Pengertian Konsep Paguron Ki Hadjar Dewantara dan Contohnya

Diposting pada
konsep pendidikan KI Hajar Dewantara
Paguron Ki Hadjar Dewantara

Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hadjar Dewantara pada hakikatnya merupakan salah satu tokoh pendidikan yang melahirkan sebuah konsep komprehensif dalam mengisi dinamika pendidikan nasional pada masa kemerdekaan.

Hal ini tentusaja, terinspirasi dari konsep Paguron Ki Hadjar Dewantara dalam Taman Siswa terlahir dari tahun 1922 sampai 1945, gagasan Sekolah Terpadu terbentuk atas gambaran mengenai konsep pendidikan yang mengandalkan nasionalisme dan kultur khas Indonesia (Izmi 2013).

Disisi lainnya, realitas tersebut setidaknya dianggap cocok untuk diaplikasikan dalam gagasan ini, mengingat salah satu tujuan utama dalam implementasi program adalah pembangunan yang efisien sehingga pada akhirnya mampu untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia.

Paguron Ki Hadjar Dewantara

Konsep paguron adalah bagian daripada konsep yang terinspirasi oleh sistem pendidikan yang telah ada sejak zaman Hindu Buddha (Izmi 2013). Sistem ini sendiri pada akhirnya menjadikan sebuah lingkungan pendidikan tempat guru dan murid bertemu dan belajar.

Paguron merupakan pola pendidikan konstan yang memerlukan suatu tempat tinggal untuk pamong dan peserta didik.

Memperhatikan kebutuhan atmosfer pendidikan yang maksimal, untuk itu dibuatlah pondok asrama atau yang lebih dikenal dengan wisma. Konsep paguron menekankan Sisi kekeluargaan dan menempatkan peserta didik di dalam posisi sentral pendidikan.

Contoh Penerapan Paguron Ki Hadjar Dewantara

Untuk implementasi dalam kaidah contoh penerapan paguron Ki Hadjar Dewantara. Antara lain;

  1. Sekolah Asrama

Pendidikan berbasis asrama diakui ataupun tidak, bisa memberikan pengetahuan sekaigus kosentrasi yang lebih baik kapada setiap masyarakat di lingkungan sosial yang ada. Alasannya dalam hal ini setiap individu dan kelompok bisa berkembang dengan baik.

Disisi lainnya, juga mampu untuk menumbuh kembangkan adanya sistem sosial bermasyarakat yang saling gotong royong, proses penyelesaian konflik sosial, dan lainnya.

Itulah saja artikel yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan pengertian Paguron Ki Hadjar Dewantara dan contohnya pada saat ini. Semoga saja mampu memberi wawasan bagi semuanya saja yang sedang membutuhkannya.

Rate this post