Pengertian Diskusi Kelas, Pelaksanaan, dan Manfaatnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Diskusi Kelas, Pelaksanaan, dan Manfaatnya Lengkap

Pengertian Diskusi Kelas, Pelaksanaan, dan Manfaatnya

indonesiastudents.comDiskusi kelas menjadi sala satu keadaan yang sering kali di lakukan, baik oleh para pelajar, mahasiswa, ataupun saat melakukan trening dan seleksi beasiswa. Dikusi kelas mendi rutinan karena hal ini menyangkut tentang pelatihan mental dan kemampuan seseorang untuk belajar menyuarakan pendapat dihadapan orang banyak.

Meskipun begitu tak jarang, banyak sekali diantara kita kurang mengenatahui prilah “Apa Itu Diskusi Kelas?”. Oleh karennya pada pembahasan kali ini, indonesiastudents.com akan menguraikan tentang pengertian dikusi kelas, pelaksanaan, dan manfaatnya.

Baca: 7+Karakteristik Anak SD (Sekolah Dasar) Menurut Para Ahli

Pengertian Diskusi Kelas


Diskusi kelas adalah suatu bentuk percakapan secara ilmiah yang dilakukan beberapa inidvidu dalam kelompok, diaman setiap anggota kelompok atau kelompok yang berbeda terjadi proses saling tukar pendapat masalah tertentu dan berusaha untuk memecahkannya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan diskusi di dalam kelas, diantaranya ialah mengikut sertakan seluruh siswa, pembicaraan jangan didominasi oleh siswa tertentu, ketertiban perlu dijaga, debat perlu terarah, setiap peserta mendapatkan kepercayaan yang sama, dan tarekhir adalah menjaga etika sopan santun.

Adapn untuk pelaksanaan diskusi dalam kelas yang baik setidaknya ada hal teknis yang perlu disiapkan sebelum diskusi.

Pelaksanaan Diskusi Kelas


  • Menentukan moderator, moderotor bisa ditentukan oleh setiap anggota kelompok untuk berusaha menstabilkan atau mengkondisikan proses jalannya diskusi.

  • Menentukan penyaji, penyaji adalah seseorang yang bersaha menjelaskan tentang materi-materi tertentu di dalam kelasnya.
  • Menentukan pembahas, pembahas hampir sama dengan penyeji, bedanya jika pembahas biasanya bertugas lebih banyak, diantarnya mengkritik atau beragumen tentang berjalannya diskusi, selain itu juga memberikan pnadangan-padangan baru atas berbagai bertanyaan yang muncul.
  • Menentukan notulen, notulen dalam diskusi kelas dapat diartiken sebagai seseorang yang bertugas mencatatkan proses jalannya diskusi.
  • Bagikan makalah, bila memungkinkan membagikan makalah sangatlah penting dilakukan bagi proses diskusi kelas.

Manfaat Diskusi Kelas

Beberapa manfaat diskusi kelas, diantarnya;


  • Memupuk siswa agar berani mengeluarkan pendapat dengan bebas tanpa ada tekanan dari siapapun

  • Membina siswa agar dapat berpikir secara kritis dan kreatif serta menumbuhkan inovasi dalam dirinya.
  • Memupuk rasa toleransi dan menghargai pendapat orang lain
  • Melatih siswa dalam mempraktikkan pengetahuan yang telah didapat dihadapan teman-temannya.

Demikialah pembahasan mengenai pengertian diskusi kelas, pelaksanaan, dan manfaatnya lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencarai referensi tentang “Diskusi Kelas”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;