[Jumlah] Negara Yang Berbatasan Dengan Daratan Indonesia

Diposting pada

Negara Yang Berbatasan Dengan Daratan Indonesia

Negara Yang Berbatasan Dengan Daratan Indonesia

indonesiastudents.com– Wilayah perbatasan memegang peranan penting dalam kerangka pembangunan di Indonesia. Wilayah Negara yang berbatasan dengan daratan Indonesia dalam perkembangannnya berperan sebagai beranda depan Negara kesatuan republik Indonesia yang merupakan cermin diri dan tolak ukur pembangunan secara nasoinal.

Wilayah yang berbatasan secara langsung dengan daratan di Indonesia ini tentu mempunyai berbagai nilai strategi di dalam mendukung segala bentuk keberhasilan pembangunan secara nasional, hal tersebut dikerenakan dengan adanya karakteristik kegiatan masyarakatnya mempunyai dampak penting bagi kedaulatan kedua Negara.

Baca: 10+ Pengertian Negara Maju Menurut Para Ahli dan Cirinya Lengkap

Sebagai penjelasan lebih lanjut, dalam artikel ini indonesiastudents.com akan menguraikan tentang Negara Yang Berbatasan Dengan Daratan Indonesia. Diantaranya sebagai berikut;

Negara Yang Berbatasan Dengan Daratan Indonesia


Ada 3 wilayah yang berbatasan dengan daratan Indonesia, diantaranya sebagai berikut;

Malaysia

Malaysia berbatasan langsung dengan daratan di Indonesia, Malaysia ini tepatnya berbatasan dengan Pulau Kalimantan. Yang kemudian lebih dikenal dengan Serawak Malaysia beribu Kota Kucing. Meski dalam Serawak Malaysia ada  Negara, yaitu Brunai Darussalam, Malaysia, dan Indonesia akan tetapi untuk Brunai Darussalam tidak dengan daratan Indonesia secara langsung.

Analisa permasalahan yang pernah di alami di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia ini, salah satunya adalah kasus Pulau Sipadan dan Ligitan, yang diklaim milik kedua Negara. Tetapi pada masa pemerintahan Presiden Megawi Mahkamah Internasional memutuskan bahwa Pulau Sipadan menjadi bagian wilayah Malaysia.

Timor Leste

Wilayah Negara Timor Leste menjadi salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Indonesia, wilayah Timor Leste ini sebelumnya masuk dalam Provinsi NTT (Nusa Tenggara Timur). Kemudian pada zaman pemerintahan Presiden BJ. Habibie Timor Leste memisahkan diri dan bukan lagi menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setidaknya permasalahan yang pernah dialami oleh Indonesia dan wilayah Batasan ini, antara lain ialah mengenai Kasus Pulau Batik. Dimana saat ini pemangku adat antara wilayah perbatasan kedua Negara Indonesia dan Timur Leste (Amyoung-Ambenu) belum diperbolehkan untuk beraktivitas di daerah tersebut

Papua Nugini

Papua Nugini adalah Negara berkembang yang berbatasan langsung dengan Pulau Papua, tepatnya Negara ini berada di wilayah timur dari batasan wilayah dengan Indonesia. Meski Negara Papua Nugini tidak begitu terkespos keberadaannya setidaknya Negara inilah yang jarang mengalami sengketa dengan Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai negara yang berbatasan dengan daratan Indonesia, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat sekaligus pengetahuan baru bagi setiap pembaca yang sedang mencarai refrensi tentang “Batas-Batas Wilayah Indonesia”. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. 5 Teori Kelembagaan Negara Menurut Ahli Lengkap
  2. Pengertian MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) Menurut Para Ahli
  3. 6 Pengertian Batik Menurut Para Ahli dan Macamnya Lengkap
  4. 3 Pengertian LGBT Menurut Para Ahli dan Penjelasannya Lengkap