8 Cara Membuat Karya Tulis dengan Mudah (100% Sudah Dilakukan)

Diposting pada

Cara Membuat Karya Tulis– Menulis sebagaimana karya tulis, yang paling sulit dilakukan adalah memulainya sampai menemaukan akhir yang membahagaiakan yaitu menjadi juara dalam lomba ataupun menjadi jurnal nasional ataupun internasional. Menulis karya tulis penting untuk dilakukan, mengapa penting?, jawabannya karena kegiatan penelitian belum dianggap tuntas apabila hasil penelitian tidak dikomunikasikan kepada komunitas ilmiah secara resmi.

Baca: 10 Pengertian Karya Tulis dan Manfaatnya

Oleh karena itu bagi siapapun, baik pelajar atau mahasiswa indonesiastudents.com akan membagikan 8 cara membuat karya tulis . Adapun 8 cara membuat karya tulis ini sudah 100% sudah dilakukan sehingga bagi siapapun yang ingin mengikuti silahkan saja, bisa mengambil pelajaran atau mencotohnya. Jika baik lakukanlah, dan jika kurang baik silahkan tinggalkan.

Cara Membuat Karya Tulis


Berikut ini akan dibagikan cara membuat karya tulis, mudah-mudahan bermanfaat:

Membaca

Membaca adalah unsur terpenting ketika seseorang ingin membuat karya tulis, membaca dengan cerdas. Artinya tidak semua buku harus dibaca, tetapi buku-buku non fiksi yang kita minati, membaca disini banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya membaca hasil penelitian orang lain seperti jurnal atapun membaca buku-buku pelajaran yang notabene sesuai dengan disiplin ilmu yang kita tempuh.

Menulis

Sebanyak apapun seseorang membaca tentunya akan sangat sulit jika ingat semuanya, oleh karena itu perlu untuk menuliskannya. Menulis kalau yang sudah saya praktekan adalah menulis di blog, meski di blog awal mulanya jarang ada yang membaca, tapi tujuannya bukan itu, tujuannya adalah belajar. Menulis di blog juga bisa dilakukan untuk mengingat mata pelajaran, adapun jika tidak ingin di blog menulislah di buku atau coretan, sebab apapun yang ditulis di blog jika kita mengambil sebagian atau secara keseluruhan di cek diaplikasi online atau offline, tulisan kita akan menunjukan plagiarisme.

Mencari Informasi Lomba

Sebagai upaya menyemangati diri sendiri, penting juga untuk dilakukan bagi seorang pelajar atau mahasiswa untuk mencari informasi lomba. Banyak tersedia informasi lomba di media sosial, baik facebook, blog ataupun website. Disitu kita bisa mencari Lomba Karya Tulis supaya langsung bisa ikut kompetisi dan juga belajar.

Lingkungan Yang Mendukung

Lingkungan yang mendukung juga bisa menjadi salah satu jalan bagi siapapun yang ingin belajar karya tulis, lingkungan yang mendukung ini misalnya adalah komunitas atau organisasi di dalam sekolah atau kampus. Setiap kampus selalu ada lembaga kemahasiswaan yang menggeluti riset atau penelitian, oleh karena itu tak salah jika temen-temen ingin mengetahui cara membuat karya tulis yang baik ialah mencari lingkungan yang mendukung.

Fokus Pada Satu Bidang Keilmuan

Fokus pada satu bidang keilmuan juga bisa menjadi cara mudah belajar karya tulis, sebab dengan fokus pada satu disiplin ilmu pengetahuan artinya kita banyak tahu soal masalah itu, misalnya kita fokus pada masalah sosial seperti “Bonus Demografi” lakukan pendalaman tentang materi bonus demografi, mulai dari pengertian, dan lain sebaginya. Pahami, karena ketika ada agenda lomba membuat karya tulis, itu bisa dijadikan senjata andalan karena kalian sudah benar-benar paham.

Mencari Patner Yang Cocok

Mencari patner yang cocok adalah salah satu ketentuan, jika seseorang ingin mengerjakan karya tulis ilmiah secara tim. Patner yang cocok ini akan membatumu, dan seketika itu pula kalian akan belajar bersama, setiap waktu kapanpun kamu mau.

Cerdas Membaca Peluang

Cerdas membaca peluang artinya kamu harus bisa menentukan apakah tema penelitian itu masuk dalam minatmu atau tidak, percumah kan, jika ternyata sudah meneliti panjang lebar kalau gagal. Oleh karenanya cerdaslah dalam membaca peluang.

Belajar Bahasa Inggris

Bagi siapapun yang ingin membuat karya tulis harus tetep mau untuk belajar Bahasa Inggris (Bahasa Internasional), karena dengan belajar Bahasa Inggris ini seseorang akan mudah mengetahui jurnal-jurnal internasional yang sudah ada dan dapat diambil secara gratis. Baca: 10 Tata Cara Penuliskan Karya Tulis Ilmiah Yang Baik

Demikianlah untuk ulasan sederhana tentang 8 cara membuat karya tulis dengan mudah, perlu diketahui juga bahwasanya dalam menulis karya tulis, pelajar ataupun mahasiswa akan menjadi lebih kratif, sebab berusaha menuntaskan masalah dengan solusi yang imajenatif.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *