5 Cara Menulis Opini yang Baik dan Mudah

Posted on

Cara Menulis Opini– Banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menyalurkan hobi menulis, baik menulis karya ilmiah maupun menulis karya non ilmiah. Salah ketertarikan menulis yang bisa dilakukan adalah menulis opini. Opini bisa diartikan sebagai satu jenis karya tulis yang berisi gagasan, ide, dan pendapat penulis secara subjektif (berdasar sudut pandang penulis) dengan mengemukakan ide-ide asli dan disertakan hasil rujukan.

Penulis opini seringkali kita temukan di media masa, baik cetak ataupun media online. Nama-nama yang cukup terkenal sebagai penulis opini misalnya saja Mahfud MD, Brama Aji Putra, Budiarto Shambazy, Edi Akhiles, dan tokoh penulis lainnya yang tidak bisa disebutkan.

Sebenarnya bagimana cara menulis opini yang baik dan mudah, sehingga bisa mengantarkan tulisannya diterbitkan di media masa terkenal, pertanyaan ini amat terasa sulit mengingat sampai saat ini penulis pemula masih kebingungan bagimana cara memulai untuk menulis opini.

Baca: 10 Pengertian Karya Tulis Ilmiah Lengkap

Oleh karena itulah pada ulasan kali ini IndonesiaSudent.com akan menguraikan cara menulis opini yang didapat dari berebagai literatur buku atapun internet. Berikut cara menulis opini yang baik dan mudah untuk dilakukan.

Cara Menulis Opini


Cara menulis opini yang bisa dilakukan oleh penulis pemula adalah sebagai berikut:

Pengetahuan Tentang Masalah Yang Akan Diangkat
Proses menulis opini hal pertama kali dilakukan adalah mempertajam ingatan, dengan ingatan ingatan yang baik tersebut tentusaja tulisan akan bisa diselesaikan dengan mudah. Adapun ingatan sejatinya tidak akan pernah bisa diterapkan apabila kita tidak mengetahui masalah yang diangkat. Oleh karena itulah agar mengetahui permasalahan yang diangkat penulis opini terselebih dahulu mencari literatur atas permasalahan dan solusi yang akan ditawarkan.

Gagasan yang Memiliki Argumentasi
Penulisan opini  pada dasarnya lebih menawarkan gagasan, tapi perlu diingat gagasaan tidak boleh gagasan yang ngawur. Perlu adanya landasan atas gagasan yang dikemukakan sehingga tulisan yang dibuat memilki argumentasi yang kuat. Oleh karenanya jika penulis pemula ingin mencoba menjadi penulis opini harus terlebih dahulu mencari literasi atas argumentasi yang dikemukakan.

Mengetahui Teknik Penulisan
Sebagai bentuk karya tulis ilmiah tentunya opini memiliki kaedah-kaedah yang disepakati bersama. Sehingga menjadikan bahwa tulisan opini ini memerlukan pengetahuan tentang teknik penulisan. Bilama penulis pemula ingin menulis opini alangkah baiknya belajar dahulu tentang teknik kepenulisan. Adapun struktur penulisan opini jika diulas terdapat pembukaan, isi, dan penutup.

Bisa Memainkan Bahasa yang Menggugah Pembaca
Tulisan opini pada umumnya tidak lebih dari 5.000 kata, oleh karena itulah opini dikatakan tulisan singkat. Karena singkat, perlu adanya penggunaan bahaya yang bisa menjadikan pembaca dan redaktur terkesima dengan tulisan opini yang dibuat. Bila belajar opini perlu setidaknya kita membaca berbagai contoh penulisan opini di media masa, karena itulah landasan dasar untuk belajar bagimana memainkan bahasa yang menggugah pembaca.

Mengetahui Alamat Media Massa Beserta Karakteristiknya
Mengetahui media massa pada zaman seperti ini tidaklah sulit, tinggal kita mengkases tujuan tulisan opini akan dimuat dimana. Mencari referensi tulisan yang diterbitkan, ini menjadi catatan penting. Alasannya jika media masa tersebut khusu menyediakan konten fashion tidak mungkin diterbitkan tulisan kita jika konetennya adalah politik.

Demikianlah untuk 5 cara menulis opini bagi pemula yang baik dan mudah. Semoga cara ini mampu memberi penyemangat bagi pembaca yang pada saat ini ingin atau akan belajar menulis opini. Adapun sebagai gambaran generalnya pada saat ini setiap media massa selalu menyediakan kolom bagi penulis opini, inilah kesempatanmu untuk belajar dan mengasah kemampuan. Trimakasih.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *