6 Pengertian Batik Menurut Para Ahli dan Macamnya Lengkap

Diposting pada

6 Pengertian Batik Menurut Para Ahli dan Macamnya Lengkap

pengertian batik dan macamnya

indonesiastudents.comBatik merupakan harta berharga yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan batik termasuk salah satu maskot Indonesia. Kalau berbicara tentang Indonesia, berbicara pula tentang batik. Begitu pula sebaliknya. Sangkin berharganya batik, pada beberapa tahun silam negara tetangga, Malaysia sempat mengklaim batik sebagai miliknya.

Akan tetapi dengan perjuangan keras pemerintah Indonesia mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia Unesco atau Representative List of Intangible Cultural HeritageUnesco. Hingga Akhirnya pada tanggal 2 Oktober 2009 Unesco mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional (Andwika: 2014).

Baca: Pengertian Cerita Rakyat Menurut Para Ahli, Ciri, Dan Manfaatnya Lengkap

Sebagai penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini, indonesiastudents.com akan memberikan pembahasan mengenai pengertian batik dan macam-macam batik. Berikut pengertian batik tersebut;

Pengertian Batik


Batik adalah rentetan warna-warni pada suatu kain dengan dibentuk pola tertentu secara tradisional (pencelupan dan pemanasan) ataupun secara modern dengan menggunakan/memanfaatkan kemajuan teknologi.

Pengertian Batik Menurut Para Ahli


Sedangkan definisi batik menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Iwan Tirta


Menurutnya, arti batik secara umum adalah teknik menghias suatu kain dengan tangan dan mempergunakan lilin didalam proses pencelupan motifnya.

Khodijah (2015)

Menurutnya, definisi batik adalah suatu bentuk karya asli nusantara yang cara pembuatannya dilakukan dengan menggunakan canting diatas kain.

Yusril (2015)

Menurutnya, pengertian batik adalah seni melukis diatas kain dengan mecampurkan keberagaman warna.

Herwandi (2016)

Batik Sulam Bayang dan Sulam Aplikasi menurutnya adakah motif-motif tradisional, motif ini umumnya menggabarkan tumbuhan  dan  binatang  laut  seperti  motif  terumbu  karang,  rumputan  laut  dan sejenis ikan

Nugroho (2013).

Menurutnya, batik di Indonesia memiliki banyak motif. Keragaman motif batik tersebut bersumber dari kekayaan seni budaya Indonesia. Di Jawa, misalnya Kota Surakarta, memiliki motif batik yang digolongkan sebagai berikut;

Macam-Macam Batik Menurut Ahli


  • Motif batik klasik

  • Motif batik pengembangan
  • Motif batik campuran antara klasik dan pengembangan

Lain di Jawa, lain di luar Jawa. Sumatera Barat, misalnya. Di daerah ini terdapat beberapa jenis batik yang memiliki motif yang berbeda. Batik-batik tersebut yaitu batik Tanah Liek, batik Arang, dan batik Sulam Bayang dan Sulam Aplikasi. Batik Tanah Liek memiliki motif kuda laut, burung hong, dan sejumlah motif-motif Cina. Saat ini diperkanalkan kembali motif-motif  tradisi  Minangkbau  seperti  motif Siriah  dalam  carano,  kaluak  paku,  kuciang  lalok, patuang  kayu,  tari  piring,  kipas. Motif batik Arang dikembangkan dari filosofi hiasan Minangkabau yang berwarna hitam.

Motif-motif batik yang ada di daerah-daerah tersebut kemudian ditambahkan dengan motif cerita rakyat. Pada pengaplikasinnya, semua cerita rakyat dapat dijadikan motif batik, namun dalam tulisan ini hanya dibahas tentang contoh motif batik cerita rakyat dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat, cerita yang terkandung di dalamnya, dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian batik menurut para ahli dan macam-macam atau jenisnya. Dari uraian diatas dapat dikatakan jikalau pada saat ini batik adalah harta berharga yang dimiliki oleh Indonesia. Batik semakin dibanggakan oleh masyarakat Indonesia. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;

  1. Pengertian Kecerdasan Intelektual, Emosional, Dan Spiritual {Terlengkap}
  2. 10+ Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli dan Bentuknya Lengkap
  3. 6 Pengertian Globalisasi, Dampak, Dan Pengaruhnya Lengkap
  4. 4 Pengertian Diversifikasi Produk dan Penjelasannya Lengkap