Pengertian dan Tujuan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal

Diposting pada

Pengertian dan Tujuan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal

Pengertian dan Tujuan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal

IndonesaStudent.Com– Perumusan mengenai adanya strategi pembelajaran berdasarkan kearifan lokal tentunya bertujuan tidak sekedar menghasilkan manusia unggul dan mandiri sesuai dengan proses baku. Istilah “unggul dan mandiri” hendaknya tidak direduksi menjadi capaian berbasis prestasi akademis maupun sekedar keterampilan teknis.

“unggul dan mandiri” hendaknya menjadi salah satu dari sekian banyak tanda suatu generasi yang mampu bersikap kritis sekaligus mandiri atas godaan zaman yang cenderung mengaburkan makna manusia.

Baca Juga: 8 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli, Contoh, dan Cirinya

Pengertian Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal


Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal  bisa diberi arti sebagai suatu bentuk upaya menanamkan karakter kritis dan peka harus ditanamkan melalui pendekatan berbasis humanisme, contoh strategi pembelajaran berdasarkan kearifan lokal  ialah seperti tinggal bersama dalam komunitas masyarakat tertentu, mengadakan bakti sosial dan anjang sana ke panti sosial, serta turut terlibat dalam kehidupan budaya para seniman.

Oleh karenannya strategi pembelajaran juga perlu memberikan ruang diskusi bagi proses dialog. Kecenderungan membakukan nilai-nilai kearifan justru membuat kearifan semakin partikular dan terbatas. Di setiap kebudayaan di Indonesia, selalu terdapat ruang publik di mana para warganya mampu berdialog bersama untuk mencari mufakat.

Tujuan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal


Tujuan adanya strategi pembelajaran berdasarkan kearifan lokal  ini diantarnya ialah menjaga tradisi yang mana akan mampu modal penting dalam menciptakan suatu strategi pembelajaran yang mencakup banyak kebudayaan. Dengan demikian, prinsip keterbukaan dan toleransi harus ditumbuhkan melalui forum diskusi antarpembelajar baik lintas institusi maupun lintas daerah.

Strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal juga diharapkan memberikan pandangan baru relasi antara manusia dengan alam. Selama ini modernitas telah menempatkan alam sebagai hamba dari manusia yang dapat dieksploitasi dan dikuasai. Salah satu nilai kearifan lokal adalah relasi manusia-alam yang sejajar.

Manusia menempatkan diri sebagai sahabat alam, bukan penguasa. Logika penguasaan harus ditanggalkan. Relasi manusia-alam yang sejajar dapat diwujudkan dengan metode belajar yang dekat dengan alam. Kegiatan pembelajaran tidak melulu terjadi dalam ruang kelas tetapi juga menyentuh lingkungan hidup.

Demikianlah pembahasan mengenai Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kearifan Lokal baik dari segi pengertian atau tujuannnya. Semoga dengan adanya bahasan ini memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang mencari literasi tentang “Strategi Pembelajaran dan Kearifan Lokal”. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. 17 Pengertian Masyarakat Multikultural dan Cirinya Menurut Ahli Lengkap
  2. Pengertian Pemberdayaan Masyarakat, Konsep Pemberdayaan dan Contohnya Lengkap
  3. 11 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Super Lengkap)
  4. 8+Pengertian Etnosentrisme dan Dampaknya Lengkap