3 Pendekatan Geografi, Jenis, dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pendekatakan Geografi dan Contohnya

IndonesiaStudents.Com– Geografi sebagai ilmu pengetahuan tentusaja memberikan banyak penetahuan dan kajian-kajian dalam masyarakat. Salah satu fokus kajian yang dilakukan dalam ilmu geografi ini selain masyarakat, bumi, juga kajian mengenai wilayah-wilayah yang ada di permukaan bumi. Langkah ilmu geografi mendapatkan kajian tersebut bisa dimulai dengan melakukan pendekatan. Lantas apa saja jenis pendekatan dalam geografi?. Berikut inilah penjelasan dan pembahasannya.

Pendekatakan Geografi

Pendekatan geografi secara umum dapat diartikan sebagai penentu atau ciri khas ilmu geografi yang membedakan dengan ilmu sosial dan ilmu alam lainnya. Studi geografi modern atau yang dikenal sebagai geografi terpadu (integrated geography) hakekatnya juga mengggunakan tiga pendekatan utama.

Baca Juga; 13 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli dan Objek Studinya

Jenis Pendekatakan Geografi

Tiga jenis pendekatan yang utama dalam ilmu geografi tersebut sebagai berikut;

  1. Pendekatan Keruangan
  2. Pendekatan Kelingkungan
  3. Pendekatan Kompleks Wilayah

Penjelasan terhadap berbagai bentuk pendekatan dalam ilmu geografi serta contohnya, antara lain sebagai berikut;

Contoh Pendekatan dalam Geografi

Berikut inilah penjelasan terhadap pendekatan, dalam studi geografi;

Pendekatan Keruangan (Spatial Approach)

Pendekatan keruangan serongkali disebut juga pendekatan spasial. Kajian pada pendekatan keruangan menitikberatkan pada perbedaan karakteristik antarwilayah. Perbedaan karakteristik wilayah yang ada dalam pendekatan tersebut dapat dikaji berdasarkan sifat-sifat pentingnya seperti struktur, pola, dan proses. Struktur keruangan terkait dengan susunan unsur-unsur pembentuk ruang berupa kenampakan dalam bentuk titik, garis, atau area.

Pendekatan dalam keruangan juga mempelajari pola-pola persebaran penggunaan ruang. Pola keruangan yang selalu berkaitan erat dengan distribusi kenampakan dalam bentuk titik, garis, atau area beserta fungsinya

Contoh pendekatan keruangan yang dapat dilakukan dalam kajian ini, misalnya saja melalui topik, aktivitas manusia yang di jalankan seiap harinya, dan karakteristjk wilayah atau region yang memiliki persamaan dan perbedaan antara satu denga lainnya.

Pendekatan Kelingkungan (Ecological Approach)

Pendekatan kelingkungan dalam studi ilmu geografi ini seringkali juga disebut  pendekatan ekologi. pendekatan dalam ekologi merupakan pedekatan yang dilakukan dengan kajian ilmu yang fokus dipergunakan untuk mempelajari interaksi antara organisme hidup dan lingkungan.

lnteraksi dalam pendekatan tersebut membentuk suatu sistem keruangan yang disebut ekosistem. Interaksi organisme hidup yang bisa dilakukan dalam pendekatan ekologi ini misalnya kajian seperti manusia, hewan, dan tumbuhan dengan Iingkungannya dikaji melalul pend ekatan kelingkungan atau ekologi.

Fungsi pendekatan kelingkungan digunakan pada dasarnya ialah untuk mengetahui keterkaitan yang ada di dalam hubungan makhluk hidup, dan makhluk hidup dengan habitatnya yang tentusaja saling berkaitan satu sama lainnya.

Pendekatan Kompleks Wilayah (Regional Complex Approach)

Pendekatan dalam kajian geografi selanjutnya adalah pendekatan komplekas wilayah, dalam pendekata ini ada sejumlah kombinasi antara analisis keruangan dan analisis ekologi yang akhiranya pencapuran dalam hal ini dinamakan dengan pendekatan kompleks wilayah.

Pendekatan kompelkas wilayah ini berdasarkan pada pengertian area differentiation yaitu adanya perbedaan karakteristik setiap wilayah. Setiap wilayah memiliki perbedaan karakteristik yang mendorong interaksi antarwilayah.

Salah satu ciri penggunaan yang bisa dipergunakan dalam pendekatan kompleks wilayah yaitu adanya pengklasifikasian pada analisisnya. Contoh kasus yang bisa diberikan dalam pendekatan kompleks wilayah ini misalnya saja mengenai adanya kajian yang berhubungan dengan sumber daya alam, harus dilakukan kajians secara sosialnya, kajian dampaknya, serta kajian terhadap ekosistem yang ada di sekelilingnya.

Artikel Terkait;

  1. 15 Konsep Geografi, Jenis, dan Contohnya
  2. Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografi) Dan Manfaatnya

Demikianlah penjelasan dan pembahasan secara lengap mengenai pendekatan geografi, jenis, dan contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan juga memberikan pemahaman bagi segenap pembaca yang sedang mendalami materi geografi. Trimakasih,