15 Contoh Judul PKM M (Pengabdian Masyarakat) 2021 yang Didanai Oleh Dikti

Diposting pada

15 Contoh Judul PKM M (Pengabdian Masyarakat) yang Didanai Oleh Dikti

PKM M atau yang lebih dikenal dengan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat ialah salah satu PKM yang diluncurkan oleh Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Program Kreativitas Mahasiswa adalah sebuah ajang yang paling terkenal di semua perguruan tinggi untuk bidang PKM M ini dikeluarkan setiap tahunnya, baik tahun 2018, 2019,2020,2021, 2022 hingga sampai tahun seterusnya.

PKM M dikeluarkan oleh Kementrian dalam rangka mendorong kepada para mahasiswa di seluruh perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk ikut berpartisiapsi mengatasi permasalahan yang sedang berkembang atau tejadi dalam kehidupan bermasyarakat yang berbentuk karya ilmiah. Poin penilaian pertama dalam PKM M ini ialah ide kreatif mahasiswa dalam mengemas permasalahan yang adad di tengah masyarakat dan menawarkan solusi yang diciptakan. Sebagai upaya penjelasan lebih lanjut, dalam menerangkan mengenai PKM M ini berikut akan memberikan informasi judul PKM M yang didanai oleh Dikti. Berikut contoh judul PKM M tersebut;

PKM M (Pengabdian Masyarakat)

PKM M adalah program kreativitas mahasiswa di bidang pengabdia masyarakat yang ditujukan untuk memecahkan masalah yang ada ditengah masyarakat sehingga apa yang ada ditawarkan oleh peneliti akan sangat bermanfaat. PKM M yang dapat lolos di PIMNAS maka didanai sepenuhnya oleh Kemnetrian guna untuk meneliti

Contoh Judul PKM M 2021 yang Didanai Dikti

Contoh Judul PKM M 2021 yang di danai Dikti
  1. Teknologi Alternatif Mengolah Air Limbah Dengan Media Tanaman (Karya Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sumatra Utara).
  2. Teknologi Pengolahan Umbi Gadung (Dioscorea Hispida Menjadi Makanan (Karya Mahasiswa Universitas Muhamadyah Bengkulu).
  3. Cobek (Comunitas Belajar Aktif)Beringin Kencana, Lampung Selatan (Karya Mahasiswa Muhamadiyah Metro).
  4. Penerapan Lubang Resapan Biopori Sebagai Alternatif Untuk Meminimalisir Banjir Di Kawasan Perumahan Ciledug Indah I (Karya Mahasiswa Universitas Esa Unggul).
  5. “Edu Fun  Farming” : Model Pendidikan Pertanian Menyenangkan Menggunakan Buku Bergambar Dan Praktik (Karya Mahasiswa IPB.
  6. Pemanfaatan Lahan Kosong Di Yayasan “Ibu Penyayang Anak Yatim” Desa Cibanteng Bogor “Green Wall Eco-Park” Solusi Tepat Guna Dalam Gerakan Hijaukan Lingkungan Melalui Penerapan Vertikal-Horizontal Kultur Pada Lahan Padat Pemukiman (Karya Mahasiswa IPB).
  7. “Laboratorium Paparazi”: Wahana Edukasi Masyarakat Tentang Diversifikasi Pangan Berbasis Bahan Lokal Dengan Inovasi Baru IRumpi (Karya Mahasiswa IPB.
  8. Reinkarnasi Tungku Serbuk Tradisional Dengan Modifikasi Limbah Baglog Jamur Tiram Dan Sekam Padi Sebagai Bahan Bakar Alternatif Penghemat Migas Di Kalangan Masyarakat Desa Darmaga (Karya Mahasiswa IPB.
  9. Rebot (Recycle Botol Tidak Repot)Penyuluhan Mengenai Daur Ulang Sampah Plastik (Botol)Untuk Pemulung Di Tpa Putri Cempo Yang Bernilai Ekonomis (Karya Mahasiswa ISI Surakarta).
  10. Kunci Mantra (Komunitas Pecinta Permainan Tradisional) Sebagai Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Di Tengah Modernisasi Zaman Untuk Slb Panca Bakti Mulia Surakarta (Karya Mahasiswa ISI Surakarta).
  11. Domisol (Doa Muslim Sholih) : Games Edukasi Dengan Memanfaatkan Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Mempermudah Anak-Anak Tk Darussalam Wedoro Sidoarjo Dalam Menghafal Dan Menerapkan Doa Sehari-Hari (Karya Mahasiswa ITS).
  12. Santri Transformers : Program Pelatihan Dan Pembinaan Kompetensi Robotika Di Kalangan Santri Madrasah Aliyah (Ma)Pondok Pesantren Al-Badar Darud Da’Wah Wal Irsyad (Ddi) Parepare (Karya Mahasiswa ITS).
  13. Narsiss (Nugget Kulit Manggis) : Pengolahan Kulit Manggis (Garcinia Mangostana L.) Untuk Peningkatan Nilai Ekonomis Manggis Di Desa Slawe, Kecamatan Watulimo, Trenggalek (Karya Mahasiswa ITS).
  14. Aplikasi Mondusia( Monitoring Posyandu Lansia) Sebagai Peningkatan Monitoring  Mental Dan Kesehatan Bagi Lansia Usia Lebih Dari  55 Tahun Di Desa Lohgung (Karya Mahasiswa Politeknik Surabaya).
  15. Aksesoris Resin Sebagai Titik Awal Pemberdayaan Karang Taruna Yang Produktif (Karya Mahasiswa Politeknik Bandung).

Dari 15 contoh judul PKM M yang penah lolos atau di danai oleh Dikti tersebut pada dasarnya harus sesuai apa yang diharapkan oleh pemerintah yang nantinya peneliti juga terbiasa dengan permasalahan yang sangat majemuk, yaitu ikut berpartisipasi menyelesaikan segudang permasalahan dalam negeri serta dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya untuk menyelelesaikan masalah.

Demikianlan ulasan mengenai 15 contoh judul PKM M (Pengabdian Masyarakat) 2021yang didanai oleh Dikti yang pada dasarnya pembaca juga diharapkan dapat menemukan ide-ide yang sangat cemerlang guna untuk memajukan negera Indonesia, dan juga semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat PKM M.

4.6/5 - (139 votes)