2 Pengertian Kata Serapan Menurut Para Ahli, 4 Cara Menulis dan Contohnya

Diposting pada
Pengertian Kata Serapan
Pengertian Kata Serapan

Istilah kata serapan barangkali menjadi pelajaran wajib yang harus diketahui oleh sebagaian masyarakat terdidik. Hal ini dikerenakan untuk menulis dalam karya tulis ilmiah, baik fiksi atau non fiksi kata serapan selalu saja dimunculkan.

Adapun sebagai ulasan lebih lanjut tentang pembahasan “kata serapan” pada kesempatan kali ini akan memberikan pengertian kata serapan, cara menulis kata serapan, dan juga contoh kata serapan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan pemaham khusunya memberikan wawasan kepada para pembaca sekalian.

Kata Serapan

Diakui ataupun tidak, untuk unsur setiap kepenulisan kata serapan senantiasa menggambarkan perbedaan bahasa, atau biasa dikenal dengan unsur bahasa lain. Adapun untuk contohnya adanya bahasa kias yang didahului bahasa dari daerah lain.

Pengertian Kata Serapan

Kata serapan adalah sebagai serangkaian kata-kata atau istilah yang diambil dari bahasa asing, itu artinya selain Bahasa Indonesia, baik bahasa luar negri ataupun bahasa-bahasa daerah. Dimana syarat sebuah istilah asing bisa diserap dalam Bahasa Indonesia, yakni cocok konotasinya, lebih singkat dibandingkan dengan terjemahan Indonesianya, hal itu dilakukan agar dapat mempermudah tercapainya kesepakatan jika istilah Indonesia terlalu banyak sinonimnya.

Pengertian Kata Serapan Menurut Para Ahli

Adapun definisi kata serapan menurut para ahli, antara lain;

  1. Soedjito (1993), Kata serapan adalah bagian daripada pengungkapan kata dalam suatu bahasa yang diserap atau berasal dari bahasa lain
  2. KBBI, Kata serapan adalah kata dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang sejatinya bersumber ataupun diserap dari bahasa asing untuk keperluan mencari padanan kata yang tepat

Cara Menulis Kata Serapan dan Contohnya

Penulisan kata serapan bisa dilakukan dalam Bahasa Indonesia dengan berbagai cara, yaitu adopsi, adaptasi, translasi, dan kreasi. Berikut ulasan lebih lanjut;

  1. Adopsi

Adopsi pada hakikatnya dapat diartikan sebagai penyerapan dengan mengambil bentuk dan makna kata asing itu secara keseluruhan.

Contoh Kata Serapan dengan Cara Adopsi

lm, modern, global, supermarket, plaza, mall, dan lain sebaginya.

  1. Adaptasi

Adaptasi dapat diartikan sebagai suatu penyerapan dengan mengambil makna kata asing itu, sedangkan ejaan atau penulisannya disesuaikan dengan ejaan bahasa Indonesia.

Contoh Kata Serapan dengan Cara Adaptasi

Pluralization – pluralisasi, acceptability – akseptabilitas, active– aktif, activity– aktivitas, dan lain sebagainya.

  1. Translasi

Translasi atau penterjemahan yaitu penyerapan dengan mengambil konsep yang  terkandung dalam bahasa asing itu  kemudian kata tersebut dicari padanannya dalam bahasa Indonesia.

Contoh Kata Serapan dengan Cara Translasi

Overlap – tumpang tindih, try out- uji coba, take o – lepas landas, landing – mendarat,  up to date – mutakhir, nonfat – tanpa lemak, dan lain sebaginya.

  1. Kreasi

Kreasi dalam cara menulis kata serapan dapat diartikan sebagai suatu penyerapan kata dengan  mengambil konsep dasar yang ada dalam bahasa  Indonesia. Cara ini mirip dengan cara translasi, tetapi memiliki perbedaan. Adapun perbedaannya jika cara kreasi tidak menuntut bentuk fisik yang mirip seperti translasi. Boleh saja kata yang ada dalam bahasa aslinya ditulis dalam satu kata, sedangkan bahasa Indonesia nya bisa dua atau tiga kata.

Contoh Kata Serapan dengan Cara Kreasi

Efective – berhasil guna, spare part – suku cadang.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kata serapan menurut para ahli, cara menulis kata serapan, dan juga contoh penulisan kata serepan. Semoga dapat bermanfaat, bagi siapapun yang sedang atau akan mencari referensi seputar “Kata Serapan”

4/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.