Contoh Mubah dalam kehidupan Sehari-Hari

Posted on

contoh mubah dalam Islam

Mubah menjadi salah satu penjelasan daripada 5 hukum Islam dan contohnya. Hal ini lantaran perisilahan mubah kerapkali muncul di dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah pada artikel ini akan menguraikan tentang contoh-contoh kegiatan yang disebut sebagai mubah.

Mubah

Mubah hakekatnya berasal dari Bahasa Arab yakni “mubāh” yang dirtikan dalam bahasa Indonesia dengan istilah “boleh”. Makna ini secara sepsifik dalam diberi pengertian sebagai kegiatan yang dilakukan boleh dan tidak dikerjakan juga tidak apa-apa. Sehingga, refrensinya mubah ialah perkara yang tidak dilarang dan juga tidak diperintah.

Contoh Mubah

Kegiatan setiap masyarakat dalam mubah ini menjadi salah satu yang kerapkali ditemukan. Misalnya kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

Do’a dengan Bahasa Indonesia

Berdo’a menjadi kegiatan yang kerapkali dilakukan, sebagai umat beragama memohon do’a kepada sang pencipta tidak harus menggunakan Bahasa Arab, boleh juga mempergunakan bahasa Indonesia yang tentusaja hal ini dilakukan agar kita paham dengan apa yang sedang dimohonkan kepada Tuhan. Begitupula bagi masyarakat di lainnya, bedo’a dengan bahasanya sendiri tidak apa-apa. Misalnya Orang Thailand yang Bergama Islam berdo’a dengan Bahasa Thailand atau yang lainnya.

Yang perlu dicatatan batasan ini pada wujud do’a semata, bukan pada pemaknaan misalnya saat menjalankan Sholat, kalimat sholat-sholat sebagai kewajiban diganti dengan Bahasa Indonesia. Itu haram hukumnya.

Media Dakwah

Contoh lainnya yang berkaitan dengan mubah dalam Islam misalnya saja saat seseorang memilih berdakwah dengan media yang dimilikinya. Bisa mempregunakan televise, radio, youtube, ataupun mempergunakan Instagram atau media sosial lainnya.

Media dalam berdawah apapun yang dipergunakan hukumnya adalah mubah, asalkan benar-benar mengetaui tentang tentang Islam dan tidak memberikan penjelasan yang salah, sehingga menyesatkan pembaca serta pendengar yang ada.

Pergi Haji dengan Pesawat

Pada zaman dahulu, sebelum ditemukannya pesawat terbang seseorang yang ingin naik haji sebagai bagian daripada Rukun Islam memperguanakan onta, ataupun mempergunakan kapal laut. Nah, untuk saat ini banyak yang mempergunakan Pesawat terbang. Tujuannya sangatlah jelas, yakni untuk mempersingkat waktu tempuh antara Indonesia dan Arab Saudi, sehingga hal ini dikatakan sebagai bagian daripada mubah.

Nah, itulah tadi tulisan yang memberikan penjelasan tentang contoh-contoh mubah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan ini dapat dipahami oleh pembaca yang sedang mencari serta mendalami materi tantang agama Islam. Trimakasih,

Contoh Mubah dalam kehidupan Sehari-Hari
Rate this post