Contoh Paternalisme di Masyarakat dalam Kesehariannya

Posted on

Contoh Paternalisme di Indonesia

Paternalisme menjadi salah satu istilah yang lekat dalam Ilmu sosial, khususnya bahasan dalam paraparshe kata ini masuk dalam kajian sosiologi. Meskipun demikian, tak jarang banyak diantara kita kurang begitu memahami tentang contoh paternalisme ini, padahal dalam keseharian kita kerapkali merasakannya.

Paternalisme

Pada dasarnya paternalisme merupakan pola hubungan sosial yang dilakukan seseorang/kelompok sebagai bagian daripada warisan budaya, politik, ataupun bagian daripada norma-norma kehidupan yang dijalankan dari generasi ke genrasi.

Pengertian paternalisme ini sejalan dengan konsep kehidupan masyarakat yang membutuhkan sosok kepemimpinan untuk menjalankan serta mentertibkan berbagai penyimpangan dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah ada.

Contoh Paternalisme

Adapun beberapa contoh dalam paternalisme ini bisa terdapat dalam sebuah keluarga, masyarakat, ataupun bisa juga terdapat dalam pola hubungan dalam sehari-hari. Kejadian tersebut diuraikan antara lain adalah sebagai berikut;

Masyarakat

Kehidupan masyarakat kerapkali melihat paternalisme sebagai bagian daripada kepemimpinan. Misalnya salam hal ini ialah adanya seorang pejabat politik perempuan yang tidak layak dijadikan pemimpin. Padanangan ini tentusaja tidak semestinya benar lantaran perasaan gender pada saat ini menjadi bagian daripada hak setiap orang untuk mendapatkannya.

Keluarga

Fungsi keluarga sebagai bagian daripada paternalisme juga sangat terlihat, misalnya saja dalam hal ini adalah ayah yang digambarkan sebagai Kepala rumah Tangga. Ayah dengan ciri khas yang maskulinnya mengambarkan sosok yang kuat, sehingga hal inilah menjadi bagian daripada paternalisme warisan.

Sekolah

Kehidupan sekolah juga tidak terlepas daripada paternalisme, dalam hal ini misalnya saja penggambaran ketika memilih seorang bendahara kelas. Yang kerapkali diakui ataupun tidak banyak diantara pelajar memilih perempuan, dengan alasan lebih teliti serta lebih cermat dalam mengatur keuangan.

Indonesia

Secara global paternalisme ini juga pernah terjadi pada masyarakat Indonesia, dalam hal ini misalnya saja tentang fenomena penjajalahan pada waktu kekuasaan Belanda, Portugis, atauapun Jepang. Pada umnya meraka adalah pendatang, akan tetapi dengan kekuasaannya mereka menjadi begitu mendominasi kepemimpinan di NKRI.

Keseharian

Dalam kehidupan sehari-hari paternalisme juga menjadi bahasan yang cukup menarik, dalam hal ini misalnya saja ketika melihat ada masyarakat yang melaporkan KDRT kebanyakan dari mereka yang menjadi korban adalah wanita, atau ketika bersepeda seringkali melihat ketika perempuan dan laki-laki berbonceangan seorang pria lah yang berada di depan.

Fenomena-fenomena dalam keseharian yang seringkali kita lihat menjadi salah satu contoh paternalisme, sehingga kesimpulannya pengambaran atas paternalisme ini adalah tentang kepemimpinan yang didapatkan dari warisan/pengertian norma sosial yang umumnya berlaku di masyarakat.

Demikianlah artikel deskripsi yang mengulas tentang contoh paternalisme di masyarakat Indonesia pada umumnya. Semoga hadirnya tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca ya, trimakasih