Langkah Langkah Penelitian Pengembangan Lengkap

Diposting pada

Langkah Langkah Penelitian Pengembangan– Bagi yang ingin melakukan penelitian pengembangan tentusaja membutuhkan prosedur atau langkah-langkah penelitian pengembangan. Karena hal ini penting untuk dilakukan, alasan penting tanpa adanya langah yang baik hasil penelitian yang diinginkan tidak mungkin dapat dipercaya atau kontibel dengan penelitian ilmiah.

Baca: Pengertian Penelitian Pengembangan Menurut Para Ahli

Adapun langkah-langkah penelitian pengembangan adalah sebagai berikut:

Langkah-Langkah Penelitian Pengembangan

Langkah penelitian pengembangan yang dituliskan dalam artikel ini mengutip dari Sugiyono (2011), yang mengatakan bahwa langkah-langkah penelitian dan pengembangan ada sepuluh langkah. Penjelasannya 10 langkah tersebut adalah sebagai berikut:

Potensi dan Masalah
Potensi adalah segala sesuatu yang apabila didayagunakan akan memiliki nilai tambah. Sedangkan masalah dapat dijadikan potensi apabila kita dapat mendayagunakanya.

Mengumpulkan Informasi
Setelah potensi dan masalah ditunjukan secara faktual, dan up to date selanjutnya perlu bagi si peneliti untuk mengumpulkan berbagai informasi yang dapat. Hal ini dilakukan untuk bahan perencanaan produk yang diharapkan dapat mengatasi permasalah.

Desain Produk
Desain produk yang dihasilkan dalam ini sesungguhnya bermacam-macam. Baik dalam bidang teknologi, orientasi produk teknologi, adapun yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia adalah produk yang berkualitas, selain itu adalah produk yang bermanfaat ganda.

Validasi Desain
Validasi desain merupakan kegiatan untuk menilai apakah rancangan produk , dalam hal ini metode mengajar baru secara rasional akan lebih efektif dari pemikiran rasional, belum berdasarkan fakta lapangan.

Perbaikan Desain
Yang bertugas memperbaiki desain adalah peneliti yang akan menghasilkan produk yang lebih bagus.

Uji Coba Produk
Perlu adanya uji coba produk dalam model penelitian ini, misalnya dalam bidang pendidikan, desain produk yang dihasilkan seperti metode mengajar baru langsung diuji coba, setelah divalidasi dan revisi oleh para ahli atau yang bersangkuatan.

Revisi Produk
Setelah pengujian terhadap produk berhasil, dan mungkin ada revisi yang tidak terlalu penting selanjutnya produk yang berupa metode mengajar baru diterapkan dalam lingkup pendidikan yang luas.

Uji Coba Pemakaian
Pengujian efektifitas metode mengajar baru pada sampel yang terbatas tersebut menunjukan bahwa metode mengajar baru lebih efektif daripada metode lama.

Revisi Produk
Dilakukan apabila dalam pemakaian dalam lembaga pendidikan terdapat kekurangan dan kelemahan. Dalam uji pemakaian sebaiknya pembuat produk selalu mengevaluasi bagaimana kinerja produk.

Pembuatan Produk Massal
Apabila produk baru tersebut telah dinyatakan efektif melalui berbagai pengujian, maka dapat diproduksi secara massal dan dapat diterapkan disetiap lembaga pendidikan yang ada.

Demikianlah ulasan mengenai langkah-langkah penelitian pengembangan atau prosedur penelitian pengembangan yang sudah banyak diterpakan oleh peneliti-peneliti terdahulu, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan tentang penelitian pengembangan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *