9+ [Cara] Membuat Casing Hp Unik dari Plastik

Diposting pada

Cara Membuat Casing Hp Unik Dari Plastik

Para pengguna handphone seringkali menggunakan casing sebagai pelindung handphone sehingga akan sangat baik jikalau seseorang tersebut berusaha untuk menggunakan casing handphone yang sekaligus memanfaatkan barang-barang bekas, seperti halnya dengan membuat casing hp unik sekaligus menarik dari bahan dasar plastik.

Membuat Casing HP

 

Cara membuat casing hp sendiri yang akan dibuat dari bahan plastik dengan berbagai macam ukuran dan merek handphone sesuai dengan kebutuhan konsumen. Adapun untu tata cara membuat casing hp unik dari limbah plastik adalah sebagai berikut;

Cara Membuat Casing HP dari Plastik

Adapun proses pembuatan casing handphone berbahan limbah plastik antara lain, adalah sebagai berikut:

  1. Limbah plastik yang sudah terkumpul dibersihkan menggunakan air. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir limbah plastik yang kotor sehingga menyulitkan pada tahap pemanasan nantinya. Misalnya limbah plastik yang dapat digunakan adalah limbah plastic rumah tangga, seperti botol, shampoo, botol sabun cair, sikat gigi, dan lain sebagainya. Setelah itu plastik dikeringkang hingga benar-benar kering.
  2. Selanjutnya, lakukan pemisahan limbah plastik berdasarkan warna. Pemisahan ini bertujuan agar produk yang dihasilkan nantinya dapat memiliki warna yang seragam dan dapat dibedakan sesuai keinginan konsumen.
  3. Melakukan pemotongan limbah plastik menjadi bentuk yang kecil – kecil dengan volume 2-3 cm³ agar memudahkan proses pelelehan pada tahap berikutnya.
  4. Memanaskan potongan plastik dalam cetakan casing pertama untuk membuat badan luar casing dengan bentuk datar pada suhu diatas 200⁰ C. Cetakan yang bisa dipergunakan terbuat dari keramik atau besi yang memiliki karakteristik kuat dan tahan terhadap suhu panas.
  5. Memperhatikan baik-baik potongan plastik yang sudah meleleh, setelah semua potongan plastic meleleh, membentuk bagian dalam Casing dengan cetakan Casing kedua agar dapat membentuk Casing Handphone seutuhnya.
  6. Setelah badan casing meleleh dan akhirnya terbentuk padat kemudian dibentuk kembali pada cetakan kedua untuk membentuk kesan timbul pada casing ini.
  7. Tahap selanjutnya melepaskan kedua cetakan casing dengan mencelupkannya kedalam air dingin namun tidak sampai menggeser maupun mengubah posisi cetakan untuk beberapa saat agar bentuk casing dapat tercetak dengan baik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar adonan casing dapat terpisah dengan cetakan casing. Setelah adonan casing terlepas kemudian dikeringkan.
  8. Tahapan berikutnya yang dilakukan adalah melukis corak pada casing pada bentuk yang timbul tersebut dengan memperhatikan detail dari coraknya, gradasi warna serta bentuk casing agar menjadi menarik, sesuai dengan keinginan.
  9. Tahap terakhir casing dikeringkan dan menyemprotkan pilok agar lukisan tidak luntur.

Penggunaan limbah plastik pada pembuatan casing ini bisa dilatarbelakangi karena jumlah limbah plastik yang menumpuk dalam kehidupan masyarakat serta sifat plastik yang kuat dan cocok untuk dijadikan casing handphone.

Casing handphone ini memiliki keunggulan unik yang tidak dimiliki oleh produk sejenis lainnya menjadikannya sebagai karakteristik tersendiri yang dibuat tidak hanya sebagai pelindung handphone namun juga sebagai aksesoris yang menarik karena dilukis dengan motif topeng malangan timbul. Selain itu dibuat dalam berbagai varian warna dan kreasi yang menarik.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat casing hp dari plastik yang bisa kalin lakukan sendiri. Semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Membuat Casing Hp” trimakasih ya telah membaca artikel singkat ini.