25 Judul PKM Kewirausahaan Yang Didanai Oleh Dikti Lengkap

Diposting pada

Contoh PKM Kewirausahaan

Indonesiastudents.com– PKM Kewirausahaan menjadi salah satu jenis PKM (Program Kratifitas Mahasiswa) yang paling banyak diminati, alasan paling banyak peminat sebab mahasiswa pada saat ini sadar jikalau mencari pekerjaan setelah lulus di bangku perkuliahan tidaklah mudah, butuh persaingan dan juga butuh kemampuan khusus agar diterima. Selain itu PKM Kewirausahaan diharapkan oleh pemerintah sebagai setimulasi agar mendorong para generasi muda untuk berwirausaha. Oleh karenanya bagi mahasiswa baik dari ilmu sosial, seperti ekonomi, sosiologi, hukum ataupun dari ilmu eksakta seperti pertanian, teknik mesin, kimia, biologi, dan lainnya. Tak salah  mencari referensi mengenai PKM Kewirausahaan.

Sebagai dasar referensi tersebut pada tulisan ini, indonesiastudents.com akan memberikan 25 Judul PKM Kewirasuahaan, Judul PKM Kewirausahaan ini telah di danai oleh dikti. Berikut judul-dudul PKM Kewiraushaan tersebut.

Judul PKM Kewirasuahaan


Berikut akan dibagikan beberapa contoh judul PKM kewirausahaan yang pernah di danai oleh Dikti;

  1. Dodol Pocong Ulala “Unik Langsung Lahap” (Karya Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sumatra Utara).
  2. Pembuatan Dan Pemasaran Jamu Instan Untuk Menunjang Pelajar Sehat Di Kota Arga  Makmur Kabupaten Bengkulu Utara (Karya Mahasiswa Universitas Ratu Samban)
  3. Es Krim Sangkar (Es Krim Sirsak Anti Kangker) (Karya Mahasiswa IITB)
  4. “Janetti” Jasa Internet Marekting Guna Menunjang Usaha Mikro Kecil Menengah Sektor Batik Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015 (Karya Mahasiswa UII).
  5. Selai Kusangka ( Kulit Putih Pamungkas)- (Karya Mahasiswa Universitas Semarang)
  6. Teh ‘’Crystal ‘’ Minuman Ringan Menyegarkan, Rendah Kalori Solusi Mudah Mengurangi Gula Darah Dan Mengatasi Diare (Karya Mahasiswa IPB)
  7. “Frost Relic”:Seni Relief Mozaik Dari Kulit Buah Lokal Dengan Desain Unik Dan Eksotis (Karya Mahasiswa IPB).
  8. Pegasus: Lukisan Berbahan Dasar Bulu  Unggas Lokal dengan Aksen Sulam Tapis Sebagai Solusi Penanganan Limbah Peternakan Dan Pelestarian Seni Budaya Suku Lampung (Karya Mahasiswa IPB).
  9. “ Mrs. Ema Toru” Astor Rumput Laut Alternatif “Finger Food” Kaya Serat Rendah Kalori Untuk Para “Snackers” (Karya Mahasiswa IPB).
  10. Serang Petri (Natural Aromatheraphy) “Gel Pengharum Ruangan Dari Serai Wangi Sebagai Penghias Dan Aroma Terapi” (Karya Mahasiswa IPB).
  11. Flozby : Inovasi Obat Luka Bakar Memanfaatkan Limbah Kulit Pisang Dan Bunga Kamboja Sebagai Usaha Prospektif Dan Bernilai Ekonomis (Karya Mahasiswa ITS).
  12. “Nuter-Shoes” : Sepatu Wanita Berbahan Dasar Serabut Kelapa Dan Kain Khas Nusantara Yang Stylish Dan Ramah Lingkungan Sebagai Usaha Ber-Profit (Karya Mahasiswa ITS)
  13. “ Maskcon +  ” Masker Nyaman Anti Polusi Dengan Filter Active Carbon Dan Gel Pendingin Bagi Pengendara Kendaraan Bermotor (Karya Mahasiswa ITS).
  14. Bisnis “Fuco” Furniture Berbahan Limbah Kelapa Yang Fungsionalis Dan Inovatif Berbasis Social Entrepreneurship (Karya Mahasiswa ITS).
  15. Kukang (Kukis Ikan Kembung)Sebagai Inovasi Produk Camilan Baru Yang Berguna Sebagai Peningkatan Gizi Pada Anak-Anak (Karya Mahasiswa Unair).
  16. Lolibuser (Lotion Lidah Buaya Dan Sereh) Untuk Lingkungan Sehat Dengan Aroma Terapi Anti Serangga Dan Ramah Lingkungan Untuk Masyarakat Karya Mahasiswa Unair)
  17. Denstra : Dental Strawberry Analgesic Candy (Karya Mahasiswa Unair
  18. Si-Salep (Smoothie With Soft Apple Pudding): Minuman Sehat Dan Bergizi Berbasis Bisnis Waralaba Sebagai Peluang Bisnis Dengan Pemanfaatan Hasil Produksi Perkebunan Apel Dan Peternakan (Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya).
  19. Sapi Perah Kota Malang “Super Basil” Eksklusivisme Pengolahan Kemangi (Ocimum Basilicum)  Sebagai Sabun Cuci Tangan Organik (Karya Mahasiswa U.
  20. Peltun: Pellet Ikan Air Tawar Berbasis Limbah Ternak Dan Hijauan Daun Sebagai Sumber Pakan Lokal Yang Potensial (Karya Mahasiswa UB).
  21. Jameela (Jam Epos Dari Pelapah Kelapa)- (Karya Mahasiswa UB)
  22. Mers-Lamp (Merkuri Switch Lamp): Inovasi Lampu Hias Menggunakan Saklar Merkuri (Karya Mahasiswa UB)
  23. “Tjangkir Malangan” Kerajinan Gelas Dengan Motif Seni Dan Budaya Malang Raya Sebagai Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Kota Malang (Karya Mahasiswa UB).
  24. Lampion Semarang (Cindra Mata Kas Kota Semarang)- (Karya Mahasiswa Undip).
  25. “Dipo Catfish” Pembenihan Ikan Lele Dengan Sistem Mikroaerofilter (Karya Mahasiswa Undip).

Dari 25 contoh judul PKM Kewirausahaan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwasanya judul PKM Kewirausahaan sejatinya berbeda untuk disetiap kampus, meskipun begitu perbedaan tersebut dapat digeneralisasikan bahwasanya dalam menciptkan PKM Kewirausahaan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, misalnya saja nilai budaya, manfaat terhadap sesuatu barang yang dinilai tidak ada gunananya, serta nilai-nilai di setiap daerah.

Artikel Terkait;

  1. 6+ [Cara] Agar PKM Lolos PIMNAS, Awal Hingga Akhir!
  2. Contoh PKM M (PKM Pengabdian Masyarakat) yang Didanai Dikti
  3. Contoh PKM Penelitian Humaniora (PKM P) Terlengkap

Demikianlah ulasan mengenai 25 judul PKM  kewirausahaan yang didanai oleh Dikti, semoga ulasan ini bermanfaat bagi siapapun yang ingin atau akan membuat PKM tentang kewirausahaaan. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lain mengenai PKM di kategori Indonesia Student “Tentang PKM” atau bisa juga download contoh PKM Kewirausahaan Disini.