Pengertian PKM dan 7 Jenisnya

Diposting pada

pengertian PKM

PKM barangkali menjadi istilah yang tak lagi asing bagi sebagai besar mahasiswa. Sebab sebagaian kampus besar yang ada di Indonesia, baik UGM, UI, IPB, Unpad, ITB, Universitas Brawijaya, dan kampus lainnya selalu memperkenalkan PKM ketika menerima mahasiswa baru.

Bahkan tak jarang apabila PKM tersebut di danai kemudian masuk ke dalam Pimnas (Pekan Ilmiah Nasional) dan menjadi juara mahasiswa tersebut bebas dari skripsi yang selama ini menjadi banyak penyebab seorang mahasiswa gagal menjadi sarjana. Sebagai ulasan lebih lanjut, pada kesempatan kali ini akan mengulas lebih dalam mengenai PKM. Yang menyangkut pengertian PKM atau definisi PKM dan jenis-jenis PKM.

PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa)

Diakui ataupun tidak, menjadi alasan diselenggarakan PKM oleh Ditjen Dikti karena adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa di bangku perkuliahan dengan realita kebutuhan masyarakat, serta munculnya tuntutan masyarakat atas lulusan sarjana yang profesional dan mampu diandalkan.

Sehingga berdasakan latar belakang itulah pada akhirnya beragam bentuk PKM muncul. Contohnya saja PKM tentang kewirausahaan yang tujuannya tak lain dilakukan dalam upaya mendorong mahasiswa ketika lulus kuliah menjadi seorang pengusaha.

Pengertian PKM

PKM adalah suatu bentuk program yang diselenggarakan oleh Dikti dalam upaya pememberian ruang kepada mahasiswa di Indonesia untuk berperan menuntaskan permasalahan bangsa melalui pemikiran yang solutif dan imejenatif.

Ditjen Dikti menyelenggarakan PKM agar para mahasiswa yang duduk di bangku perkulihan dapat menjadi masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang berkualitas.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti PKM (Program Keratifitas Mahasiswa)

Ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mengikuti PKM, syarat umumnya ialah sebagai berikut;

  1. Program Keratifitas Mahasiswa hanya dapat diikuti bagi Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi. Baik nengri atau swasata di Indonesia yang berada di bawah Kemenristek Dikti.
  2. PKM diselenggarakan untuk semua bidang disiplin ilmu, baik jurusan sosial atau eksakta
  3. PKM dilakukan dengan berkelompok.
  4. Jumlah maksimal kelompok dalam PKM ialah 3-5 orang.
  5. Syarat mengikuti PKM Kewiraushaan ialah mahasiswa Diploma dan S1 yang masih aktif di Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  6. Bantuan dana yang dapat diajukan untuk PKM bervariasi, akan tetapi dari tahun ketahun minimal bantuan yang diajukan 2,5 Juta dan maksimal 12,5 juta

Jenis Program Keratifitas Mahasiswa (PKM)

Setidaknya ada 9 Jenis PKM yang harus diketahuai, berikut keterangan jenis PKM terebut;

  1. PKM P (Penelitian)

PKM Penelitian merupakan suatu bentuk program penelitian yang dimaksudkan untuk mampu menjawab berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan masalah yang sedang gencar disuarakan. Contoh PKM penelitian misalnya saja mengenai HIV Aids, perkembangan gegjet, dan penelitian-penilian lainnya. Bahkan untuk saat ini contoh PKM Penelitian humaniora juga bisa menelaah dampak covid terhadap perekonomian masyarakat.

  1. PKM K (Kewirausahaan)

PKM K atau PKM Kewirausahaan ialah suatu bentuk program pengembangan ketrampilan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam berwirausaha. PKM K ini pada umumnya menjadi salah satu PKM yang sering dikerjakan oleh mahasiswa sebab pada saat ini mahasiswa sudah berorientasi mendirikan usaha sendiri bukan menjadi pekerja.

  1. PKM-M (Masyarakat)

PKM M atau Program Keratifitas Mahasiswa Masyarakat merupakan suatu bentuk program penerapan ilmu pengetahuan yang didapatkan dalam bangku perkulihan untuk dimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat. PKM M biasanya dilakukan mahasiswa untuk menjawab solusi atas permasalahan yang terjadi dalam masyarakat.

Contoh adanya judul PKM Pengabdian masyarakat ini misalnya saja menelusuri serta mengembangkan desa wisata yang ada di berbagai daerah di Indonesia guna meningkatkan perekonomian.

  1. PKM-T (Teknologi)

PKM Teknologi ialah suatu bentuk program bantuan teknologi bagi industri berskala mikro atau kecil dari hasil karya mahasiswa yang menyangkut atau dapat kepentingan masyarakat secara luas. PKM-T mewajibkan mahasiswa agar bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu, karena produk PKM-T merupakan solusi atas persoalan prioritas mitra.

  1. PKM-KC (Karya Cipta)

PKM KC ialah suatu bentuk program penciptaan mahasiswa yang biasanya didasari atas karsa dan nalar mahasiswa yang bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem atau desain. Karya cipta tersebut dalam tataran bisa saja karena belum mampu memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.

  1. PKM-AI (Artikel Ilmiah)

PKM AI ialah suatu bentuk program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan kelompok dalam bidangkeimuan yang dilakukan atas dasar penelitian atau pengabdian kepada masyarakat. Misalnya saja yang sering kita lihat ialah studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang, dan lain sebaginya).

  1. PKM-GT (Gagasan Tertulis)

PKM GT ialah suatu bentuk program penulisan artikel ilmiah yang didasari dari suatu ide atau gagasan kelompok mahasiswa.

Dari 8 Jenis PKM yang ditulisan tersebut dapat diambil suatu kesimpulan bahwasanya kesemua program kreatifitas mahasiswa selalu mensyaratkan ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur penilaian utama agar didanai dan masuk ketahap selanjutnya, yakni tahap Pimnas.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian PKM dan jenisnya, semoga ulasan sederhana ini dapat memberikan pemehaman bagi siapa saja yang sedang mencari referensi apa itu PKM dan jenis jenis PKM. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel mengenai PKM lainnya disini

3.7/5 - (467 votes)