5 Pengertian Diversifikasi Produk Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

Diposting pada
Pengertian Diversifikasi Produk Menurut Para Ahli
Pengertian Diversifikasi Produk Menurut Para Ahli

Diakui ataupun tidak, sebagian masyarakat masih sangat asing dengan kata diversifikasi. Mungkin saat ini sudah banyak orang yang menyadari arti penting dilakukan peningkatan kualitas produk, namun hal itu  belum jelas mengenai apa yang harus dilakukan karena keterbatasan pengetahuan, prinsip-prinsip dan teknik yang harus dilakukan.

Atas alasan inilah setidaknya peran generasi muda sangat dibutuhkan untuk turut aktif meningkatkan produk berdaya saing global yang dapat dimulai dengan dilakukan penyuluhan dan kemudian memberdayakan masyarakat sekitar untuk menambah perekonomian. Bahkan sebagai generasi penerus bangsa menyelamatkan negara adalah hal yang utama yang tidak boleh dibatasi oleh ego untuk kepentingan pribadi. Generasi muda yang produktif dan kreatif merupakan kunci keberhasilan untuk benar-benar merealisasikan diversifikasi produk pangan berdaya saing global.

Diversifikasi Priduk

Diversifikasi adalah suatu strategi perluasan dari suatu produk yang diproduksi yang dilakukan melalui langkah sebagai acuan untuk meminimumkan risiko buruk dari fluktuasi ekonomi. Diversifikasi yang dilakukan pada sebuah perusahaan dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi sebuah perusahaan tersebut.

Pentingnya dilakukan diversifikasi adalah untuk menekankan perubahan sumberdaya yang bernilai rendah menjadi komoditas yang bernilai tinggi. Diversifikasi dapat dilakukan dengan memodifikasi suatu produk yang bernilai rendah menjadi bernilai tinggi dengan melakukan penambahan, pengurangan, pencampuran dan hal-hal unik lainnya yang mungkin dapat diterapkan.

Pengertian Diversifikasi Produk Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi diversifikasi produk menurut para ahli, antara lain;

  1. Winarni dan Fonthea (2003)

Diversifikasi produk adalah usaha untuk meningkatkan daya terima masyarakat yang dikenal dengan produk “value added”. Value added  berasal dari bahasa asing yang artinya “nilai tambah”.

  1. Permadi (2012)

Diversifikasi produk pangan menurutnya penting untuk dilakukan dalam upaya mempertahankan mutu atau nilai gizi dengan menciptakan variasi produk-produk baru.

Dampak dari penerapan strategi diversifikasi dalam penelitian ini juga dijelaskan yaitu dapat meningkatkan jumlah penjualan, mutunya dapat dijaga dan produk dapat tahan lebih lama. Beragam keuntungan bisa didapatkan dari dilakukan diversifikasi.

  1. Rahmani (2014)

Dalam hasil penelitiannya, mengungkapkan bahwa diversifikasi sangat berperan penting dalam keputusan konsumen setelah harga produk itu sendiri.

  1. Sepang (2016)

Dalam penelitiannya menambahkan variabel lain yang mempengaruhi kepuasan pelanggan selain usaha diversifikasi dan harga, adanya pengaruh kualitas pelayanan yang juga turut mempengaruhi.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Diversifikasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu penganekaragaman, usaha untuk menghindari ketergantungan pada ketinggalan (kegiatan, produk, jasa atau investasi).

Diversifikasi dalam sebuah produk, terutama makanan bagi masyarakat Indonesia perlu untuk dilakukan lebih lanjut, hal ini dikernakan agar produk hasil karya anak bangsa dapat bersaing dengan aneka produk luar negeri yang ada di Indonesia.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa penting dilakukan diversifikasi pangan terutaman dalam produk olahan pangan belum disadari banyak orang hal ini terlihat dari artikel-artikel di internet yang sangat minim membahas masalah diversifikasi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian diversifikasi menurut para ahli dan penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat, trimakasih.

3/5 - (1 vote)