7 Dampak Negatif Primordialisme dan Contohnya

Diposting pada

Dampak Negatif Primordialisme

Primordialisme adalah bagian daripada salah satu faktor yang biasanya dipergunakan untuk memperkuat suatu ikatan kelompok, berdasarkan ras, suku bangsa, ideologi, atau yang lainnya. Dimana konsep penerapan primordialisme berperan besar menjaga kesatauan dan persatuan antar masyarakat. Meskipun begitu ada dampak negatif primordialisme.

Dampak negatif dari sikap primordialisme terjadi karena masyarakat cenderung berprasangka tertutup atau berprasangka kurang baik terhadap perbedaan yang ada. Sebagai penjelasan lebih lanjut, tentang “Dampak negatif primordialisme”.

Primordialisme

Primordialisme adalah bagian daripada adanya bentuk pandangan yang senantisa memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik berhubungan dengan tradisi, adat istiadat, kebudayaan, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan sosial seserang. Sehingga pandangan sikap primodialisme ini memberikan pengaruh positif bagi individu dan keompoknya namun juga bisa memberikan dampak negatif.

Dampak Negatif Primordialisme

Setidaknya untuk beragam dampak negatif dari sikap primordialisme, diantaranya;

  1. Menggangu Kelangsungan Hidup

Maksud mengganggu kelangsungan hidup terjadi dalam suatu bangsa jikalau seseorang yang memiliki sikap primordialisme berlebihan dan cenderung mementingkan kelompoknya, serta menilai segala kebudayaan yang ada pada dirinya dan kelompoknya lebih baik.

  1. Menghambat Modernisasi Proses Pembangunan

Menghambat modernisasi dari proses pembangunan terjadi jikalau seseorang cenderung mempertankan adat kebudayaannya menolak kebudayaan yang baru, padahal arti kebudayaan yang baru tersebut berpengaruhi besar terhadap proses pembangunan.

  1. Menghambat Hubungan Antarbangsa

Primordialisme juga dapat menghambat hubungan antar bangsa, alasan ini terjadi jika salah satu pihak atau kelompok atidak menginginkan adanya kebudayaan baru sehingga hal tersebut mendorong seseorang untuk tidak mau bekerjasama dengan pihak lain.

  1. Menghambat Proses Asimilasi dan Integrasi

Dampak negatif primordialisme selanjutnya ini terjadi jika, kelompok yang berdasarkan persamaan kebudayaan, ras, adat-istiadat, atau yang lainnya tidak bisa menerimaan persepsi yang tidak berjalan dengan baik di sebabkan oleh sikap primordialisme yang berlebihan.

  1. Mengurangi dan Menghilangkan Objektivitas Ilmu Pengetahuan

Sikap primordialisme yang berlebihan juga dapat membuat seseoang tidak dapat melihat secara objektif kebenaran, sehingga biasanya cendrung apa yang dilakukan kelompoknya selalu benar padahal hal tersebut dinilai salah oleh pihak lainnya.

  1. Penyebab Terjadinya Diskriminasi

Primordialisme yang berlebihan dalam suatu masyarakat juga dapat berdampak pada suatu penilaian bahwasanya budaya yang berbeda harus saling berlawanan sehingga hal ini seringkali menimbulkan sikap diskriminasi terhadap suatu bentuk budaya berbeda.

  1. Memicu Terjadinya Konflik Antara Kebudayaan Suku Bangsa

Dampak negatif lainnya yakni dapat menjadi sumber konflik atau pendorong, sehingga hal ini menyebabkan rasa ketidakpuasaan dan ketidaksukaan terhadap budaya dan berbeda.

Contoh Dampak Negatif Primordialisme

Untuk contoh adanya akibat negatif dari adanya sikap primordialisme. Antara lain;

  1. Nigeria

Nigeria diakui ataupun tidak, sejatinya menjadi bagian daripad adanya arti negara berkembang di Indonesia yang memiliki banyak kasus terkait dengan primordialisme. Dimana dalam negara ini terdapat perpecahan maupun contoh konflik antar suku yang terjadi, dengan alasan bahwa masyarakat disana memiliki sikap ego terhadap sukunya.

Demikianlah dampak negatif primordialisme, semoga dapat membantu serta memberikan pemahaman kepada setiap pembaca yang sedang mendalami seputar “primordialisme” trimakasih.

4/5 - (10 votes)