Pengertian Alih Fungsi Lahan, Dampak, dan Contohnya

Diposting pada
pengertian alih fungsi lahan
Pengertian Alih Fungsi Lahan

Diakui ataupun tidak, bisa dikatakan bahwa jumlah atau laju pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini mencapai 1.49% per tahun, tingginya tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia tersebut tidak diimbangi dengan tingginya kualitas sumber daya manusia (SDM ).

Sehingga hal ini banyak terjadi masalah dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bidang sosial, ekonomi dan lingkungan. Salah satu contohnya ialah alih fungsi lahan.

Alih Fungsi Lahan

Alih fungsi lahan di dalam Undang-undang No. 41 tahun 1999 pasal 19 dikenal sebagai suatu bentuk perubahan peruntukan dan fungsi kawasan-kawasan yang terjadi di planet bumi.

Dalam definisi ini terjadinya alih fungsi tentusaja dapat dikatakan sebagai perubahan mengenai kawasan hutan yang terfokus dalam mendukung kepentingan di kepentingan yang ada luar kebutuhan, baik untuk kepentingan rumah pendudukan atau yang lainnya.

Pengertian Alih Fungsi Lahan Menurut Para Ahli

Adapun definisi alih fungsi lahan menurut para ahli, antara lain;

  1. Lestari (2009)

Alih fungsi lahan adalah proses terjadinya perubahan satu penggunaan arti lahan ke dalam kepentingan lainnya. Sehingga terjadinya fenomena ini disebabkan lantarab adanya faktor baik internal maupun eksternal yang tentusaja bukan masalah baru terjadi.

Dampak Alih Fungsi Hutan

Pada dasarnya ada beberapa bahaya yang dapat dicerna dari proses alih fungsi lahan. Antara lain;

  1. Mengurangi Fungsi Lahan

Alih fungsi yang dilakukan secara besar-besaran tanpa adanya sekejul yang terencana dapat mengurangi fungsinya, hal ini terjadi misalnya saja jikalau masyarakat menggap hutan sebagai milik bersama tanpa adanya kekuasaan pemerintah, padahal dalam prosesnya jikalau tidak ada campur tangan pemerintah fenomena yang terjadi dilapangan akan banyak masyarakat yang lepas tangan ketika pemerintah mengalami masalah.

  1. Mengurangi Jumlah

Tentusaha ada bahaya yang bisa terjadi pada kehidupan bersama jikalau alih fungsi hutan ini dianggap sebagai jalan mengurangi jumlah kekaykaan sumber daya alam. Prihal ini contohnya saja hutan, baik secara luas ataupun secara tumbuhannnya mempunyai kegunaan yang sangat penting.

Contoh Alih Fungsi Lahan

Adapun untuk contoh adanya fenomena yang menunjukan telah terjadinya alih fungsi lahan. Misalnya saja;

  1. Membangun Perumahan di Daerah Aliran Sungai

Berbagai kota-kota besar telah terjadi fenomena alih fungsi lahan yang amat ketara. Prihal ini misalnya saja terjadinya pembangunan rumah-rumah pada wilayah aliran sungai. Penyebabnya tentusaja karena pertambahan jumlah penduduk setiap tahunnya sehingga peningkatan kebutuhan papan menjadi pemukiman penduduk.

  1. Menembang Hutan sebagai Lahan Pertanian Sawit

Kelapa sawit menjadi komoditas perekonomian di Indonesia yang cukup menjanjikan. Meskipun demikian, akhir-akhir ini fenomena terkait dengan penggunaan lahan hutan sebagai bagian daripada membuat kebun sawit terjadi. Semua hal tersebut tentusaja akibat kurangnya pengetahuan penduduk akan bahaya, apalagi dengan data yang menunjukan berkurangnya luas hutan setiap tahun yang mencapai 1.13 juta hektar per tahun.

Oleh karena itulah diperlukan sosialisasi kepada penduduk tentang sistem pertanian berwawasan lingkungan yang memiliki nilai ekonomi serta efisien dalam penggunaan lahan masih belum optimal.

Dari penjelasan yang dibutuhkan. Setidaknya perlu diketahui bahwa dibutuhkan strategi komunikasi yang mampu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai sistem pertanian yang baik, dan efisen terhadap penggunaan lahan.

Disinilah peran sosial kepemerintahan perlu revitalisasi program untuk mempermudah akses ke kalangan masyarakat dan peningkatan pemberdayaan daerah termasuk desa dan tempat terpencil melalui sosialisasi dan kerjasama para pihak. Sehingga proses mengenai alih fungsi kawasan hutan biasanya dilakukan melalui suatu proses perubahan fungsi namun demikian diharapkan tidak dapat mengurangi panjang atau luas kawasan hutan.

Yang pastinya, kegagalan sosialisasi kepada masyarakat tentang alih fungsi hutan sangat berdampak pada kondisi kehidupan masyarakat Indonesia, hal ini mengakibatkan hutan indonesia sedang diambang kehancuran.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian alih fungsi lahan menurut para ahli, dampak, dan contontohnya Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat emberikan refrensi bagi seganap pembaca yang sedang mencari literasi tentang alih fungsi hutan.

Rate this post