mampu  menunjukkan  kejujuran  ilmiah. Dalam hal ini tenunya si penulis    makalah    harus menyebutkan dengan jelas sumber data dan pendapat yang digunakan dalam makalahnya.

Penggunaan Bahasa

Ciri makalah selanjutnya, ialah isi, pembukaan, dan penutup dalam makalah   harus   menggunakan   bahasa   yang   jelas, singkat, sederhana, dan teliti. Oleh karenannya bagi siapapun yang ingin membuat makalah haruslah memahami penjelasan ini.

Sistematis

Makalah harus sistematis dan utuh sehingga tidak menimbulkan pertanyaan atau kesan keraguan kepada pembaca. Sistematis yang dimaksudkan ialah makalah berisi pada tiga sub utama, yaitu sub pembukaan, isi, serta sub pada penutup dalam makalah.

Jenis Makalah

Dalam setiap makalah yang seringkali dibuat oleh seseorang penulis sebenarnya ada berbagai jenisnya, adapun jenis makalah atau macam makalah yang bisa di utarakan disini ada 3, yaitu:

Makalah induktif

Pengertian makalah induktif adalah karya tulis yang disusun berdasarkan data empiris yang sesuai dengan pembahasan yang telah ditentukan. Dimulai dari khusus kemudian ditarik isi makalah diakhiri dengan keadaan yang umum

Makalah Deduktif

Pengertian makalah deduktif adalah makalah yang diperoleh seseorang berdasarkan data dari kajian teoritis yang masih relevan dengan topik yang akan dibahas. Dimulai dari pembahasan yang besar kemudian ditarik kedalam pembahasan yang lebih kecil, sampai pada kesimpulan.

Makalah Campuran

Makalah campuran dapat diberikan pengertian sebagai makalah gabungan antara makalah induktif dan deduktif, makalah ini ditulis dengan kajian teoritis dan juga menggunakan data empiris yang diperlukana dalam analisa serta kajiannya.

Fungsi Makalah

Fungsi yang ada daripada makalah, antara lain adalah sebagai berikut;

Melatih Kecermatan

Fungsi pertama dalam mekalah ialah melatih si penulisnya secara benar dan cermat. Dengan mendapatkan tugas pembuatan makalah secara umumnya seseorang dapat memberikan gagasan serta ungkapan ilmiah yang disampaikan.

Menambah Wawasan

Fungsi selanjutnya dalam membuat makalah ialah dapat memperluas wawasan keilmuan, memperluas keilmuan ini di hasilkan dari sistemasisasi dalam pembuatan makalah yang harus di dasarkan pada kajian buku, jurnal, serta kajian lainnya. Kesimpulan dari kajian ini kemudian di buatkan dalam daftar pustaka. Selengkapnya, baca; 12 Cara Penulisan Daftar Pustaka Beserta Contohnya

Memberingkan Sumbangkan Keilmuan

Fungsi selanjutnya daripada makalah ialah mampu memberikan sumbangan keilmuan terhadap perkembangan ilmua pendidikan. Sumbangan ini sendiri seperti dapat menambah literasi kepada penulis makalah selanjutanya yang khususnya melakukan kajian sama. Selengkapnya, baca; Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

Memberika Ide

Fungsi makalah selanjutanya ialah mampu memberikan ide atau konsep pemikiran melalui karya berupa makalah. Dengan ide ini diharapak pendidikan serta pengetahuan akan bertamabh, baik pada penulis ataupun para pembaca yang ada di dalam makalah.

Dari penjelasan di atas, dapat diakhiri bahwasanya makalah begitu penting bagi para pelajar disetiap jenjang pendidikan. Sebab dengan memahami pengertian makalah, ciri-cir makalah, jenis-jenis makalah yang selama ini telah kita buat. Dapat menambah ilmu pengetahuan. Trimakasih.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *