Konsep Paguron Ki Hadjar Dewantara Lengkap

Diposting pada

Konsep Pendidikan Paguron Ki Hadjar Dewantara

konsep pendidikan KI Hajar Dewantara
indonesiastudents.com Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau yang lebih dikenal sebagai Ki Hadjar Dewantara melahirkan sebuah konsep komprehensif dalam mengisi dinamika pendidikan nasional pada masa kemerdekaan.

Terinspirasi dari konsep Paguron Ki Hadjar Dewantara dalam Taman Siswa terlahir dari tahun 1922 sampai 1945, gagasan Sekolah Terpadu terbentuk atas gambaran mengenai konsep pendidikan yang mengandalkan nasionalisme dan kultur khas Indonesia (Izmi 2013). Hal tersebut dianggap cocok untuk diaplikasikan dalam gagasan ini, mengingat salah satu tujuan utama dalam implementasi program ini adalah pembangunan yang efisien.

Konsep paguron merupakan konsep yang terinspirasi oleh sistem pendidikan yang telah ada sejak zaman Hindu Buddha (Izmi 2013). Sistem ini menjadikan sebuah lingkungan pendidikan tempat guru dan murid bertemu dan belajar. Paguron merupakan pola pendidikan konstan yang memerlukan suatu tempat tinggal untuk pamong dan peserta didik.

Memperhatikan kebutuhan atmosfer pendidikan yang maksimal, untuk itu dibuatlah pondok asrama atau yang lebih dikenal dengan wisma. Konsep paguron menekankan Sisi kekeluargaan dan menempatkan peserta didik di dalam posisi sentral pendidikan.