8 Contoh Konflik Agama yang Pernah Terjadi di Masyarakat

Diposting pada

konflik antar agama

Diakui atupun tidak, secara kasat mata agama diberi makna kesucian, kedamaian, perdamaian, kesempurnaan, dan tentu saja kerukunan. Konsekuesinya tak ada seoarangpun pengenut agama yang rela jika ada yang menyatakan ajaran agamanya bermuatan potensi arti konflik atau ketidak rukunan.

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam tulisan ini akan menguraikan tentang contoh terjadinya konflik agama yang pernah terjadi di Indonesia dan beragam bentuk negara di seluruh dunia. Baik antara umat Islam dan Kristen, Umat Kristen Protestan dan Kristen Katolik, atau antara umat Islam dan Budha, Hindu, dan lainnya.

Konflik Antar Agama

Konflik antar agama pada dasarnya terjadi bukan pada agamanya, akan tetapi pada individu yang menjalankan ritual agamanya. Hal ini didasarkan dalam batas wacana teologi, bahwa agama adalah kebenaran mutlak yang berasal dari Yang Maha Mutlak dan Maha Benar. Karena itulah tidak mungkin agama mengajarkan ketidak ukunan, perseteruan, atau bahkan perang.

Ajaran perang dalam suatu agama, seringkali dikaitkan dengan kekecualian atau keterpaksaan. Jadi, secara teologis, agam mutlak serba positif. Adapun adanya konflik agama yang banyak terjadi di Indonesia dan sebagian di dunia, sebenarnya salah satu bentuk penyimpangan dari arti atau makna “Agama”.

Contoh Konflik Antar Agama

Berikut beberapa contoh konflik antar agama yang terjadi di Indonesia dan terjadi di seluruh dunia.

  1. Indonesia

Berikut inilah kasus mengenai konflik agama yang pernah terjadi di Indonesia, antara lain;

  1. Tolikara

Tolikora adalah salah satu wilayah yang di Papua, wilayah ini pada tahun 2015 mengalami konflik yang berlatar belakang agama, khusunya Agama Islam dan Kristen. Dimana konflik agama Kristen dan Islam di Tolikora terjadi pada saat Hari Raya Idul Fitri. Aksi konflik ini bahkan menyebabkan pembakaran masjid, bangunan rumah, kios, dan bagunan lain yang ada di sekitarnya.

  1. Aceh

Konflik antar agama yang terjadi di Aceh Singkil pada tahun 2015 diawali dengan serangkian demonstrasi yang dilakukan oleh sebagaian umat Islam yang denuntut pemerintah daerah  membongkar sejumlah geraja milik umat Kristen.

  1. Lampung Selatan

Konflik di Lampung Selatan ini terjadi pada tahun 2012, antara masyarakat Desa Balinuraga yang mayoritas Bergama Budha dan Masyarakat Desa Agom yang mayoritas Bergama Islam. Konflik ini tidak sebenarnya hanya dipengaruhi oleh perkara kecil, diantranya perkara tersebut ialah adanya gadis dari Desa Agom yang dinggugu oleh pemuda Desa Balinuraga.

  1. Situbondo

Contoh konflik antar agama di Indonesia selanjutnya terjadi di Situbondo (Jawa Timur) pada tanggal 10 Oktober 1996. Peristiwa ini pada awalnya dilatarbelakangi kerena ketidakpuasan terhadap kasus hukum yang menimpa salah seorang penghinaan agama Islam.

Karena ketidakpuasan tersebut kesalahpahamapun terjadi, diaman pada saat itu si penista agama disembunyikan dalam gereja. Sehingga masyarakat mulai bergerak merusak, menghancurkan, dan membakar beberapa gereja, Sekolah Kristen, Sekolah Katolik, dan toko yang milik orang Tionghoa di Kabupaten Situbondo.

  1. Ambon

Contoh kasus konflik agama selanjutnya terjadi di Ambon, kasus konflik ini terjadi antara Islam dan Katholik pada tahun 1998. Kasus konflik antar agama yang terjadi di Ambon ini juga mengakibatkan bebarap kerugian, baik material ataupun non material.

  1. Dunia

Untuk konflik agama yang termasuk dalam jenis konflik sara, pernah terjadi di dunia. Antara lain;

  1. Perang Salib

Perang Salib menjadi salah satu sejarah yang kelam di dunia, perang salib ini terjadi pada wNegara Turki menguasai seluruh daratan Palestina. Sejak turki berkuasa melarang masyarakat yang beragama nasrani untuk mengunjungi tanah suci yang berada di Palestna. Akhirnya, kondisi ini menyebabkan kemarahan besar bagi seluruh masyarakat Vatikan

  1. Myanmar

Konflik antar agama selanjutnya terjadi di Myanmar tepatnya kasus ini dialami oleh warga dari suku rohingya yang notabene beragama Islam, sedangkan Myanmar mayoritas Bergama Budha sehingga banyak analisis yang mengatakan perbedaan agama tersebut menjadi salah satu penyebab timbulkan konfil Islam-Budha di Myanmar.

  1. Agama Islam dan Yahudi

Kasus konflik ini sampai saat ini masih terus berlangsung, antara warga Palestina dan Israel. Penyebab konflik menurut banyak analisa karena perebutan wilayah tanah suci yang berada di Masjidil Aqsho, tepatnya di Yarusellem. Yang menimbulkan gejolak perpecahan dinatara masyarakat di seluruh dunia.

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai beberapa contoh konflik agama yang pernah terjadi di dunia dan di Indonesia di atas, pada dasarnya konflik ini seringkali di awali dengan penindasan serta kekuarang terimaan anggota-anggota masyarakat dan negara dalam batasan yang telah ditentukan.

Latar belakang munculnya konflik agama ini bisa diawali dengan ekonomi, kebijakan, politik, da lain sebagainya. Yang kemudan bagi siapapun sebenarnya harus mengindari perpecahan yang dapat merugikan semua pihak ini, bahkan dapat mengakibatkan perang dunia ke-3.

Oleh karena itulah, arti disini adalah perpecahan dalam masyarakat yang disebabkan karena ketidaksetujuan terhadap peraturan serta keputusan, bisa juga disebabkan karena adanya penindasan ataupun penjajahan.

Dimana yang pastinya, konflik ini sering memicu perpecahan dari negara-negara di dunia. Misalnya baru-baru ini terjadi pemindahan kekuasaan Bangsa Israel ke Yarusellem yang dianggap sebagai temapt umat suci tiga agama. Perpindaha ini mendapatkan protes keras dari negara-negara muslim, disisi lain mendapat dukungan dari Amerika Serikat yang notabene menjadi pendukung atau penyokong perpindahan Ibu Kota Yaruselem sebagai Ibu Kota Israel.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai contoh adanya kasus konflik antar agama yang pernah terjadi di Indonesia dan dunia, meskipun contoh tersebut secara keseluruhan menjadi catatan sejarah akan tetapi penting untuk kita ingat bahwa konflik antar agama tidak dapat diperbenarkan dalam hal apapun.

5/5 - (1 vote)