6 Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Diposting pada

pengertian musikalisasi puisi menurut para ahli

Musikalisasi puisi sejatinya menjadi salah satu istilah yang memang cukup kita kenal, baik dalam mata pelajaran khususnya Bahasa Indonesia, kompetisi, seni peran, lagu, atau yang lainnya. Oleh karenannya sebagai penjelasan yang lengkap kali ini kita akan memberikan refrensi mengenai pengertian musikalisasi puisi sebagimana yang dikemukakan oleh para ahli.

Musikalisasi puisi

Musikalisasi puisi adalah melagukan sebuah puisi atau membaca puisi dengan diiringi musik, sehingga untuk makna, suasana, dan irama puisi pula harus diperhatikan dalam musikalisasi puisi sehingga puisi tersebut tidak kehilangan keindahan dan makna puisi itu sendiri.

Menentukan puisi yang akan dimusikalisasi. Mengapresiasi puisi yang telah ditentukan. Memerhatikan kesusastraan isi puisi dengan suasana yang dibangun. Menentukan alat musik yang digunakan untuk mengiringi musikalisasi puisi. Proses terakhir menentukan notasi nada yang akan digunakan.

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Adapun definisi musikalisasi puisi menurut para ahli, antara lain;

  1. Fakhul aziz (2013)

Menurutnya dalam buku yang berjudul Pengembangan Media Musikalisasi Puisi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi untuk Siswa Kelas IX SMP, mengatakan bahwa pemengembangan media pembelajaran musikalisasi puisi dalam upaya peningkatan kemampuan mengapresiasi puisi. Persamaan dengan peneliti lakukan pembelajaran musikalisasi puisi.

Perbedaannya musik yang digunakan dalm pembelajaran musikalisasi puisi dalam menumbuhkan kecintaan terhadap budaya.

  1. Hamdy (2014)

Dalam bukunya, yang berjudul “Panduan Wacana & Apresiasi Seni Baca Puisi” yang membahas berbagai macam seni baca puisi. Buku yang isinya membahas berbagai macam mengapresiasi puisi salh satu sub bab membahas “Alih Ragam Puisi, Deklamasi Dan Muikalisasi Puisi.”

Musikalisasi puisi dengan berbagai aliran musik dari popo hingga jazz. Puisi yang digubah menjadi lagu, dengan aturan tidak mengubah, baik mengurangi, menambah, ataupun mengganti kata. Dan tidak mengenal genre musik, apakah musik rock, pop, dangdut, jazz, balada, country, ataupun blues, karena lagu puisi tercipta atas dasar kemauan puisi bukan kemauan musik.

  1. Djohan (2005)

Menurutntnya dalam Buku yang berjudul “Psikologi Musik” yang membahasa musik dan kognisi manusia, musik dan intelejensi, musik dan pendidikan. Bagaimanakah musik jika digunakan dalam pembelajaran sehingga menimbulkan aspek lain dari kinerja musik.

  1. Agus S. Sarjono

Ia berpendapat bahwanya pengertian musikalisasi puisi adalah suatu cara yang biasnaya diperpergunakan oleh penyair ataupun pembaca puisi untuk mengubah musikalitas pada puisi agar lebih terasa dan mudah untuk didengar.

  1. Andrie S. Putra

Musikalisasi puisi menurutnya, diartikan sebagai suatu ekspresi yang dilakukan oleh seseorang mengenai sastra, sehingga puisi dipilih sekaligus nantinya yang disampaikan dengan melibatkan seni, irama, musik, bunyi, gerak, dan tari

  1. Antilan Purba

Sedangkan ahli ini menjelaskan pengertian yang lebih singkat, yaitu musikalisasi puisi rencana ataupun kegiatan yang dialkukan dalam mengubah puisi menjadi lagu

Dari pengertian musikalisasi puisi menurut para ahli ini dapat diambil pembahasan tentang musikalisasi puisi suatu upaya dalam relasi syair atau puisi lama maupun puisi baru dengan musiknya yang dianggap bisa diterima oleh para pendengar atau penikmat. Semoga dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mencari refrensinya.

Rate this post