Pengertian Kerawanan Pangan, 2 Jenis, dan Contohnya

Diposting pada
Kerawanan Pangan
Kerawanan Pangan

Kerawanan pangan dalam bidang pertanian bisa dikatakan sebagai kondisi adanya ketergantungan pada pangan impor dan mengentaskan kemiskinan sehingga pada akhirnya menyebabkan kelaparan, Indonesia sebagai arti negara berkembang dan negara agraris tentu sudah saatnya Indonesia membangun kemandirian dan kedaulatan pangan dengan memanfaatkan keberagaman sumber daya hayati dan mengembalikan keberagaman pangan lokal, sebagai upaya menatasi rawan pangan atau krisis pengan.

Oleh karena itulah, sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini akan menguraikan tentang pengertian kerawanan pangan dan jenisnya.

Pengertian Kerawanan Pangan

Kerawanan pangan adalah suatu kondisi atas ketidakmampuan untuk memperoleh pangan yang cukup dan sesuai untuk hidup sehat dan berakvitas dengan baik. Sehingga dalam mengatasi rawan pangan dibutuhkan peran serta masyarakat sebagai unit terkecil dari suatu negara karena sebuah negara yang maju dimulai dari unit terkecil dari  negara tersebut.

Jenis Kerawanan Pangan

Kerawanan pangan atau krisis pangan sejatinya, dapat dibedakan 2 jenis yaitu:

  1. Kerawanan pangan kronis

Kerawanan pangan kronis yaitu ketidak cukupan pangan secara menetap akibat ketidakmampuan rumah tangga untuk memperoleh pangan yang dibutuhkan melalui pembelian di pasar atau melalui produksi sendiri. Kondisi ini biasanya berakar pada kemiskinan

  1. Kerawanan pangan transien/ transistori

Kerawanan pangan transien atau transistori yaitu penurunan akses terhadap pangan yang dibutuhkan rumah tangga secara kontemporer. Hal ini disebabkan adanya bencana alam, kerusuhan, konflik, musim, perpecahan, kerushuhan, yang mana keadaan tersebut ketidakstabilan harga pada pangan, produksi, atau pendapatan lainnya.

Contoh Rawan Pangan

Adapun untuk contoh kasus terjadinya rawan pangan di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Aceh pada Saat Terjadi Tsunami 2004

Provinsi Aceh pada saat terjadinya bencana alam tsunami pada Tahun 2004 telah terjadi kerawanan pangan yang disebabkan karena adanya kegagalan panen pada masyarakat pertanian. Penyebabnya tentusaja pada saat ini masyarakat Aceh mengandalkan adanya bantuan dari negara untuk sementara berperan memenuhi kebutuhkan masyarakat.

Kesimpulan

Dari pengertian dan jenis kerawanan pangan  tersebut dapatlah dikatakan jika sangat diperluakan sebuah strategi pengembangan tumbuhan lokal ke arah dan pengelolaan untuk mencapai suatu tujuan dalam menatasi karawanan pangan.

Strategi ialah rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengkaitkan keunggulan strategi dengan tantangan lingkungan. Strategi dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat.

Demikianah pembahasan mengenai “kerawanan Pangan” yang memuat pengertian kerawanan pangan dan jenis kerawanan pangan. Semoga dapat bermanfaat, bagi setiap pembaca yang sedang mencari lietrasi tentang “Kerawanan Pangan atau Krisis Pangan”.

Rate this post