Tanaman Bambu dan Manfaatnya [Lengkap]

Diposting pada

pengertian bambu menurut para ahli

Tanaman Bambu dan Manfaatnya [Lengkap]

indonesiastudents.comTanaman Bambu lazim ditemukan di negara Asia, khususnya Asia Timur, Asia Selatan,  terlebih lagi Asia Tenggara. Di Indonesia, bambu dapat dikatakan menjadi tanaman yang mudah dijumpai di seluruh kepulauan Nusantara.  Tanaman bambu ini sangat mudah beradaptasi di ketingggian manapun dengan komposisi tanah yang beragam.

Baca Juga: Tanaman Nipah dan Kanduangannya Lengkap

Tanaman Bambu


Tanaman bambu mudah berkembang di area yang kaya dengan air.  Oleh karena demikian maka suatu kewajaran jikalau ada yang mengatakan bahwa tanaman bambu dapat tumbuh di dataran rendah juga bisa tumbuh di dataran tingg, yakni diantara 100 sampai dengan 2200 m di atas permukaan air laut.

Pengertian Bambu Menurut Para Ahli


Wikipedia

Dalam Wikipedia, dijelaskan bahwa bambu adalah suatu jenis tanaman rumputan yang memiliki rongga dan ruas di daerah batangnya

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam KBBi bamboo adalah suatu tumbuhan berumpun, beruas, berakar, keras, dan memiliki ketinggian antara 10 sampai dengan 20 M.

Keuntungan Tanaman Bambu


Salah satu keuntungan tanaman bambu adalah adanya manfaat yang dapat diperoleh dari batang, dan tunas mudanya. Namun keuntungan tersebut juga memberi masalah lingkungan, yakni dengan rontokan daun yang menjadi limbah dan mengganggu. Jika daun ini dalam jumlah yang besar masuk ke dalam wilayah perairan atau tanah.

Sebagaimana diketahui bahwa bambu dalam batang daun dan tunasnya mengandung sejumlah zat kimia. Bambu banyak mengandung silika, dengan konsentrasi silika yang cukup tinggi  pada daunnya Suhardiman, (2011).  Mengatakan bahwa dalam peniltiannya bambu memiliki kadar selulosa berkisar 42,4% – 53,6% kadar lignin berkisar antara 19,8% – 26,6%, kadar pentosan 1,24% – 3,77%, kadar abu 1,24% – 3,77%, kadar silika 0,10% – 1,28%, kadar ekstraktif 0,9% – 6,9% dan bambu mengandung holoselulosa (selulosa dan hemiselulosa) berkisar antara 73,32% – 83,80%.

Dinyatakan sebelumnya bahwa daun bambu banyak mengandung silika,  yang merupakan bahan dasar berbagai material dan keramik. Silika dalam jumlah besar jika masuk dalam tanah, udara, dan perairan tentu akan mengganggu keseimbangan ekologi.

Diketahui salah satu penyakit Penyakit Silikosis disebabkan oleh pencemaran debu silika bebas, berupa SiO2, yang terhisap masuk ke dalam paru-paru dan kemudian mengendap. Debu silika bebas ini banyak terdapat di pabrik pegolahan besi dan keramik. Jika daun bambu banyak mengandung silika, tentu silika yang mengendap di tanah dan terserap oleh perairan  juga akan bedampak buruk. Mengingat pentingnya peran pelestarian dan pengelolaan daun bambu itulah maka upaya yang nyata untuk mengurangi limbah daun bambu, mutlak diperlukan.

Demikianlah penejabaran mengenai Tanaman Bambu dan Manfaatnya [Lengkap] semoga dengan adanya pembahasan ini dapat bermanfaat bagi seganap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Bambu/Tanaman Bambu“. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

  1. Tanaman Kipahit dan Klarifikasinya Lengkap
  2. Pengertian Mastitis dan Penjelasannya Menurut Para Ahli
  3. Pengertian Susu Menurut Para Ahli Lengkap
  4. Pengertian Pestisida Nabati dan Penjelasannya Menurut Ahli Lengkap