Pengertian Arus Globalisasi dan Dampaknya di Masyarakat

Diposting pada

Pengertian Arus Globalisasi di Indonesia

Pembicaraan terkait dengan arus globalisasi pernah menjadi salah satu istilah terpenting dalam memahami perkembangan zaman. Dimana penyebutan arus globalisasi ini seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat negatif, padahal disisi lain dari arus globalisasi ada dampak potitif yang di dapatkan.

Contoh kasusnya terkait dengan penjelasan arus globalisasi misalnya saja tentang teknologi. Dimana dalam penerapan di masyarakat teknologi yang familiar di pergunakan pada saat ini ada pengaruh negatifnya salah satunya terkait dengan kebebasan akan kritik yang berlebihan sehingga meimbulkan arti konflik namun disisi lainnya juga pengaruh teknologi bisa membuat masyarakat memperoleh pekerjaan.

Arus Globalisasi

Diakui ataupun tidak, pembicaraan arus globalisasi banyak yang memandang sebagai hal yang buruk, lantaran membawa kehancuran dalam budaya-buda yang tertanaman dalam masyarakat.

Namun, bila ditinjau dari sisi positifnya arus globalisasi tidak selamanya memberikan dampak yang buruk bagi bangsa, melainkan dapat dimanfaatkan oleh pemuda-pemuda, tak terkeculi adalah indonesia dalam menuangkan ide-ide kreatif untuk memperkenalkan budaya indonesia dimulai dari seluruh lapisan masyarakat yang ada di indonesia bahkan sampai ke ajang internasional.

Pengertian Arus Globalisasi

Arus globalisasi adalah suatu proses integrasi tanpa batas antar negara satu dengan lainnya yang disebabkan karena adanya pemikiran yang sama rasa dan sama rata antara anggota-anggota dalam negara, sehingga hal ini menyebabkan adanya pertukaran produk dan pemikiran antara satu dengan lainnya.

Dampak Arus Globalisasi

Dampak adanya arus globalisasi di masyarakat. Antara lain;

  1. Budaya

Memperkelakna budaya indonesia ke berbagai lapisan masyarakat dan belahan dunia merupakan salah satu tindakan nyata pemuda indonesia dalam melestarikan budaya bangsa.

Namun, sebelum bertindak sejauh itu hendaknya pemuda indonesia harus menjadi contoh yang baik bagi kalangan masyarakat indonesia itu sendiri dengan cara mencintai dan melestarikan budaya bangsa dimulai dari diri sendiri setelah menjadi contoh yang baik maka pemuda dengan pemikiran-pemikiran yang kreatif mampu menciptakan berbagai hal yang mampu memberikan nilai positif contohnya dalam bidang makanan dapat dimulai dengan mengkreasikan makanan tradisional indonesia yang dipadukan dengan makanan budaya barat agar tetap menarik minat masyarakat.

  1. Tata Busana

Dalam bidang tata busana, dapat dilakukan pembuatan busana yang menggunakan kain khas dari berbaga suku yang ada di Indonesia dan juga membuat produk-produk yang mengandung unsur khas dari Indonesia yang mampu untuk di pasarkan di seluruh Indonesia dan juga internasional.

Beberapa contoh diatas telah lazim dilakukan oleh masyarakat Indonesia namun belum maksimal dan perlu tindak lanjut agar usaha tersebut tetap berjalan dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Demikianlah bahasan mengenai pengertian arus globalisasi dan dampaknya di masyarakat Lengkap. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah referensi dan wawasan bagi pembaca.

Rate this post