Pengertian Alkaloid, Sifat, dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Alkaloid, Sifat, dan Fungsinya Lengkap

Alkaloid secara umum dapat diberi pengertian sebagai bagian daripada adanya senyawa organik yang melimpah karena banyak ditemukan diberbagai belahan dunia. Dimana untuk sebagian besar zat alkaloid hakikatnya berasal dari tanaman yang telah tersebar luas di berbagai jenis-jenis tanaman.

Oleh karena itulah, secara alami jikalau diulas lebih jauh, daun-daun yang memiliki ciri khas rasa sepat ataupun pahit memiliki kandungan alkaloid yang tinggi. Sebagai penejalasan lebih lanjut, dalam tulisan ini akan memberikan berbagai penjelasan mengenai pengertian alkaloid, sifat, dan fungsinya.

Alkaloid

Diakui ataupun tidak, adanya alkaloid sebenarnya sangatlah mudah untuk ditemukan dan dihasilkan oleh tanaman, termasuk tanaman dari kelompok metabolit sekunder ataupun alkaloid alami. Namun yang pastinya pembahasaan peristilah ini berasal dari kata alkali atau like.

Pengertian Alkaloid

Alkaloid adalah bagian daripada adanya bentuk amorf, kristal, dan cairan yang terdiri dari berbagai asas amino yaitu berupa lisin dan ornitin yang di dalamnya memiliki fungsi untuk pelindung tanaman dari berbagai penyakit, serangan suatu hama, ataupun sebagai pengatur perkembangan dan keseimbangan ion pada bagian-bagian tanaman.

Pengertian Alkaloid Menurut Para Ahli

Adapun definisi alkaloid menurut para ahli, antara lain;

  1. Rina Wijayanti

Senyawa alkaloid adalah bagian daripada adanya substansi yang relatif toksis yang bekerja terutama pada SSP (Susunan Syaraf Pusat), bersifat basa, mengandung sifat nitrogen heterosiklis dan bersintesa dalam tumbuhan dari adanya beragam asam-asam amino dan turunan-turunannya.

Sifat Alkaloid

Alkaloid dalam bentuk bebas larut dalam pelarut organik memiliki sifat sebagai berikut;

  1. Alkaloid mengandung atom nitrogen
  2. Alkaloid memiliki ciri kristal yang halus
  3. Rasa yang dimiliki oleh alkaloid adalah pahit dan asam
  4. Alkaloid yang sifatnya bebas identik dengan basa

Fungsi Alkaloid

Berbegai fungsi yang bisa didapatkan dari alkaloid, antara lain;

  1. Alkaloid dapat berfungsi sebagai hasil pembuangan gas nitrogen, seperti halnya asam urat dan urea
  2. Alkaloid berperan atau berfungsi sebagai tempat penyimpanan gas nitrogen, meskipun juga banyak ditemukan alkaloid difungsikan sebagai metabolisme
  3. Alkaloid memiliki fungsi sebagai upaya melindungi tanaman dari berbagai serangan parasit, hama, dan atau pemangsa tumbuhan lainnya.
  4. Alkaloid berfunsgi sebagai pengatur tumbuh dan juga berkembang tanaman, karena dari segi strukturnya banyak ditemukan alkaloid mampu yang mampu merangsang agar percabangan dan melambat tumbuhnya berbagai tumbuhan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian alkaloid menurut para ahli, sifat, dan fungsinya. Semoga dengan adanya pembahasan tentang zat alkaloid ini dapat memberikan pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari literasi seputar alkaloid.

Rate this post