“Kenakalan Remaja” Pengertian dan Contohnya Lengkap

Posted on

pengertian kenakalan remaja menurut para ahli

“Kenakalan Remaja” Pengertian dan Contohnya Lengkap


indonesiastudents.comKenakalan remaja yang terjadi pada saat ini sejantinya akibat daripada krisis akan kompetensi dan juga krisis akan moral yang di alamainya. Nilai-nilai atau norma yang dikemas dalam kearifan lokal masyarakat Indonesia semakin luruh, terkikis oleh budaya-budaya luar yang mayoritas tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga: Pengertian Remaja Menurut Para Ahli [Lengkap]

Banyak fenomena yang muncul akibat tersingkirnya norma-norma dari kehidupan masyarakat, contoh yang paling nyata adalah meluasnya pergaulan bebas, kenalakan remaha, maraknya tindak kriminalitas hingga tindak asusila.

Hal tersebut tentunya dapat mengganggu tatanan kehidupan di masyarakat dan secara otomatis kesejahteraan masyarakat tidak dapat terwujud.  Sebagai golongan masyarakat yang berada dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan, para pelajar Indonesia diharapkan mampu mengubah situasi tersebut demi berlangsungnya kesejahteraan masyarakat.

Akan tetapi, pelajar yang notabene adalah kalangan remaja justru menjadi pemeran dominan dalam tindakantindakan menyimpang tersebut.

Pengertian Kenakalan Remaja


Kenakalan remaja atau yang seringakali disebut dengan istilah Bahwa Inggris “juvenile delinquency” ialah suatu bentuk tindakan dan perbuatan yang melanggar norma yang paling banyak terjadi dari transisi masa kanak-kanak ke masa dewasa dewasa.

Sedangkan pengertian kenakalan remaja menurut para ahli, khususnya ilmuwan sosiologi yaitu Kartono, kenakalan Remaja atau merupakan suatu bentuk daripada gejala patologis sosial yang terjadi akibat daripada pengabaian tindakan-tindakan sosial.

Contoh Tindakan Kenalakan Rema


Contoh nyata yang marak dibahas di media masa adalah kasus tawuran. Secara langsung kasus ini menunjukkan keterlibatan remaja dalam tindak kekerasan. Terlebih lagi tawuran biasanya dilakukan siswa antar sekolah dan tidak sedikit memakan korban, baik dari lingkup siswa hingga masyarakat yang umumnya tidak ada sangkut paut dengan permasalahan yang memicu tawuran tersebut.

Generasi muda yang seharusnya memberi kesejahteraan dan kedamaian bagi lingkungan sekitarnya, kini telah beralih posisi menjadi hal yang justru mengkhawatirkan masyarakat. Apabila sejak dini telah dibiasakan untuk hidup dalam kekerasan, maka dapat dipastikan kehidupan masyarakat Indonesia beberapa tahun ke depan akan sangat jauh dari kata aman dan damai. Untuk mencegah hal tersebut, perlu adanya upaya membangun kembali karakter-karakter yang seharusnya dimiliki generasi muda sebagai bekal untuk membawa perubahan peradaban Indonesia ke arah yang lebih baik.

Demikianlah setidaknya tulisan mengenai “Kenakalan Remaja” Pengertian dan Contohnya Lengap . Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi segena pembaca yang sedang mencarai definisi, arti, pengertian, dan contoh “Kenakalan Remaja”. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

 

“Kenakalan Remaja” Pengertian dan Contohnya Lengkap
Rate this post