2 Pengertian Batubara Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

Diposting pada
Pengertian Batubara Menurut Para Ahli
Pengertian Batubara Menurut Para Ahli

Pada dasarnya Indonesia merupakan negara dengan cadangan batubara sebesar 12 milyar ton yang digunakan untuk membangkitkan listrik melalui PLTU dalam rangka mewujudkan proyek 35000 MW.

Oleh karena itulah, berdasarkan hal tersebut tentusaja berbagai bentuk eksplorasi tambang batubara akan dan tenaga kerja yang dibutuhkan akan meningkat. Sebagai penjelasan yang lebih luas, dalam artikel ini akan diberikan ulasan mengenai pengertian batubara.

Batubara

Batubara adalah bagian daripada batuan sedimen yang dipergunakan sebagai bahan bakar yang berasal dari fosil. Pembentukannya dilakukan dengan endapan organik, yang utamanya adalah sisa tumbuhan dan  terbentuk melalui proses panjang dalam pembatubaraan.

Pengertian Batubara Menurut Para Ahli

Adapun definisi batubara menurut para ahli, antara lain;

  1. Kent.A.J (1993)

Definisi batubara merupakan suatu jenis mineral yang tersusun atas karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur, dan senyawa- senyawa mineral. Oleh karena itulah batubara digunakan sebagai sumber energi alternatif untuk menghasilkan listrik.

  1. Achmad Prijono (1992)

Batubara adalah bagian daripada bentuk bahan bakar hydro karbon padat yang biasanya terbentuk dari tumbuh-tumbuhan dalam lingkungan bebas oksigen dan terkena pengaruh temperatur serta tekanan yang berlangsung sangat lama

Dari ulasan atas pengertian batubara di atas dapat duikatakan bahwa pada saat ini sudah dapat kita lihat bahwa tidak semua dalam aspek kehidupan masyrakat tidak berorientasi terhadap lingkungan sehingga kita tidak pernah mencermati akibat yang ditimbulkan di kemudian hari, Oleh karena itu kita perlu melakukan sebuah tindakan  pencegahan untuk mengurangi kerusakan lingkungann di kemudian hari.

Dalam hal ini masyrakat Indonesia belum memlki kesadaram akan hal mengenai masalah lingkungan dan tidak memiliki pengetahuan tentang masalah lingkungan.

Pada saat ini yang menjadi pandangan negatif mengenai pertambangan batubara dimana pertambangan batubara pada umumnya hanya meguras semua sumber material yang dimiliki di daerah itu sehingga pandangan masyrakat terhadap pertambangn batubara perspektif masih negatif baik karena tidak berpihak lingkungan sekitar masyrakat dan alam di sekitarnya.

Disisi lain juga dari hal ini akan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang berpotensi mencemari lingkungan di sekitar area sekitar pertambangan. Air asam tambang (Acid Mine Drainage) merupakan salah satu potensi pencemaran lingkungan yang diakibatkan kegiatan pertambangan batubara

Demikianlah pembahasan atas penjelasan mengenai pengertian batubara menurut para ahli, semoga dengan adanya penjelasan ini dapat bermanfaat bagi seganap pembaca yang sedang mencari segala bentuk penjabaran tentang “Batubara”.

Rate this post